Umur bumi mungkin berakhir 1,75 milyar tahun lagi


Science | 20 September 2013

Kapan kehidupan di bumi habis dan benar benar tamat

Bagaimana kehidupan di bumi dalam proses kematian matahari
Bila suhu terus meningkat, tumbuhan akan kering, manusia mungkin bertahan tapi harus dibawah tanah.

Hanya mikroba saja yang mampu bertahan hidup. Matahari terus membesar tanpa bisa dihentikan. Intinya matahari mulai tidak ramah, hancur atau menunggu runtuh, bintang ini akan kehilangan daya tarik (gravitasi) untuk mempertahankan gas. Seperti atmosfir bumi, udara tertahan karena daya tarik gravitasi dan magnie bumi.

Bila gravitasi semakin melemah, maka gas yang menyelimuti sebuah planet dan bintang akan mengembang / melebar.

Tapi itu baru tahap awal kehancuran matahari dan berdampak ke planet lain bumi, setelah itu bumi akan ditelan oleh gas raksasa matahari dan terbakar di dalamnya.

Rushby mengatakan kalau bumi sudah tidak layak ditinggali, sementara waktu manusia bisa pindah ke planet paling dekat.

Sejauh ini manusia mulai mencari Exoplanet atau planet yang mirip bumi. Bila tidak mungkin maka pilihan paling tepat adalah pindah ke tempat lain, salah satu tempat terbaik saat ini adalah planet Mars yang sementara saat ini sangat dingin.

Masalahnya di planet Mars, kondisi atmosfir saat ini tidak mendukung kehidupan, setidaknya belum ada teknologi yang dibawah ke planet Mars untuk menghasilkan air dan oksigen.

Kondisi Mars mengalami masalah sejak dahulu, karena planet ini tidak mampu mempertahankan air (cair) dan suhu disana jauh lebih dingin. Walau diteliti bahwa planet Mars dahulunya pernah memiliki kandungan cairan yang membeku dari temuan data di tahun 2015.

Mengapa planet Mars menjadi salah satu pilihan. Karena hanya planet Mars yang ukurannya lebih kecil (2/3) dari bumi, dan paling dekat untuk di datangi dan ukurannya bisa ditinggali manusia. Sementara tidak ada planet lain dibelakang Mars yang cocok untuk Manusia.

Selama manusia belum memiliki teknologi untuk pergi ke bintang terdekat, hanya disana tempat paling aman untuk migrasi.



Setelah posisi bumi hanya ada planet Mars sebagai planet paling dekat dan lebih jauh dari matahari.

Karena manusia tidak bisa tinggal di planet gas seperti Jupiter, Saturnus dan lainnya yang lebih jauh. Atau Pluto yang lebih membeku dan terlalu jauh dengan matahari.

Mars merupakan tempat paling solid kata Rusby untuk sesaat.

Bumi memiliki 95% udara dengan kandungan metana ( 4 molekul hidrogen dan 1 karbon.) yang membuat semua kehidupan.
Gas metana menjadi barometer bagi manusia bila sebuah planet memang pernah dihuni oleh mahluk hidup.

Tapi menurut analisa lain mengatakan atmosfer Mars sangat sedikit berisi gas metana. Gas metana merupakan bekas gas dari tanda aktivitas kehidupan di Mars.

Besar kemungkinan disana memang tidak ada kehidupan. Informasi ini di dapat dari robot Curiosity yang sedang meneliti permukaan planet Mars. Curiosity membawa pengukur laser Spektrometer yang dirancang untuk mencari gas metana. Sampai saat ini gas tersebut belum terditeksi (2012). Tetapi analisa robot Curiosity belum dapat memastikan apakah di Mars memang pernah ada mahluk hidup disana, artinya manusia mungkin akan kesulitan untuk tinggal di planet tersebut. Kecuali membawa teknologi dan membuat mesin oksigen sendiri dari sumber daya di planet Mars. Sejauh ini para peneliti hanya bisa menyimpulkan bahwa planet Mars telah kehilangan separuh gas yang dimiliki. Air disana kabarnya menguap karena secara gravitasi dari ukuran planet Mars tidak mampu mempertahankan gas dan air yang dahulunya ada.

