Badai besar melanda India sekitar 400 ribu orang diungsikan


Kategori : Shortstory | Date : 12 October 2013
Hari ini ada 3 badai akan melanda Asia. Satu paling besar sudah menjangkau India, satu lagi baru melintas Filipina dan satu lagi baru terbentuk, diperkirakan bergerak ke arah Jepang.

2 gambar dibawah ini diambil dari 2 satelit cuaca berbeda milik NOAA. Dari Metosat 7 ke arah Asia dan Afrika dan satelit cuaca MTSAT yang mengarah ke Indonesia. Untuk topan di Asia sudah sering terjadi, tapi di area India dan Bangladesh yang mengkhawatirkan. Dua pertiga badai berbahaya ada di kawasan ini.



Badai di India ini baru datang pada Sabtu sore mengarah ke teluk Bengal. Pemerintah India sudah melakukan pencegahan dengan menyiapkan 400  ribu penduduk yang akan terkena badai untuk mengungsi. Badai tersebut dinamai topan Phailin, dampaknya akan membawa banjir besar, mati listrik, dan kerusakan pada rumah penduduk.

Menurut badan meteorologi India , badai ini masuk kategori 5 dengan membawa kecepatan angin diatas 200km perjam. Lebih besar ketika terjadi topan Sandy di New York yang mematikan pusat bisnis di kota  itu.

Ada yang menyebut perubahan cuaca ini adalah siklon atau disebut badai. Tidak ada perbedaan karena fenomena cuaca sama saja. Hanya namanya saja yang berbeda dengan sebutan di tempat badai muncul.  Negara Bangladesh dan India bagian Timur memiliki sejarah dengan siklon dahsyat. Kebanyakan badai berbahaya muncul di kedua daerah tersebut. Bila hujan deras, dan gelombang pasang maka daratan akan terjadi banjir sangat luas. Menurut daftar Wheater Underground, dari 35 nama badai paling mematikan, 26 berada di teluk Benggala.

+ www.bbc.co.uk/indonesia/dunia/2013/10/131012_topan_badai_india.shtml

via CNN


Berita terkait
Siaran langsung dari ruang angkasa topan Matthew. Bencana alam dari angin ribut, pusaran angin / siklon, dan topan disebut dalam bahasa Inggris sebagai Hurricane, Cyclone dan Typhoon. Nama tersebut memiliki arti sama.

Satelit nasa Cassini mengambil badai di planet Saturn. Luasnya 2000km dan kecepatannya mencapai 450km perjam. April 2017, melihat bumi dari jarak 1 miliar km



Mengambil kedatangan badai atau si supercell yang berputar.

Video dimulainya tornado di Oklahoma, dari sebuah kerucut kecil lalu membesar. Dan menguat sampai menjadi tornado besar.




No popular articles found.