Olahraga 15 menit saja setiap hari, anda memiliki harapan hidup lebih lama.

Khususnya mereka yang sudah berumur bisa melakukan kegiataan olahraga sederhana. Seperti senam pagi, olahraga Tai chi, jalan cepat dan lainnya.

Sebuah studi dari Taiwan menelusuri sekitar 400 ribu pria dan wanita selama 12 tahun, menemukan data bahwa mereka yang berolahraga mendapatkan manfaatnya. Mereka yang berolahraga 15 menit sehari, atau 90 menit setiap minggu sudah cukup mendapatkan dampak dari berolahraga. Sedangkan peneliti dari Inggris menyarankan lebih lama sampai 150 menit setiap minggu untuk berolahraga.

Kesimpulan dari penelitian di Taiwan menyebutkan mereka yang berolahraga rutin mendapatkan bonus umur  3 tahun lebih lama, dan mengurangi resiko kematian sampai 14% dibanding yang tidak berolahraga.

Dr Chi Wen Pang mengatakan kepada ABC News, 30 menit sehari merupakan waktu olahraga paling baik. Tetapi separuh saja sudah memberikan manfaat yang cukup. Mungkin bagi sebagian orang tidak memiliki waktu terlalu lama untuk berolahraga, dan 15 menit sudah cukup.

Manfaat berolahraga bagi tubuh kebugaran dan otak kita

Saran dari ahli medis Inggris Sally Davies kepada BBC, olahraga tidak hanya kegiatan fisik. Bentuk sederhana seperti berjalan atau berkebun merupakan olahraga juga.

Mereka yang berusia 60-88 tahun, berjalan 30 menit selama 3 hari seminggu. Sangat kuat hubungannya dengan bagian otak. Bagi wanita dengan mempompa detak jantung selama latihan terkait meningkatkan hippocampus. Dimana bagian otak tersebut meliputi cara belajar dan ingatan.

Sebelumnya peneliti mengatakan olahraga aerobik selama 30-40 menit secara teratur dapat memperbaiki otak kita. Tetapi penelitian terbaru, jenis latihan apapun selama 5 menit atau 45 menit, dapat memberikan manfaat kesehatan mental kita.

Peneliti mempelajari 34 ribu orang dewasa lebih dari 11 tahun dan meminta mereka melaporkan aktivitas fisik seperti olahraga setiap minggu.

Dan menganalisa tingkat depresi dan kecemasan yang mereka rasakan. Hasilnya dari total olahraga 1 jam seminggu saja dapat memperbaiki okta kita dari tingkat depresi. Walau mereka tidak harus melakukan aktivitas berat sampai terengah engah. Seperti berjalan santai dalam jarak sedang dan jarak jauh sudah baik dibanding mereka yang tidak pernah melakukan jalan kaki.

Bila seseorang mengalami rasa cemas atau depresi. Obatnya dapat dicoba dengan melakukan treadmill selama 30 menit selama 10 hari berturu turu. Hasilnya dapat mengurangi depresi secara klinis. Karena olahraga dapat membantu mengurangi berat badan dan menurunkan tingkat hormon stress secara alami. Seperti hormon adrenalin dan kortisol yang dikutip dari jurnal of Physical Therapy Science.

Diane Ehlers penulis studi dan seorang Profesor universitas Illinois di Urbana Champaign. Mereka yang mantan penderita kanker dan selamat, Aktiflah.

Peneliti masih belum yakin mengapa olahraga memberikan dampak begitu banyak bagi kesehatan otak dan tubuh kita. Salah satu faktor adalah meningkatnya aliran darah karena olahraga dan memompa energi segara dan oksigen ke otak.

Untuk kesehatan, Joe Northey seorang ilmuwan pelatih di univeristas Canberra mengatakan mereka yang sudah berusia diatas 50 tahun, dapat melakukan aerobikantara 45 menit sampai 1 jam dengan waktu yang layak perminggu.

+ Psychiatryonline.org + Harvard + Ncbi.nlm.nih.gov + Springer.com + Bmj.com + Canberra.edu.au