Baterai Lithium memperpanjang umur baterai dengan teori terbalik


Product | 29 September 2013

Dampak baterai bila bekerja dengan over voltase

Dampak pada baterai bila di isi diatas voltase lebih tinggi

Kali ini dibahas dampak baterai yang di charge dengan voltase lebih tinggi.
 
Rata rata baterai lithium memiliki kapasitas baik sejak dibeli, bila di isi akan mengeluarkan voltase 4,2 volt/DC
Rata rata akan bertahan dengan kapasitas 70% baterai setelah di isi ulang sampai 500x (teori dari pabrikan).
Tetapi pengisian dari charger dengan voltase lebih tinggi, akan berdampak buruk bagi kemampuan baterai.

Bila voltase charger mengisi baterai terlalu besar dampaknya kapasitas baterai dapat lebih besar mencapai 115% kapasitas, tapi umurnya pemakaian dan kapasitas baterai langsung turun drastis. Mengisi dengan voltase  4.3 Volt atau 4.25 Volt memberikan kapasitas 110% tapi umur baterai akan drop signifikan dibanding mengisi dengan voltase normal.
Dapat dilihat pada grafik dibawah ini.


Kita akan kecewa bila baterai tidak disarankan mengisi baterai sampai 100%. Bila smartphone sudah berumur lebih dari satu tahun, coba perhatikan. Apakah pengisian 100% baterai akan bertahan lebih lama dibanding 80%. Perbedaan waitu dari daya tahan pemakaian tidak berbeda jauh. Bila cukup dengan mengisi 80% sebelum penuh, akan meningkatkan kemampuan baterai lebih lama dipakai. Kecuali  mereka yang membutuhkan kapasitas baterai untuk perjalanan, bisa mengisi baterai sampai 100%
Dan jangan lupa, semakin sering baterai di charge. Dalam kondisi baterai akan habis, atau baru 50% atau masih 70%. Kapasitas baterai akan terus menurun setiap kali di charge.

Dari sisi industri

Sebagian produsen tidak mau tahu dan mengoptimalkan voltase charger dengan 4.2 volt. Tujuan agar kapasitas baterai dapat mencapai 100%, dan pembeli senang karena baterai mereka memiliki kapasitas yang kuat. Tapi produsen tidak memikirkan apakah baterai berumur lebih singkat atau lebih lama. Bila sudah drop, silakan membeli baterai baru dari kami. Konsumen tidak pernah tahu berapa harga baterai penganti, setelah baterai mulai drop dalam satu atau dua tahun pemakaian. Baru menyadari harga baterai untuk perangkat cukup mahal.

Berbeda dengan industri lain. Dalam industri satelit atau mobil listrik, umur baterai merupakan hal penting. Baterai satelit harus bekerja untuk waktu lama, bisa 10 tahun, mobil listrik harus menjaga baterai mereka lebih tahan lama agar ekonomis. Sehingga disain dibuat dengan pengisian lebih rendah, tujuannya agar baterai bertahan lebih lama. Lebih baik memasang baterai cukup banyak, dan pengunaan berumur panjang
Menurunkan voltase 10% saja pada charger dapat memperpanjang umur baterai lebih lama walau kapasitas baterai tidak akan mencapai 100%.

Baterai lithium memerlukan voltase ideal dengan 4.2 volt (maksimum). Kinerja baterai lithium akan kembali ke voltase awal setelah dilepas atau dipakai ke di perangkat dengan voltase 3.7V/DC.
Bila ingin menyimpan baterai lithium yang tidak terpakai, simpan baterai pada kapasitas 40%. Seperti baterai untuk perangkat eletronik lain misalnya notebook, camera digital atau camcorder. Sebaiknya membiarkan baterai lithium tidak terisi penuh bila tidak dipakai dalam waktu dekat. Biarkan kapasitas baterai antara 40% saja dan simpan baterai selama tidak digunakan.



Ada beberapa produsen notebook lebih baik hati, mereka mengunci voltase 4.0 volt untuk menjaga kapasitas baterai bertahan lebih lama pada kapasitas 70%. Dan cell baterai sengaja dilindungi agar tidak pernah mengisi sampai penuh dibanding memaksakan mengisi 100% dan mempersingkat umur baterai.
Tujuannya agar cell baterai notebook berumur panjang. Dibanding mengiklan produk mereka dengan menyebut notebook A dapat bertahan sekian jam. Lebih berguna bagi penguna notebook mendapatkan baterai yang tahan lama dengan kapasitas 70% saja, setidaknya baterai tidak perlu diganti dalam 3-4 tahun kedepan.

Sayangnya kebaikan dari beberapa produsen notebook ini tidak diketahui semua orang, dan hanya mereka yang suka mengoprek perangkat computer saja yang menemukan. Bila sempat, coba periksa dengan multimeter, berapa voltase baterai yang sedang di isi.

Informasi tambahan  : Tentang mitos baterai smartphone dengan charger

Bila smartphone memiliki baterai kapasitas besar antara 3000mAh atau lebih. Dan setiap hari baterai smartphone tidak habis digunakan. Dapat memanfaatkan aplikasi Battery Full Notification, untuk membiasakan mengisi baterai smartphone sampai kapasitas tertentu.

