Sniper untuk militer dan kepolisian memiliki posisi dan kekuatan berbeda.

Untuk sniper kepolisian dirancang tidak terlalu jauh, umumnya memiliki sasaran untuk jarak tembak jarak dekat.

Misal pasukan dapat berada di posisi seberang gedung dari target.

Untuk militer ditempakan sejauh mungkin agar penembak sulit diketahui keberadaannya.

Ukuran peluru, perhitungan dan teknik mengunakannya juga berbeda.

Umumnya ukuran peluru dengan kaliber 7.62mm untuk pasukan militer, seperti 7.62x51mm atau 7.62x54mm.

Dalam posisi berhadapan, penembak jitu harus mengunakan berbagai bidang keahlian, tujuannya agar posisi mereka tidak diketahui pasukan lawan bahkan sniper lawan.

Untuk ukuran kaliber 7.65 hanya efektif pada jarak 1.1km atau lebih dekat.

Ketepatan sniper bukan diukur berdasarakan target sasaran, karena jarak tembak yang jauh setiap prajurit harus menghitung beberapa variabel
Targetnya adalah mengenai sasaran, urusan kena di bagian apa bukan masalah. Dan persenjataan militer harus ditembakan setidaknya 1 kali dan mematikan. Bila tidak mengenai target, maka musuh akan menghilang.

Persenjataan sniper terbaru mengunakan ukuran peluru lebih kuat.

Seperti Cersr /PSR mengunakan ukuran kaliber 0.338 dengan jarak efektif 1,5km.

Serta kaliber .50 dengan M107 LRSR dengan efektif jarak yang sama,

Standar peluru semakin berat dari 175g, 190g untuk jarak 1,1km.

Sedangkan long range sniper mengunakan berat peluru 300g keatas untuk satu peluru.

Seperti beberapa tipe yang tampak pada gambar dibawah ini, setiap senapan sniper memiliki tipe berbeda. Dan di sisi kanan atas dapat dilihat ukuran peluru yang berbeda.

Ukuran peluru persenjataan sniper

Membuat sebuah senapan sniper memiliki ukuran peluru berbeda beda sesuai jarak target dan model senjata sniper.

Senjata sniper

L115A3
Disebut Long Shot Rifle atau tipe sniper L115A3. Akurasi senjata ini dirancang untuk ketepatan sasaran sampai jarak 1.5km.
Pernah digunakan menembak musuh dengan tepat pada jarak jangkau 1.856 meter. Rekor  Jarak terjauh dapat mencapai 2.475 meter atau setara 27 x lapangan football.

Kecepatan peluru dari senjata ini 3x kecepatan suara. Senjata ini mengunakan bahan aluminium dan stainless steel, tetapi memerlukan peluru khusus yang dirancang meredam getaran setelah proyektil  peluru lepas dari selongsong.

C14 Timberwolf MRSWS (Gambar 2)
Rekor yang dipecahkan oleh prajurit Kanada mengunakan standar senapan C14 Timberwolf MRSWS dan diproduksi kurang dari 6000 senjata.

Diproduksi 2005 sampai saat ini. Pengunanya hanya satu negara Kanada. Diterjunkan di perang Afghanistan, perang sipil Yaman, dan terbaru melawan ISIS. Memiliki berat 7.1kg dengan panjang 1,2 meter. Memiliki 5 peluru dalam satu magazine berukuran 0,338 Lapua Magnum

Senjata C14 Timberwolf  memiliki jarak efektif sampai 1,5km. Di tangan ahli, senjata ini memiliki jarak tembak lebih jauh dari spesifikasi.

McMillan Tac-50 (Gambar 3)
Sniper jarak jauh / Long Range Sniper Weapon (LRSW). Juga digunakan pasukan beberapa negara utama Amerika dan negara lain Kanada serta Filipina, Turki, Perancis dan lainnya.

Masuk servis sejak tahun 2000 sampai sekarang. Memiliki berat 11,8kg dengan panjang 1,4 meter. Pengisian manual, dengan jarak efektif 1,8km. Diterjunkan dalam perang Afghanistan


M107 (Gambar 4)
Salah satu tipe sniper dengan peluru 50BMG.  Jarak efektif mencapai 1,8km, dengan 10 peluru satu magazine.

Model awal M82 digunakan militer Amerika Serikat dan terbaru M107.

Beberapa negara yang mengunakan termasuk Indonesia.untuk tipe M82 yang diberikan khusus untuk pasukan elit. Sedangkan Amerika memiliki model M107, digunakan untuk menembak boat penyeludupan  kecepatan tinggi, dan kepolisian New York.


Rekor sniper terjauh
Dipecahkan tahun 2017 oleh pasukan elite Kanada. Menembak tepat prajurit ISIS dengan jarak 3450 meter, dan peluru memerlukan perjalanan 10 detik ke target.

Mengunakan McMilan Tac-50 di perang sipil Irak.

Negara Kanada terlibat perang melawan ISIS sejak 2014

Dan mengirim 207 tentara untuk misi khusus.

Diperbantukan untuk pasukan penyelamat dan operasi penembak jitu. Kanada memiliki pasukan sniper kelas dunia dan 3 sniper telah masuk daftar sebagai penembak terjauh

Satu pasukan terdiri 2 atau 3 orang,seperti seorang yang menghitung kecepatan angin, meningkatkan gerakan turun peluru karena jarak target sangat jauh. Sebagai sniper, penembak harus berada di atas ketinggian.
Bahkan dengan jarak 3km, seorang pendamping harus menambahkan perhitungan lekukan bumi dan pengamat ketepatan tembakan.

Karena perubahan sudut bumi saja, dapat membuat lintasan peluru melenceng walau hanya bergeser dalam ukuran cm.



Posisi sniper menembak di tempat ketinggian

Tahun 2017 baru saja satu penembak ini memecahkan rekor dengan jarak tembak terjauh dan tepat sasaran. Pasukan elit tersebut diturunkan untuk meminimalkan korban, dibanding resiko menjatuhkan bom akan yang memakan korban sipil lebih banyak.

Data dan nama pasukan yang berhasil mencapai jarak tembak 3450 meter masih dirahasiakan. Sedangkan rekor tercatat secara independen, mengunakan camera video dan data lainnya.

Pemegang rekor sniper terjauh dipegang prajurit Inggris Craig Harrison di tahun 2008. Menembak anggota taliban dengan jarak 2.475 meter.


Rekor penembak terjauh pasukan elit sniper Kanada dipecahkan 2017