Planet Kepler 16b memiliki 2 matahari


Kategori : Science | Date : 17 September 2011

Mirip seperti cerita fiksi ilmiah, sebuah planet dengan jarak 200 tahun cahaya dari bumi dilaporkan memiliki 2 matahari.

Walau para ahli tidak heran melihat satu planet dengan 2 bintang, tetapi Ini pertama kali para ahli menyaksikan keberadaan planet tersebut.

Disebut planet Kepler 16b, memiliki 2 matahari berbeda. Satu melintas dalam 35 hari , satu lagi dalam 229 hari.

Bila tinggal disana, kita bisa menikmati matahari terbenam 2 kali


Planet Kepler 16B dengan 2 matahari

Tata surya Kepler-16 berada 200 tahun cahaya dari Bumi. 

Para peneliti SETI belum mempercayai adanya kehidupan di planet tersebut.

Diperkirakan planet tersebut sangat padat dan seukuran Saturnus. Satu matahari memiliki ukuran sekitar 70% dari planet bumi, satu lagi lebih kecil hanya 20%. Uniknya dari susunan planet yang ditemukan memiliki ukuran jarak yang tepat dan tidak menganggu gravitasi atau terjaid tabrakan.


Teleskop Hubble sudah 2 kali diperbaiki, untuk memperbaiki kualitas gambar dan melihat lebih detail dan lebih jauh. Tahun 2010 lalu, Hubble menambah peralatan dengan Ultra Deep Field Infra red. Mampu melihat sampai 480 juta tahu. Foto 15 ribu galaksi dalam satu gambar

Bagaimana manusia mencari planet lain seperti bumi dengan teleskop Kepler. 30 tahun lalu kita tidak tahu ada planet lain di luar tata surya. Dengan instrumen baru, astronom mencoba melihat tata surya ditemukan 4 planet yang sebelumnya hanya 3. Ditemukan lagi 44 exoplanet dari data tahun 2016

Planet KELT-9b memang memiliki orbit paling gila dari planet yang pernah ditemukan. Hanya mengorbit ke bintang setiap 1,5 hari. Artinya jarak planet ini amat sangat dekat ke bintang. Kedua bintang disana memiliki panas lebih besar dari rata rata bintang.



Tugas Kepler berlanjut dengan Mission K2, sebentar lagi akan berakhir. Setelah menemukan 2.245 exoplanet, Nasa mengumumkan bahan bakar teleskop mencapai titik terendah. Artinya tidak akan lama misi berakhir. Agustus misi ke 19 mungkin misi terakhir.

Ada 7 planet yang ditemukan tetapi hanya 3 yang layak diamati lebih lanjut. Nasa sedang mengamati 3 planet dengan ukuran yang layak dan terakhir 2 berada di tata surya Kepler 62. Kepler-62F memiliki ukuran 40% menjadi kandidat planet seperti Bumi. Dengan perhitungan sudut kemiringan planet yang mirip seperti Bumi.

20 tahun berlalu, penemuan planet alien 4034 planet. Planet tersebut dinamakan Exoplanet atau planet yang mungkin di tinggali manusia. Juni 2017 ditemukan 219 exoplanet baru dan 10 diantaranya berada di posisi tepat

Beberapa planet ekstrem yang ditemukan astronom kadang posisi planet . Ada yang besar, sampai ukurannya puluhan kali lebih besar dari Bumi. Ada yang sangat jauh letaknya, planet sangat dingin, dan planet terlalu panas, dan ada yang berukuran 28x lebih besar dari Jupiter



Yang berukuran sedang saja masih 90x lebih besar dari Matahari. Dan masih ada bintang Antares sejauh ini ukurannya sebagai bintang paling besar yang pernah dipelajari saat ini. Semua ada di galaksi Bimasakti. Bintang adalah sebuah gas, dan membentuk cahaya karena di dalam intinya terjadi fusi nuklir. Dan ukuran bintang serta usia bintang dengan perubahan bentuk

Teropong bintang Kepler sudah dipastikan harus pensiun. Melihat jasa satelit Kepler dalam 3 tahun terakhir, update dengan video. 20 tahun lalu manusia belum tahu setiap bintang pasti ada planet yang mengikuti. 6 Oktober kemarin adalah 20 tahun dari revolusi astronomi dimana manusia pertama kali melihat planet lain di luar tata surya.

