Apartemen di China jalan saja belok


Kategori : Stuff | Date : 9 October 2013
Satu konstruksi jalan salah hitung, memotong separuh sebuah gedung bertingkat untuk rumah penduduk. Awalnya dari pembangunan jalan yang sibuk dengan 4 jalur dan diperlebar menjadi 8 jalur. Entah si kontruksinya memang mau mengusur atau salah perhitungan, mentok ke satu apartemen.

Gedung yang memotong pembangunan jalan tersebut adalah penghuni yang baru digusur dan pindah ke tempat baru. Ceritanya bangunan rumah tingkat ini akan dihancurkan dan meminta pemiliknya pindah lagi ke tempat lain. Tapi warna di gedung tersebut menolak, kecuali mendapat kompensasi yang sangat baik, karena mereka baru dipindahkan ke gedung baru dari rumah lama mereka yang dijadikan taman. Sekarang malah kena gusur lagi.

Ceritanya jadi panjang, pihak panitia sudah bernegosiasi untuk memberikan kompnesasi dan meminta penghuni pindah ke tempat lain. Walau sudah berlangsung berbulan bulan perundingan, masih belum selesai karena kompensasinya tidak sesuai keinginan warga di apartemen tersebut.



Pembangunan di China memang unik walau negara ini termasuk berat dalam bidang hukum. Setiap bangunan yang terkena gusuran harus seijin pemiliknya, dan haknya tetap dihormati. Beberapa kejadian pembangunan jalan terkendala oleh ganti rugi. Bila pemilik menolak ganti rugi, maka rumah mereka tidak boleh digusur. Hanya ada tapinya , siapa yang mampu bertahan.




Seperti gambar diatas dimana satu bangunan harus berdiri ditengah gedung yang sedang dibangun. Maka pemilik tanah tidak memiliki hak kecuali diatas tanah yang ditempat. Sementara di sekitarnya sudah bukan miliknya lagi termasuk jalan keluar masuk.



Berita terkait
Disebut kota hantu, karena penduduk tidak mau pindah kesana. Ada yang terlalu mahal dijual, kebanyakan tidak tertarik pindah ke kota baru. Satu shopping mall terbesar, sekarang sudah tidak berpenghuni lagi. 30 tahun rencana memindahkan penduduk kota ke kota baru tetap gagal.

Bagaimana caranya meruntuhkan jembatan dengan cepat. Hanya di provinsi Guanxi Tiongkok ini saja. Bagian akhir penopang jembatan cukup disentuh dengan ecavator dan seluruhnya rontok.



Dari Earthcam merekam pembangunan hotel Marriott, sebagai hotel tertinggi di Amerika Utara. Perusahaan konstruksinya dari G Holding, lokasi di New York. Direkam dengan camera HD dari pondasi sampai tower hotel semuanya selesai.

Pedagang makanan kaki lima yang menjual shaobing ini bukan pedagang biasa. Dilaporkan pertama kali oleh Tencent, seorang programmer yang tidak ingin disebutkan namannya ada dijalan di Shenzen. Dia meninggalkan pekerjaannya sebagai programmer game, mengapa dia keluar.

China boleh dibilang makmur. Bahkan sudah masuk negara maju bersanding dengan negara Eropa dan Amerika. Tapi harga rumah di beberapa kota besar disana mengila, bahkan lebih mahal dari rumah di kota besar negara maju.

Pembangunan jalan di China harus menghancurkan sepanjang 3,5km dengan ledakan. Tercatat sebagai penghancuran jalan paling panjang dan tercepat. Jalan dengan struktur beton di Zhuan nantinya diperlebar dari 2 lajur menjadi 6 lajur jalan.




No popular articles found.