Green | 9 July 2017

Kesehatan minum kopi efek untuk kreatif bagaimana kafein melakukan stimulasi pada tubuh


Kesehatan dengan kebiasaan meminum kopi dapat memperpanjang umur manusia

Ketika kehabisakan ide, biasanya orang meminum kopi agar muncul gagasan baru mengalir.

Mengapa kopi berdampak bagi tubuh, khususnya membuat segar pada otak manusia. Bagaimana cara kopi membuat efek pada otak. Kira kira seperti dibawah ini (dari berbagai nara sumber).

Menurut peneliti dari universitas Johns Hopkins, minum sedikit kopi dari 14 ons dalam cangkir merupakan awal.

Setelah sering minum kopi,maka tubuh semakin bertoleransi. Dengan konsumsi yang sama maka tubuh tidak memberikan dampak lalu orang akan meningkat mengkonsumsi dari satu cangkir ke dua cangkir perhari dan seterusnya.




Dari perspektif ilmiah, kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk memikirkan sebuah gagasan yang terhubung dari ide  ide yang sudah ada di pikiran.

Kata terhubung ini dikendalikan oleh neurotransmitter. Salah satu neurotransmitter adalah adenosin. Adenosin ini bertugas memberitahu ke otak anda ketika sudah kehabisan energi, dan memperlambat hubungan antara neutron dengan pengikat reseptor adenosin. Duh bahasanya makin aneh.

Adenosin seperti indikator baterai yang memantau otak manusia. Setelah tingkat energi turun, maka Adenosin akan memperlambat kinerja otak ke level paling bawah. Bila seseorang bekerja berjam jam secara intensif, maka pada suatu saat akan merasa lelah. Seperti otak kehabisan bahan bakar, ini peringatan alami dalam tubuh.

Satu satunya cara yang alami untuk mengembalikan kesegaran hanya dengan istirahat.

Dibawah ini dampak kurang baik pada kopi.




Zat kafein yang diminum akan memblok reseptor Adenosin. Jadi adenosin tertipu sampai tubuh mengira masih memiliki banyak energi. Kafein membuat diri anda segar dan otak menganggap masih cukup energi. Peringatan pada tubuh tidak berfungsi lagi akibat efek kafein.

Efek kopi hanya membutuhkan waktu 5 menit dan langsung bereaksi memblok peringatan dari Adenosin. Puncak dari kafein dimulai dari 15 menit sampai 2 jam. Tubuh akan lebih waspada dari peningkatan hormon adrenalin dan kortisol.

Tapi terlalu banyak minum kopi akan membuat masalah, seperti kecanduan. Bagi beberapa orang mungkin akan mengalami masalah pada perih di lambung. Karena beberapa orang mampu minum kopi 6 cangkir lebih sehari. Dalam jangka waktu lama, tubuh bisa saja mencapai titik toleransi dan tidak memiliki efek seperti awal sebelumnya. Sebagai penganti kopi dapat dengan sarapan dan makan siang yang baik agar tetap energik sepanjang hari. Efek minum kopi akan merangsang tubuh memproduksi adrenalin. Kafein juga merangsang hormon lain yang dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah.

Terlalu banyak kafein akan menghabiskan vitamin B dalam tubuh. Atau menghalangi penyerapan zat besi. Efeknya pada penyakit anemia atau kurang darah, akibat kurangnya darah membawa oksigen ke seluruh tubuh akan berdampak kelelahan.

Kafein dalam kopi atau minuman lainnya belum tentu baik untuk tubuh. Efek pemicu hormon akan menganggu, karena kafein tidak menambah energi dan hanya membakar cadangan energi yang ada lebih cepat. Adrenaline akan terus dilepas dan dampaknya akan mengalami stress. Bagi sebagian orang yang minum 5 cangkir kopi atau lebih akan merasa kelelahan berlebihan. Tentu saja efeknya seperti itu, karena tubuh dipacu dengan kafein dan hormon terus meningkat di produksi akibat kafein dalam tubuh dan berdampak meningkatkan stres.



Benar atau tidak, informasi ini memiliki kesimpulan hampir sama yang diberikan beberapa sumber : Burton Goldberg, page 1014, Cameron Stauth, page 266, Stay Well By Mark Mayell, page 112, Elson M Haas MD, page 942, Burton Goldberg, page 688, Ralph T Golan ND, page 280, Stephen Cherniske MS, page 56.

Studi lain membahas manfaat kopi.

Apakah kopi berbahaya bagi kita, atau memiliki manfaat. Kopi disebut dapat mengurangi resiko kanker payudara, kanker usus, multi sclerosis dan menjaga agar tidak terkena penyakit Alzheimer. Hal ini diungkap peneliti National Institute of Health dan Yale University. Bila seseorang meninum kopi dengan takaran 4 cangkir atau lebih, dapat menurunkan resiko 20% terkena pengembangan melanoma, kanker kulit dibanding mereka yang tidak meminum kopi.

Studi manfaat kopi

Studi Annals of Internal Medicine mengatakan kopi dapat menurunkan resiki terkena kanker hati, melawan penyakit kardiovaskular bahkan kanker. Tapi hubungannya tidak jelas dengan bahan dari kopi atau simulasi dari kopi itu sendiri. Data diambil dari negara di Eropa
Intinya meminium kopi antara 2 - 4 cangkir, dapat membuat seseorang hidup lebih lama karena terhindar penyakit jantung.
Mereka yang terbiasa meminum kopi, memiliki resiko kematian lebih rendah dari penyakit yang seharusnya mereka alami. Seperti seseorang yang seharusnya akan menghadapi penyakit jantung, tapi kebiasaan meminum kopi dapat menurunkan  resiko tersebut.

