Masyarakat Amerika terlalu banyak membuang makanan. Terkait dengan tanda label tanggal kadaluarsa. Lalu apa fungsi tanggal kadaluarsa makanan di supermarket Amerika.

Bila tertanggal 1 minggu lagi expire atau tanggal batas waktu untuk di konsumsi. Apakah setelah tanggal yang tertera maka makanan tidak boleh di konsumsi lagi.

Sayangnya masyarakat Amerika keliru mengartikan tanggal tersebut, dan lewatnya tanggal kadaluarasa belum tentu makanan harus dibuang. Dampaknya banyak pabrik harus membuang makanan mereka karena dianggap sudah kadaluarasa. Atau pembeli tidak mau mengambil makanan yang sudah melewati tanggal pada kotak rak makanan.

Contoh pada telur bisa dikonsumsi sampai 3-5 minggu setelah tanggal pembelian asalkan ditaruh di lemari es. Berbeda dengan aturan penyimpanan telur di Eropa dipajang seperti produk biasa tanpa perlindungan pendingin. Dan dibiarkan saja di rak seperti biasa, itupun tidak masalah.

Walau tanggal kadaluarsa tertera lebih pendek. Makanan Satu kotak keju tertanggal kadaluarsa Maret 2013, masih bisa dimakan sampai Maret 2014 dan dijamin rasanya tidak jauh berubah. Apple dapat disimpan di lemari es dan tetap segar sampai 3 minggu. Bila sudah diolah akan tahan selama 8 bulan kedepan. Daging tertera hanya 5 hari akan kadaluarsa, bila dimasukan ke lemari es akan tahan sampai 2 bulan dan rebusan daging dapat dimasukan ke ruang pendingin sampai 9 bulan. Es krim bisa ditahan di freezer antara 2-4 bulan. Tanggal kadaluarsa terkait dengan batas kesegaran makanan, dan bukan tanggal untuk layak dikonsumsi atau tidak.

Seharusnya makanan dibuat dengan 2 tanggal berbeda. Satu menunjukan tingkat kesegaran atau batas untuk di pajang. Dan tanggal lain sebagai batas waktu dikonsumsi




Menurut staf makanan NRDC dan program produk pertanian mengatakan terkadang sebuah produk memerlukan tanggal kadaluarsa (Expired Date), sebagian lagi tidak.

Seharusnya pihak pabrik memberikan keterangan tambahan apakah tanggal tersebut memang batas waktu makanan tidak boleh dikonsumsi. Atau menandakan batas waktu makanan masih segar, dan dilengkapi batas waktu untuk dikonsumsi setelah kemasan di buka.

Label Expire atau tanggal kadaluarsa hanya berlaku bila kemasan masih tertutup. Bila sudah dibuka, harus dipertimbangkan jenis produk yang akan dikonsumsi. Mengingat tidak semua produk yang sudah dibuka bisa bertahan atau aman di konsumsi sesuai tanggal kadaluarsa. Jadi gunakan logika kita sendiri, apakah makanan yang telat dimakan memang masih layak.



Obat tanggal expire
Medis Amerika lebih memilih membuang obat yang sudah hampir kadaluarsa, walau menurut badan kesehatan obat yang mendekati tanggal kadaluarsa masih layak di konsumsi. Bila kemasan masih tertutup dan disimpan dengan baik.

Berbeda dengan tanggal obat jenis syrup. Tanggal kadaluarsa adalah batas obat yang aman di konsumsi selama kemasan masih tertutup.
Kita harus membedakan apakah obat masih aman di konsumsi dan tidak. Bila kemasan obat sudah dibuka, maka tanggal kadaluarsa obat harus mengikuti aturan yang berlaku.
Beberapa produsen memang tidak menyebutkan apakah tanggal kadaluarsa sebuah obat berlaku setelah obat di buka atau masih dalam kemasan tersegel.
Disini kita harus berhati-hati, dan tidak boleh menebak apakah obat masih layak di konsumsi atau tidak.