Sebelum matahari meledak
Usia matahari saat ini sekitar 4,6 miliar tahun. Posisi bumi berada tepat dalam zona habitat.

Nanti dalam miliaran tahun kedepan, setelah matahari berubah menjadi raksasa merah.
Posisi lapisan luar matahari akan mendekati planet Bumi, sedangkan 2 planet lain Venus dan Merkurius akan ditelan oleh gas matahari.

Daerah zona aman atau tempat yang mendapatkan panas cukup akan bergeser diantara planet Jupiter dan Saturnus. Setidaknya daerah kedua planet akan lebih banyak mendapatkan panas selama 500 juta tahun.

Tentu bukan kedua planet yang harus di tinggali manusia. Mungkin tinggal di bulan sekitar planet Jupiter dan Saturnus. Karena disana terdapat beberapa satelit / bulan cukup banyak.

Seperti gambar dibawah, posisi matahari sekarang dengan usia 4,6 miliar tahun. Gambar selanjutnya setelah 12,5 miliar tahun ke depan maka ukuran matahari akan semakin membesar.



Masalahnya manusia sekarang adalah kegiatan yang menghancurkan planetnya sendiri.
Jangan berbicara miliaran tahun lagi.



Sekarang apa yang disebut global warming / pemanasan global lebih dahulu terjadi. Panas bumi akan terus meningkat, bila naik 2 derajat lebih panas pada tahun 2100, bahkan perkiraan peneliti bisa saja lebih cepat, perkiraan terakhir suhu bumi dapat naik +4 deg.C dalam 100 tahun mendatang. Panas sedikit saja akan menganggu tanaman, meningkatnya permukaan air laut dan perubahan cuaca bahkan menjadi ekstrem.

Manusia masih bersenang senang, dibuat dengan kemudahan, menghabiskan sumber daya energi seperti  minyak dan listrik karena manusia mampu membeli dan menikmati begitu boros. Seharusnya kita sudah berhemat dari sekarang. Karena minyak adalah benda fosil yang memerlukan  proses 3 juta tahun pembentukan fosil minyak mentah tapi dihabiskan manusia dalam 1 tahun saja.

Masalah lain dari jumlah penduduk, tahun 2050 penduduk bumi diperkirakan mencapai 9 milyar manusia.

Apakah bumi masih mampu memberikan makanan begitu banyak manusia. Keadaan inilah yang harus diperbaiki terlebih dahulu, dengan menyelamatkan bumi sebelum memikirkan untuk kabur ke planet lain.

Pemborosan energi, polusi, sampah, pembakaran batubara akan berdampak meningkatkan bencana alam sampai es dibagian kutub akan mencair dan menenggelamkan kota kota di pinggir pantai ditambah cuaca buruk yang dapat mengagalkan panen. Bila suhu bumi meningkat sedikit saja maka produksi pangan akan terganggu, bencana datang lebih dahulu sebelum matinya Matahari.
Karena hitungannya hanya dalam seratus tahun bahkan puluhan tahun kedepan.

Bahan pangan menjadi mahal dan penduduk miskin tidak mampu membeli makanan, tetapi penduduk bumi terus bertambah. Kondisi manusia sebenarnya dapat menghancurkan kehidupan bumi, sekarang tidak penting memikirkan keadaan bumi untuk jutaan atau miliaran tahun lagi. Tapi beberapa tahun kedepan, manusia sudah membuat masalah besar bagi Bumi.

Menghemat energi, tidak membuang sampah lebih banyak, melakukan daur ulang, tidak membuat polusi dengan kendaraan pribadi, menanam pohon adalah tindakan lebih nyata walau sangat sederhana. Jadi manfaatkan kehidupan saat ini lebih baik dibanding memikirkan kehancuran planet bumi oleh panas matahari atau terjadinya bencana meteor yang menabrak bumi.

