Kapal pesiar Costa Concordia berhasil didirikan kembali


News | 17 September 2013

Para insinyur berhasil mendirikan kapal pesiar Costa Concordia yang terguling sejak 20 bulan lalu. Operasi mengeser kapal kembali berdiri sudah selesai pagi ini. Di kapal tersebut diperkirakan masih ada 2 korban, yaitu seorang warga Italia dan pelayan kapal asal India. Bagaimana insinyur mengeser kapal yang ukurannya 2 kali lebih besar dari kapal Titanic. Gambar dari CNN



BBC membuat film proses dari video time lapse dari posisi kapal miring dan sekarang sudah bisa berdiri tegak



Tidak mudah mengeser kapal raksasa ini, yang panjangnya sudah sekelas kapal angkut kontainer Triple-E. Beartnya mencapai 114 ribu ton, dan sudah nyangkut di batu karang selama 20 bulan lalu. Kerusakan terparah ada di sisi kiri kapal yang mengalami rusak parah. Dalam sejarah pengangkatan kapal, baru kapal ini sebagai kapal terberat bisa digeser. Biasanya kapal yang karam akan dihancurkan dan dipotong karena biayanya lebih murah untuk memindahkan bangkai kapal. Kapal Costa Concordia nantinya akan dipindah ke tempat lain untuk dibongkar.



Proses mengeser kapal bisa dilihat dari simulasi video CBS dibawah ini


Berita terkait
www.theparbucklingproject.com
Disebut kota hantu, karena penduduk tidak mau pindah kesana. Ada yang terlalu mahal dijual, kebanyakan tidak tertarik pindah ke kota baru. Satu shopping mall terbesar, sekarang sudah tidak berpenghuni lagi. 30 tahun rencana memindahkan penduduk kota ke kota baru tetap gagal.

Crane atau derek Hammerhead memiliki tinggi setara 14 lantai. Digunakan untuk mengangkat pipa pengeboran dengan daya angkat 320 ton. Barang dari dek kapal dapat dipindah langsung oleh derek ini ke pelabuhan.



Rusia memiliki hovercraft terbesar di dunia, untuk mengangkut pasukan dalam serbuan laut ke darat. Kali ini bukan perang, tapi hovercraft tersebut muncul di sebuah pantai. Lalu merapat dan berhenti di bibir pantai. Salah satu Hovercraft raksasa yang pernah dibuat, kabarnya hanya 11 unit diproduksi.

Kapal milik Emma Maersk kelas Triple E dibuat video Timelapse. Kapal dengan kemampuan membawa cargo raksasa ini sedang parkir di Busan Korea. Seperti apa kapal tersebut bila parkir.

Sebuah galangan kapal di China, ditangani perusahaan Dalian. Disana terdapat crane atau pengangkat barang untuk konstruksi kapal. Disebut sebagai Goliath Crane memiliki beban 4.000 ton

Dirancang untuk membawa beban berat, pasukan sampai kendaraan. Jasanya cukup banyak, dari Chernobyl dan digunakan PBB

Ukurannya hampir 4x panjang lapangan football, menampung 6000 penumpang. Ada 2 kembaran kapal ini tetapi salah satunya sedikit lebih kecil. Tidak diijinkan melintas di terusan Panama, karena terlalu besar




No popular articles found.
< /body>