Origin PC tolak PC dengan AMD, ada apa


Shortstory | 5 October 2013

Origin PC sudah berpengalaman 15 tahun lebih membuat gaming PC high end. Kabarnya tidak mau mengunakan AMD lagi, termasuk Radeon seri R9. Keputusannya seperti ini. Kami mempertimbangkan berbagai faktor, pengalaman pelanggan, kemampuan GPU driver dan kestabilan, dukugan dari support. PC gaming kami terbaik Nvidia sedangkan AMD kurang stabil.



Apakah Nvidia membayar perusahaan Origin PC. Dari perusahaan Jon Peddie, mungkin saja. Tapi tidak pernah terlihat bukti seperti apa. Dari Nvidia juga menolak mereka bermain dengan ketetapan para vendor ini. Sebagian besar adalah produsen gaming PC dari Amerika.

Mengapa Origin PC menolak mengunakan AMD. Menurut tim support mereka masalah VGA AMD sering kepanasan untuk tipe high end dan kinerjanya tidak stabil. Drivernya memang bermasalah (penguna AMD sudah tahu masalah driver AMD memang parah). Origin PC mendapatkan penghargaan sebagai PC gaming tahun lalu. Dan Origin PC bersaing ketat dengan Maingear yang baru menawarkan paket gaming dengan grafik AMD.

Pendapat dari perusahaan computer gaming Puget System mengatakan dari 5689 unit, Nvidia 5,36% gagal di test, AMD 8,89%. Tapi test tersebut tidak penting. Lebih penting ketika dipakai pembeli. Selama 3 tahun , Nvidia 2,42% gagal, AMD 3,23% gagal jadi beda tipis setelah dipasarkan.

Sistem yang mereka tawarkan hanya dikelas high end. Kestabilan power supply, driver, GPU, motherboard dan semua hardware sangat menentukan performa. Khususnya edisi tertinggi dengan versi overclock memang memacu GPU setinggi mungkin. Apakah kita lebih percaya dengan AMD atau Nvidia. Nyatanya AMD GPU sekarang dipakai untuk Xbod dan PS terbaru.

Kita lihat kebelakang, Nvidia pernah gagal membuat grafik untuk notebook. Masalah panas dan dikeluhkan oleh produsen notebook. Nvidia kehilangan pasar di game console, semua game console mengunakan produk AMD.
AMD sekarang menyamakan standar VGA PC dan console. Game dari Xbox one dan PS4 nantinya tidak perlu di program ulang dari dan untuk PC. Semua satu standar grafik.
Nvidia belum tentu transparan bermain di pasar PC, setelah mereka gagal di pasar console. Tapi menyebut nama VGA AMD untuk spesifikasi game Call of Duty Ghost. Info yang tampil di website Nvidia juga dibantah oleh support produsen game katanya, sebagian spesifikasi benar, tapi sebagian tidak. Seperti , space membutuhkan 50GB. Apakah game membutuhkan space sebanyak itu. Iyalah, seandainya di kompres data dari DVD Game, jangan jangan butuh 8 disc DVD.
Nvidia pernah meminta hak ekslusif di beberapa top game, dan menampilkan logo Nvidia. Kita tentu mengerti, itu hanya efek psikologi bagi gamer. Tapi game tetap jalan dengan VGA AMD. Kecuali dikunci untuk setting Ultra Detail. Kabarnya ada uang dibalik pernyataan tersebut, mungkin Origin ingin mendapatkan hak ekslusif dari Nvidia .. siapa tahu.

Dari pengalaman industri perusahaan gaming PC, AMD memang kalah. Tapi dikelas menengah AMD masih lebih baik, setidaknya performa dan harga bagi pembeli. Data diatas tidak menyertakan berapa banyak PC yang mereka jual berbasis AMD dan Nvidia. Bila Nvidia dijual sedikit tentu kerusakan juga sedikit. Maklum, Origin adalah perusahaan Custom PC. Origin menjual 5000 an computer pertahun, apakah bisa dibandingkan kerusakan di mereka dengan 300 juta PC di seluruh dunia.

Sebagai pembeli kita hanya mempertimbangkan harga, VGA bukan untuk gaming saja tapi bisa digunakan untuk proses gambar dan AMD sudah mendukung OpenCL seperti Intel. Kedua tambahan fitur VGA dengan pendingin lebih bik bagi VGA AMD. Mana yang dipilih oleh pembeli, AMD atau Nvidia tentu kita yang memutuskan.




Berita terkait
Test lain menyebutkan Radeon X9 290X memiliki kecepatan lebih lambat untuk versi retail. AMD keluarkan driver beta masalah PowerTune. Tapi performa masih dibawah versi media

AMD baru membuat bingung gamer untuk memilih R9 290X vs R9 290. Satu lagi test tidak resmi muncul dari situs di China. GeForce GTX 780 Ti keluar dan lebih cepat dari kedua VGA.



PowerColor R9 290 OC memiliki clock speed lebih tinggi dari stock speed Radeon R9 290. Memiliki kecepatan 975Mhz untuk kecepatan maksimum atau 30Mhz lebih cepat dari reference board.

Apakah pembeli lebih mementingkan kemampuan test benchmark. Di pasar nyata tidak demikian, pembeli membutuhkan VGA murah. Dalam beberapa tahun terakhir tidak banyak inovasi baru, produsen VGA hanya tukar guling dari satu tipe ke tipe lain.

AMD sudah siap mengeluarkan seri VGA dari Core Hawaii. Mengunakan teknologi baru dan berbeda dibanding VGA AMD saat ini. Ada beberapa model dari 290X, 290, 280X, 270X dan 260X

AMD Radeon R7 250, R7 260X, R9 270X, R9 280X dan R9 290X. Itu 5 VGA baru AMD Radeon.. Update ukuran board R9 290X. Dukung resolusi 4K, astaga monitor 4K mana ada yang kecil




No popular articles found.
< /body>