Disamping waktu yang tepat sebagai Goldilock dan Golden Time (sebagai waktu emas bagi manusia hidup). Karena saat ini adalah waktu paling tepat manusia menikmati serta secepatnya memperbaiki kehidupan di planet bumi yang mulai rusak.

Biarkan para ilmuwan memikirkan masa depan, merancang pesawat ruang angkasa yang lebih cepat, dan mencari planet mirip bumi lainnya. Sedangkan masyarakat lebih baik melakukan tindakan nyata untuk memperbaiki kehidupan agar dapat mempertahankan ketabilan di Bumi. Kondisi manusia di masa depan, belum tentu lebih baik dari sekarang. Itu yang dikatakan oleh para ilmuwan.

Berita terkait
Voyager 1 sudah di konfirmasi oleh NASA sudah meninggalkan tata surya. Roket pendorong untuk mengarahkan antena pesawat akan diposisi ulang. Tetapi roket pendorong Voyager 1 terakhir dinyalakan 37 tahun lalu. Voyager 2 memasuki Heliosphere.sempat mengalami gangguan, 5 Februari 2020 berhasil di Reboot.

2010 lalu, Hubble menambah peralatan dengan Ultra Deep Field Infra red.Video melihat gambar dengan jarak 5 miliar, 10 miliar tahun cahaya jauhnya. Perubahan galaksi dari galaksi muda, galaksi yang berkembang dan galaksi yang telah matang. Mei 2019 Nasa merilis Hubble Legacy Field berisikan 265 ribu gaalaksi dari masa lampau sampai saat saat ini.



Gambar bola berwarna biru tersebut adalah perbandingan jumlah air dengan seluruh material padat yang ada di bumi . Bagaimana dengan jumlah udara, tidak berbeda dengan jumlah air. Kedua elemen kehidupan ini jumlahnya sangat sedikit dibanding ukuran bumi. Apakah atmofer bumi aman

Nasa akhir mengumumkan planet Kepler 186f memiliki ukuran yang hampir sama seperti bumi. Ukurannya tepat, tempatnya juga pas. Jarak planet ke bintang disana diperkirakan aman seperti Bumi. Juli 2018, sudut planet juga miring seperti Bumi dan aman bagi atmofer planet.

Data dari Potentially Hazardous Asteroids (PHAs) menyebutkan sekitar 1.400 objek (asteroid) telah ditemukan sampai awal 2013. Orbit asteroid sebesar ini mengancam kehidupan di bumi. Rata rata yang jatuh hanya 3-4 meter

Apa yang terjadi di Bumi, bila seluruh manusia pergi meninggalkan. Apa yang tersisa dari sejarah manusia. Apakah Bumi akan hancur, atau kembali seperti peradaban ratusan ribu tahun lalu. Mungkin akan muncul spesies baru penganti manusia.

Susah membayangkan jarak planet ke matahari. Khususnya dengan gambar dan buku. Bagaimana bila jarak antara planet dan matahari di dalam sebuah lapangan bola, termasuk perbandingan besarnya planet ke matahari. Lebih mudah di mengerti , lebih mudah di gambarkan, walau perlu sedikit imajinasi



Teropong bintang Kepler sudah dipastikan harus pensiun. Melihat jasa satelit Kepler dalam 3 tahun terakhir, update dengan video. 20 tahun lalu manusia belum tahu setiap bintang pasti ada planet yang mengikuti. 6 Oktober kemarin adalah 20 tahun dari revolusi astronomi dimana manusia pertama kali melihat planet lain di luar tata surya.

Grafik tentang alam semesta, dari umur bumi dan masa depan. Sampai perkiraan terbaru setelah memasuki masa 10 miliar tahun kedepan. Akan merubah bentuk alam semesta, termasuk hilangnya teori Bing Bang karena tidak bisa diamati lagi dengan pengetahuan saat ini.