Film pendek tentang keindahan galaksi, memberikan gambaran luasnya alam semesta dan bentuk dari beberapa benda di ruang angkasa. Salah satu animasi yang dibuat seperti Black Hole yang melontar gas atau Jet begitu jauh dari inti galaksi.

3 tahun lagi ada sebuah teleskop TESS untuk mencari planet kembaran bumi. Disusul 1 tahun kemudian teleskop James Webb. Update dari Dr Natalie tentang teknik pencarian kembaran bumi

Sebuah planet Wasp-18b tampaknya menganggu medan magnit dari bintang. Kok bisa planet malah menganggu bintang yang lebih besar. Planet Wasp-18b ternyata sebuah planet sangat besar dan disebut planet Jupiter yang panas dan sangat dekat dengan bintang induknya.

Repot bila manusia harus mencari sebuah planet mirip bumi. Satu teleskop dibuat untuk mencari planet kembaran Bumi. Teleskop dengan perlengkapan Robo-AO membuat sistem teleskop robot yang bergerak sendiri.



Planet Pluto sudah dikeluarkan dari daftar planet tata surya. Karena memiliki putaran berbeda melawan putaran dari planet lain. Dianggap sebagai planet dari gugus luar yang akhirnya memutar di orbit matahari. Apakah ada yang tahu ada berapa bulan di Pluto, ada 5 dan satu yang unik

Bagaimana mencari planet kembaran bumi dengan teleskop Kepler. Sebuah foto galaksi Bima Sakti langsung mendapatkan foto dengan titik cahaya, semuanya bintang. Dan disetiap bintang diperkirakan memiliki planet yang mengorbit. Mengapa mencari planet seperti bumi sangat lama.

Nasa mengumumkan ada 715 exoplanet yang berada di sekitar 315 bintang. Nasa mengunakan statistik baru untuk menganalisa data yang ditangkap teleskop Kepler. Data yang dikumpulkan dari 150 ribu bintang

Sebuah susunan planet ditemukan oleh tim astronomi Eropa. Nyaris paralel seperti tata surya kita, disana ada 7 planet dan mengitari satu bintang. Mencakup 1 atau 2 Exoplanet dengan bintang utamanya. Tata surya KOI - 351 memang sudah terditeksi, tapi hanya masuk daftar tunggu teleskop Kepler.

Sebuah planet dinami Kepler 78B sudah dipastikan memiliki ukuran seperti bumi dan jaraknya tidak jauh. Ukurannya pas dan agak lebih besar seperti bumi. Jaraknya tidak terlalu jauh dari bumi, masalahnya planet ini lagi lagi mengorbit terlalu dekat dengan bintang.

Untung bulan itu jauh, tidak jauh sekali sih. Jaraknya 384 ribu km dari bumi. Stasiun ISS yang mengitari bumi setiap 90 menit berada diatas dengan ketinggian 420km. Kalau orbit ISS digantikan bulan apa yang terlihat di bumi.

Umur bumi mungkin sekitar 1,75 miliar tahun lagi, atau paling lama hanya 3,25 milyar tahun dari sekarang. Manusia dimasa mendatang harus mencari tempat tinggal lain. Paling mungkin adalah planet Mars untuk sementara waktu. Apa yang terjadi dengan bumi setelah miliaran tahun lagi

Gambar ini adalah planet, jaraknya hanya 63 tahun cahaya dari tata surya kita. Ditemukan 5 Oktober 2005 oleh astronomi asal Perancis. Warnanya terlihat biru bila dilihat langsung dengan teropong.

Ada ada saja rekaan gambar dari Ron Miller. Membuat ilustrasi bila Bumi memiliki ring seperti Saturnus. Cincin di Saturnus adalah debu yang gagal membentuk bulan

Satu lagi planet Kepler 37b ditemukan. Tetapi ukurannya hanya sepertiga dari ukuran planet bumi, bahkan diperkirakan sedikit lebih besar dari bulan. Planet Kepler 37b memiliki jarak 210 tahun cahaya, tidak terlalu jauh kata peneliti.

NASA mengumumkan temuan 2 planet  planet, ukurannya mirip seperti Bumi dan lebih kecil dari penemuan sebelumnya  Kepler 22b. Kedua planet  tersebut diperkirakan memiliki ukuran seperti Bumi, 20e lebih kecil dan 20f lebih besar dari Bumi.


No popular articles found.