BMC Publick Health - Juni 2021
Tim peneliti Southampton dan Edinburgh di Inggris, menganalisa data 495.585 peserta berdasarkan data 11 tahun.
Untuk memantau penyakit hati kronis dan hubungan dengan konsumsi kopi.
21% peminum kopi memiliki penurunan risiko penyakit hati kronis dan 49% menurunkan tingkat kematian dari penyakit hati.
Kopi yang dikonsumsi memiliiki kandungan kahweol dan cafestol tingkat tinggi, sebelumnya melawatn penyakit hati pada percobaan hewan.
Bahan tersebut ada di tempat lain, tapi paling mudah ditemukan di kopi.
“Kopi dapat diakses secara luas dan manfaat yang kami lihat dari penelitian kami dapat menawarkan pengobatan pencegahan untuk penyakit hati kronis,” kata penulis utama Oliver Kennedy, dari University of Southampton. “Ini sangat berharga di negara-negara dengan pendapatan lebih rendah dan akses yang lebih buruk ke perawatan kesehatan dan di mana beban penyakit hati kronis paling tinggi.”
Catatan dari peneliti, konsumsi kopi yang diteliti belum mencatat dampak jangka panjang. Data yang diambil dari orang berkulit putih, dan tingkat ekonomi yang lebih tinggi. Jadi perlu di teliti lebih lanjut antara gaya hidup seseorang dengan dampak penelitian tersebut.


Yang tidak boleh dilakukan dengan kopi

Meminum kopi terlalu panas dapat meningkatkan resiko terkena kanker esofagus karena kopi panas dapat membakar kerongkongan.
Peminum kopi berat umumnya juga perokok. Ditambah gula dan krim akan berdampak kurang baik bagi kesehatan.

Dengan meminum 5 cangkir sehari, anda sudah terasa mual atau sakit perut. Dengan 12 cangkir kopi, seseorang akan mengalami rasa cemas yang lebih tinggi. Bila mengkonsumsi 140 cangkir kopi atau setara 140 miligram kafein sehari, resikonya adalah kematian. Setelah meminum satu cangkir kopi, detak jantung akan naik. Efek kafein memang berbeda beda bagi seseorang.

Kafein tidak memberikan energi, tapi menghabiskan cadangan energi pada tubuh agar tetap terjaga. Kebiasaan minum kopi yang cukup saja akan berguna bagi tubuh, lebih dari cukup mungkin tidak baik. Manfaat kopi memiliki dampak positif selain efek kafein diatas.

Studi Juni 2021
Mengkonsumsi kopi terlalu banyak, meningkatkan resiko glaukoma 3x lebih tinggi bagi orang yang memiliki genetik tertentu.
Penelitian Icahn School of Medicine di Mount Sinai memperingatkan keluarga yang memiliki masalah kesehatan Glaukoma. di Amerika Serikat.
Tekanan intraokular (TIO) yang merupakan tekanan di dalam mata. Peningkatan TIO merupakan faktor risiko integral untuk glaukoma, meskipun faktor lain berkontribusi pada kondisi tersebut. Dengan glaukoma, pasien biasanya mengalami perlahant atau tidak ada gejala, sampai penyakit berkembang dan  kehilangan penglihatan.
Khusus untuk mereka yang memiliki resiko, dan mengkonsumsi 4 cangkir kopi setiap hari atau setara 480mg. Memiliki TIO 0,35 mmHg lebih tinggi.



Studi terbaru Juni 2019
Batas minum kopi ternyata lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya.
British Heart Foundation menyebut 25 cangkir kopi sehari aman bagi jantung anda.

Minum kopi sebanyak itu tidak lebih buruk bagi arteri jantung, dibanding satu cangkir kopi.

Penelitian melibatkan peserta yang dibagi 3 kelompok. Satu grup meminum 1 cangkir kopi setiap hari, kelompok kedua 1-3 gelas sehari, dan satu kelompok mengkonsumsi sampai 25 cangkir sehari.
Lalu mereka di uji dengan MRI dan test gelombang pulsa inframerah. Sementara tidak ada bukti hubungannya antara penelitian tersebut. Dan tidak ada dampak buruk bagi arteri seperti yang disarankan peneliti sebelumnya kata Dr Kenneth Fung dari Queen Mary Universitas London

Efek dari Kopi yang kurang baik

Ketika seseorang minum kopi, perubahan seperti kekurangan cairan atau dehidrasi. Kafein dapat menyebabkan penurunan aliran darah ke otak sampai 27%. Ketika darah tidak cukup melaju ke otak manusia, ada yang disebut efek kabut otak, dalam kasus lebih berat akan bedampak dengan rasa pusing, atau kehilangan kesadaran.


Artikel Lain

Lingkungan anda bersih bahkan terlalu bersih. Maaf sistem kekebalan tubuh anda mungkin belum siap.Para ilmuwan Inggris menyarankan hubungan antara peningkatan kebersihan dan kondisi alergi - membuat sistem kekebalan tubuh kita menjadi tidak terlatih dengan baik. Ketika Medis dan kita salah

Keseluruhan, masyarakat Jepang memiliki cukup kesehatan. Tetapi penduduk di Jepang memiliki masalah ginjal lebih kecil. Mengapa ginjal berhubungan dengan tekanan darah tinggi. Temuan baru di tahun 2021, ginjal memiliki peran lain. Membuka penelitian medis dengan tekanan darah tinggi dan darah rendah



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.