Pekerjaan pramugari keramahan paling cepat dan bahasa rahasia


Stuff | 10 August 2016

Pramugari dan staf pria di pesawat merupakan pekerjaan paling ramah dan mereka harus cepat mengenal dengan pekerja lainnya. Khusus untuk perusahaan penerbangan dengan armada pesawat sangat besar. Walau pramugari dianggap sebagai pekerjaan glamor, kebanyakan dari mereka baru mengenal dengan teman pekerja lain di pesawat saja.

Sekitar 100 ribu pramugari di Amerika dan bekerja dalam proses paruh waktu. Pindah melayani pesawat ke pesawat lain bahkan beberapa pramugari ada yang hanya bertemu dengan teman rekan kerjanya satu kali dan baru bertemu dalam waktu yang lama atau bahkan tidak pernah bersama lagi bekerja sama di pesawat.

Artinya setiap pramugari harus saling mengenal dengan rekan lainnya begitu cepat, masuk ke pesawat dan bekerja, langsung sudah membagi tugas. Cara pramugari bekerja sangat efisien, koordinasi pekerjaan mereka sangat cepat dan mereka harus saling percaya dengan staf lain.

Ikatan antara pekerja ini sangat unik bahkan terlihat aneh. Bila kita di pesawat melihat dua pramugari saling berbicara, kelihatannya mereka sudah akrab seperti kawan lama. Padahal belum tentu, mungkin mereka baru saja bertemu kembali setelah pertemuan pertama kali di pesawat berbeda. Atau mungkin saja mereka baru pertama kali bertemu pada beberapa jam lalu.

Pekerjaan unik sebagai pramugari ditulis dalam buku Working the Skies setelah wawancara dari 60 pramugari baik pria dan wanita. Dan mereka sudah bertugas dalam penerbangan domestik maupun luar negeri. Penulisnya Drew menyebut profesi ini lebih rumit dari yang dilihat penumpang pesawat. Walau pekerjaan mereka termasuk pekerjaan klasik yang sudah ada sejak dulu.

Bahasa awak kabin pesawat
Apakah anda pernah mendengar beberapa bahasa seperti ini. Cross Check, All Call , Jump Seat dan lainnya.

Prepare doors for departure/arrival. Bahasa itu adalah kondisi darurat. Dan awak kabin akan bersiap disamping pintu untuk membuka dan mendorong tuas. Pintu yang diaktifkan dengan tuas akan terbuka dalam 6 detik.

Cross Cek atau Cross Check Complete
Artinya pemeriksaa ulang pintu untuk keberangkatan atau kedatangan. Bila di jawab Door Armed atau Cross Check complete, berarti pemeriksaan kedua sudah dilakukan.

All Call
Mungkin berbeda beda di setiap pesawat. Artinya awak kabin harus berada di posisi masing masing.



Jump Seat
ini adalah istilah dari pramugari yang duduk di kursi kecil Artinya pesawat siap lepas landas, mendarat atau akan mengalami turbulensi.

Extender
Beberapa penumpang mungkin tidak cukup mengikat dengan sabuk pengaman, karena ukuran badan lebih besar. Permintaan tersebut untuk mengambil sabuk pengaman tambahan.

Spinner
Artinya pramugari melihat ada bangku kosong dan mengabarkan kepada rekan lain. Dimana penumpang mungkin berjalan jalan di pesawat atau tersesat dan mencari tempat duduknya sendiri.

Deadhead.
Istilah tersebut diberikan kepada awak kabin yang tidak bertugas tapi ikut nebeng di pesawat. Mungkin hendak pulang atau pindah tugas di bandara lain.

Redeye
Ini adalah istilah penerbangan pada malam hari, dimana awak kabin akan bergiliran berjaga. Kadang mereka ngobrol di dapur.

Equipment
Ini hanya istilah ditambah dengan beberapa kata lain. Misalny Equipment look good artinya pesawat tidak mengalami masalah teknis.

Runner
Artinya ada penumpang yang datang dari pesawat lain untuk transit dan terlambat. Mereka datang biasanya sambil berlari, kadang bahasa ini tidak digunakan oleh awak kabin lain.

The Chimes
kata lonceng, istilah peringatan dari pilot dan sering dilakukan. Bunyi peringatan bisa berbeda beda di setiap maskapai. Umumnya ketika pesawat akan melintas awan tebal, peringatan tersebut dikabarkan ke pramugari.

Masing masing istilah yang dipakai berbeda beda. Kadang peringatan tidak diberikan melalui speaker, bisa melalui interkom.


Berita terkait
Ada beberapa kebiasaan unik dari penumpang pesawat untuk First class, yang sekarang jumlah rute semakin sedikit seperti menghilang menjadi kursi langka. Dan bagaimana layanan First Class, apakah hanya tampil di depan penumpangnya saja. Apa layanan di kelas Business dan Premium Class. Pengalaman dibagikan oleh pramugari pesawat dari Jepang.

Apa yang menarik dari Boeing 747. Yang terakhir terbang milik GE bulan November 2018. Cathay Pacific dengan Boeing 747 jurusan San Francisco ke Hongkong terakhir dengan Boeing 747 dipensiunkan. KLM melakukan perjalanan terakhir dengan Boeing 747. Delta pensiunkan Boeing 747 terakhir Des17.



Pesawat Boeing KC-46 tanker udara. Lebih besar, mampu mengisi bahan bakar pesawat angkut sampai militer di udara. Selain Amerika, Jepang telah memesan  tanker terbang ini. Indonesia masih mempertimbangkan antara Boeing dan Airbus, sesuai kebutuhan pesawat yang ada.

Landasan pesawat dapat dibangun lebih dari 1. Bahkan landasan airport tersibuk memiliki 3 atau lebih landasan pesawat. Jarak antara landasan tidak kurang dari 1,3km bila dibangun paralel. Agar pesawat dapat landing bersamaan. Arus angin terlalu kencang, pilot harus memutuskan mendarat di bandara lain.Istanbul Airport selesai dibangun dengan 4 landasan

Etihad Airlines hanya menjelaskan kabin kelas satu mereka di pesawat Airbus A380. Rute pesawat yang dilayani antara Abu Dhabi ke London, New York dan Sydney. Penerbangan perdana dimulai tahun 2015. Di dalam kabin terdapat LCD TV 32 inch, layar 27 inch di kamar tidur

Pesawat DC10 buatan McDonnel Douglas dengan 3 mesin, 2 mesin di sayap dan satu lagi di bagian belakang. Terakhir di operasikan oleh Bisman Airlines dan akan dipensiunkan. Pesawat DC10 adalah pesawat yang handal dan terbang sangat tenang. Layaknya mobil Cadillac Fleetwood tua.

Setiap bandara tidak memiliki bentuk yang sama. Masing masing memiliki keunikan tersendiri, yang ini lebih futuristik. Terminal 3 dari bandara internasional Shenzhen memang indah.



Pekerja untuk wanita di Amerika, sejak tahun 1950an sampai sekarang tetap nomor satu adalah sekretaris. Mengapa pekerjaan ini tetap bertahan dan di dominasi wanita.




No popular articles found.