Pesawat tanpa awak Juno mengunakan gravitasi bumi seperti ketapel menuju Jupiter


Kategori : Science | Date : 10 October 2013
Pesawat tanpa awak Juno  hari ini akan terlempar dari gravitasi Bumi untuk mempercepat kecepatan sampai 160 ribu mil perjam. Juno akan menuju ke Jupiter dengan perkiraan tiba pada bulan Juli 2016. Pesawat Juno menjadi pesawat tercepat yang dibuat oleh manusia saat ini.

Titik paling dekat berada di ketinggian 350 mil dari bumi, katanya bisa terlihat dengan mata. Hanya saja lokasi lemparannya ada di Afrika Selatan. Untuk apa gravitasi bumi dimanfaatkan oleh pesawat tanpa awak ini. Untuk meningkatkan kecepatan pesawat, Juno mengunakan gaya tarik bumi. Berfungsi seperti ketapel, melintas cepat lalu tertarik dan terlepas dengan kecepatan tinggi.

Salah satu yang diteliti adalah titik merah di Jupiter, ukurannya mencapai 3x lebih besar dari bumi. Tugas Juno adalah mengamati planet Jupiter lebih lanjut. Pusat peneliti Slooth akan melaporkan pada jam 9.30 Eastern Time ( atau jam 8 pagi WIB) melalui streaming di Youtube



Dibawah ini cerita tentang kondisi Jupiter ala humor


Nasa mengirim Parker Solar Probe, dan menjadi benda yang pernah di kirim paling dekat ke bintang matahari. pelindung dari komposit karbon dengan tebal 20cm, pelindung panas dapat menjaga peralatan di pesawat Parker Solar Probe. 4 April 2019, pesawat telah melakukan manuver yang ke 2 paling dekat ke Matahari.

Bukan diakhiri karena ilmuwan akan mempertahankan pesawat ruang angkasa terus beroperai selama mungkin, walau misinya sudah selesai. Beberapa pesawat akhirnya tidak lagi mengirim data ke Bumi. Alias hilang kontak, akibat masalah power, software di dalam pesawat ruang angkasa dan hal lain.



Apakah lintasan cahaya memang dapat dilihat, dijawab ya oleh tim MIT. Apakah manusia dapat pergi lebih cepat dari kecepatan cahaya, dijawab tidak mengapa ?. Lebih cepat dari cahaya seperti film fiksi Star Trek dikenal dengan Tachyon. Tachyon Burst adalah partikel subatomik secara alami lebih cepat dari kecepatan cahaya. Kecepatan sonic boom di cahaya disebut Radiasi Cherenkov

Siapa yang bertugas menghitung perjalan pesawat ruang angkasa. Namanya Finley salah satu manusia computer di JPL Nasa. Dia masih bekerja , dan beberapa proyek besar dihitung oleh Finley.

Mengapa pesawat jet tidak mampu terbang ke ruang angkasa. Walau mampu terbang di ketinggian 15km dari permukaan laut, tapi tidak pernah mencapai batas atmosfer. Oksigen atau udara sudah tidak tersedia di batas ruang angkasa. Hanya mesin roket yang mampu membawat pesawat lebih tinggi.

Foto pertama dari probe MoM baru di update oleh ISRO badan ruang angkasa India. Pesawat tersebut bukan milik ESA Eropa atau Nasa Amerika bahkan Rusia. Tapi dari India.

Pemerintah Rusia baru mengalokasikan dana $1,52 juta untuk pengembangan teknis robot probe ke bulan terbesar Jupiter Ganymede. Bila jadi, misi tersebut menjadi misi pertama yang bukan menargetkan planet Mars lagi

Berapa kecepatan alat transportasi yang dibuat manusia. Sejauh ini tercatat pesawat ruang angkasa paling cepat. Apollo 10 menjadi kendaraan paling cepat yang pernah tercatat dengan kecepatan terbang 32 mach. Nomor 2 dari Space Shuttle atau pesawat ulang alik tahun 1981.



No popular articles found.