Anda akan menikah atau berencana buat resepsi pernikahan. Tambahan pada halaman undangan anda dengan kata "Kami sudah memperkerjakan satu tim fotographer". Mungkin kata kata ini dapat menurunkan niat tamu yang di undang, dan mencoba beraksi ketika acara pernikahan anda.

Ketika kita melihat acara di televisi, seperti ada acara khusus maka tidak lama beberapa tangan muncul diatas kepala sambil mengangkat smartphone. Di era camera smartphone agaknya merubah kebiasaan masyarakat sampai tamu undangan di resepsi pernikahan. Mereka ikut ikutan mengambil foto pengantin, menaikan smartphone dengan tangan, bahkan terlalu maju kedepan dan menghalangi gambar sang pengantin.

Untuk tamu yang di undang, jangan ikut mengabadikan foto bila di undang pada acara pernikahan. Sebaiknya duduk manis di bangku yang disediakan bila mereka sudah menugaskan fotographer dan cameramen yang meliput. Karena kebiasaan ikut ikutan ini dapat menganggu foto perkawinan dari kedua mempelai. Seperti apa gaya orang yang membawa camera di acara pernikahan, lihat saja beberapa potongan gambar dibawah.

Contoh foto dibawah ini, berapa banyak orang yang mencoba ikut ikutan mengabadikan dengan camera smartphone. Entah untuk gaya atau pamer dengan camera smartphone baru. Pastinya akan menganggu kerja para fotographer yang bertugas. Khususnya liputan video pernikahan, yang sibuk malah para tamu mengambil foto dan menghalangi camera. Bila pernikahaan anda seperti ini, apa tidak kesal. Sedang serius dan diabadikan dengan video, malah dibelakang anda ada yang lompat sana sini.

Lihat saja beberapa orang maju lebih kedepan dari posisi fotographer, sampai ada yang mereka memutar di belakang panggung resepsi hanya untuk mendapatkan sudut terbaik.



Cuplikan ini di beritakan dari media Fox 40News dan memberi cuplikan dari beberapa orang yang menganggu sang fotographer melakukan tugas. Bila kebiasaaan ini masih wajar, tentu tidak akan dibahas oleh media. Tapi kebiasaan tamu di resepsi pernikahan di Amerika memang sudah menganggu, walau hanya dilakukan oleh beberapa orang.
Kasihan bagi mereka yang sudah menyiapkan momen indah sepasang penganti. Bagi fotographer dan cameramen sudah menyiapkan peralatan, dan menempatkan peralatan mereka di sudut terbaik. Tapi yang di rekam malah muncul layar smartphone atau tamu yang mundar mandir di depan camera. Repot untuk mengedit video bila terlalu banyak gambar yang menganggu.

Ingat pernikahan adalah upacara amat sangat penting bagi 2 orang, dan bukan untuk tamu undangan. Foto momen pernikahan menjadi foto seumur hidup dan tidak akan tergantikan. Jadi jangan ikut sibuk untuk memfoto mereka, duduk saja yang manis. Katanya seperti itu.



Buat komitmen antara fotographer dan mempelai
  • Katakan kepada para tamu untuk tidak mengambil foto selama acara foto. Karena para tamu dapat menganggu fotografer membuat foto indah bagi kedua mempelai.
  • Katakan kepada tamu undangan, tidak mengambil foto. Karena anda sudah memiliki fotograher yang handal untuk foto pengantin. Ditambahkan, smartphone tidak lebih baik untuk membuat foto dibanding camera fotografer.
  • Katakan kepada para tamu, mohon turunkan smartphone anda. Camera smartphone tidak mampu mengambil gambar dalam kondisi kurang cahaya. Dan fotografer kami sudah siap dengan lampu mereka.
  • Katakan himbauan diatas dapat membantu pengantin mendapatkan foto terindah mereka. Karena mengabadikan momen tersebut hanya satu kali selama hidup mereka.