Berita terkait
Batterry Full Notification peringatakn bila baterai penuh
Cara membuat kabel USB Fast Charger
Ampere memerika power baterai smartphone
Duracell dikenal dengan baterai kepala tembaga untuk jenis baterai alkaline. Tapi apakah anda tahu nama Duracell sekarang. Duracell menawarkan baterai untuk camera, termasuk baterai camera Canon, Nikon, Sony, Fujifilm dan lainnya. Harga baterai Duracellrelatif lebih murah dari produk baterai asli

Baterai Lithium, khususnya ukuran 16850 tipe baterai paling umum. 2 model dengan sirkuit proteksi dan tidak. Mengapa baterai lithium dengan proteksi akan mati ketika voltage mencapai 2,5V DC, mengapa baterai bisa terbakar, mengapa baterai tidak boleh dibiarkan sampai kosong. Apa arti lithium IMR, INR, NCR dan ICR



Penelitii dari UC Irvine menemukan rancangan baterai yang dapat di charger ulang sebanyak 200.000 kali dengan penurunan 5% kapasitas baterai. Artinya baterai akan bekerja lebih dari 500 tahun. Uniknya, penemuan tersebut secara tidak di sengaja, karena mereka tidak tahu bagaimana cara kerja baterai tersebut dapat bertahan begitu lama.

Ingin baterai notebook anda bertahan lebih lama. Biasakan tidak mengisi terlalu penuh, dan mencabut charger dari notebook. Aplikasi Battery Limiter akan memberikan peringatan bila kapasitas baterai terlalu penuh. Sehingga tidak merusak baterai notebook anda. Usia baterai notebook dapat lebih lama dipakai.

Memilih powerbank terbaik. Apakah merek, tingkat efisiensi, kualitas baterai, harga, dan disain. Seluruhnya penting, tetapi bagaimana memilih powerbank yang baik. Atau setidaknya memilih powerbank yang tepat. Merek besar menentukan kualitas sebuah powerbank

Banyak penguna smartphone membicarakan smartphone dengan kapasitas baterai, resolusi layar dan procesor menentukan kekuatan baterai smartphone. Apakah perangkat tersebut mengunakan baterai lebih banyak. Atau kualitas jaringan provider telekom ikut menentukan. Dijawab Yah, karena salah satu pemakaian baterai menjadi lebih boros adalah kebutuhan koneksi jaringan.

Baterai Samsung Unu Unity untuk Samsung Galaxy S5 dibuat double. Paket baterai 2 kali kapasitas ini dilengkapi dengan tandem case, maklum ukurannya agak besar.



Sebaiknya pengisian baterai smartphone tidak digunakan ketika berbicara, sebenarnya tidak masalah. Jangan membeli charger kompatibel karena dapat merusak baterai. Tidak juga, charger asli lebih baik, yang kompatibel juga baik walau kualitasnya kalah dengan charger asli. Kapasitas disarakan 20-80%

Mengabung 2 baterai memberi power lebih besar, atau voltase lebih besar. Bila baterai yang digunakan lebih dari 2 unit atau lebih. Biasanya kita memeriksa dengan multimeter dan melihat baterai yang paling lemah. Efeknya bisa kurang berguna.

Ada saja penelitian yang satu ini, membuat opini paradok atau melawan kenyataan yang ada. Anda suka minum susu dengan lemak lebih banyak anda malah lebih kurus. Apa seperti itu, itulah yang ditelah oleh peneliti Swedia.

Baterai NiMH lebih hemat dibanding baterai biasa. Tapi perlu di isi ulang sebelum digunakan. Tidak membiarkan baterai di dalam perangkat elektronik selama 3 bulan lebih. Mengisi 3-4 jam membuat umur baterai lebih lama.

Remaja ini membuat baterai sepeda listrik dari pack baterai notebook. Dengan 6 baterai notebook dapat disusun menjadi 22 volt DC. Keterangan ini untuk memberikan informasi pembuatan baterai dengan output voltase besar bagi sepeda listrik.

Dari SLR Launge menceritakan hasil test dari baterai AA untuk lampu flash. Mengunakan satu model lampu flash dan diuji seberapa cepat  lampu flash dapat menyala dengan satu merek baterai. Hasilnya tidak banyak berbeda

Baterai untuk mobil atau kendaraan listrik akan turun dramatis, setidaknya di tahun 2020. Biaya per kWh hanya 134 euro saja. Data dari Riset Navigant mengatkan tren pasar mobil listrik nantinya hanya berselisih ribuan dollar saja, sementara sekarang masih puluhan ribu.



Bagaimana melakukan test voltase baterai alkaline yang sudah kosong. Bila anda memiliki multitester, akan memudahkan memeriksa berapa sisa voltase yang ada di baterai. Bagaimana bila tidak memiliki multitester. Caranya dengan dijatuhkan.

Smartphone, paling dikeluhkan adalah baterai. Bila semua perangkat aktif, dari GPS, 3G dan WIFI terus aktif. Hitungan 6-8 baterai akan terkuras dengan cepat.

Techhive memberikan data beberapa model smartphone yang dikeluarkan 12 bulan terakhir. Pengujian mengunakan setting tertentu seperti tingkat kecerahan layar, mematikan memindahkan setting ke Airplane Mode untuk mencegah smartphone melakukan koneksi.

Satu tahun mengunakan notebook, baterai tetap prima. 2 tahun mulai terasa ada penurunan. Lebih dari 2 tahun baterai mulai melemah, terkadang di charger, tetapi lebih cepat drop. Tip memperpanjang umur baterai, sebelum baterai notebook rusak dan anda harus menganti dengan baterai baru.

Teknik ini berlaku untuk baterai Li-ion dan Ni-MH




No popular articles found.
< /body>