Film pendek tentang keindahan galaksi, memberikan gambaran luasnya alam semesta dan bentuk dari beberapa benda di ruang angkasa. Salah satu animasi yang dibuat seperti Black Hole yang melontar gas atau Jet begitu jauh dari inti galaksi.

Bila tinggal di Gliese 667c, mataharinya besar sekali. Update dengan planet Gliese 581g pertama kali di temukan setelah ditliti lebih lanjut ternyata tidak ada. Hanya 3 planet yang sudah di konfirmasi memang ada di tata surya Gliese 581

Video 7 menit menceritakan perubahan terjadinya bumi dengan infografik. Di ringkas apik dari pembangun piramid 4000 tahun lalu sampai konstruksi saat ini. Mengambarkan kehidupan awal manusia dan mahluk hidup, lalu maju ke masa depan.

Dijelaskan secara ilmiah dengan kehidupan di bumi dan kapan akan berakhir. Planet bumi tetap akan menghadapi kehancuran dalam beberapa ribu tahun sampai miliaran tahun kedepan. Semua planet suatu hari akan bubar. Termasuk skala galaksi, kedepan akan tetap hancur.

Bintang HD 184738 memiliki masa yang rendah dan menjelang kematiannya. Nasibnya seperti matahari kita nanti, mungkin 5 milyar tahun kedepan.



Astronot pergi ke bulan , untuk berhubungan dengan radio terjadi keterlambatan 1.5 detik. Bagaimana bila berkomunikasi dari Saturnus ke Bumi. Bagaimana bila lebih jauh lagi. Mungkin manusia yang jauh disana masih bisa melihat dinosaurus ke bumi. Melihat ruang angkasa sama seperti melihat waktu, mengapa berbeda. Diterangkan secara ilmiah

Bila malam hari sebuah kota mati lampu, apa yang akan kita lihat. Langit tidak kosong, tapi tidak pernah kita bayangkan seperti apa. Tata surya termasuk Bumi , Matahari dan Jupiter, dan tata surya adalah bagian sangat kecil dari Bimasakti atau disebut juga Milky Way.

Kembali belajar tentang alam semesta. Sebesar apa galaksi Bima sakti dan Andromeda. Ukurannya tidak lebih dari ujung jarum, berbentuk titik. Ternyata yang dilihat manusia dengan Andromeda hanya sebagian sangat kecil dari alam semesta.

Dari Cary dan Michael memberikan gambaran alam semesta. Memudahkan kita belajar mengetahui sebesar apa nebula, dan alam semesta ini. Sejauh manusia bisa memandang dan memperkirakan

Satu lagi planet Kepler 37b ditemukan. Tetapi ukurannya hanya sepertiga dari ukuran planet bumi, bahkan diperkirakan sedikit lebih besar dari bulan. Planet Kepler 37b memiliki jarak 210 tahun cahaya, tidak terlalu jauh kata peneliti.

Galaksi spiral NGC 6872 yang ditemukan NASA menjadi galaksi spiral terbesar saat ini. Rentangnya mencapai 552 ribu tahun cahaya, dan jaraknya memang jauh sekitar 212 juta tahun cahaya dari Bumi.

Mengunakan camera InfraRed. Hasilnya berbeda dengan tayangan biasa. Resolusi mencapai 70MB

NASA mengumumkan temuan 2 planet  planet, ukurannya mirip seperti Bumi dan lebih kecil dari penemuan sebelumnya  Kepler 22b. Kedua planet  tersebut diperkirakan memiliki ukuran seperti Bumi, 20e lebih kecil dan 20f lebih besar dari Bumi.

Mirip seperti cerita fiksi ilmiah, sebuah planet dengan jarak 200 tahun cahaya dari bumi dilaporkan memiliki 2 matahari. Dalam perhitungan, bila tinggal disana akan melihat matahari terbenam sampai 2 kali setiap hari




No popular articles found.
< /body>