Sniper terjauh rekor baru 3km lebih


Kategori : Stuff | Date : 21 June 2017
Penembak terjauh pecahkan rekor baru
Sniper untuk militer dan kepolisian memiliki posisi dan kekuatan berbeda.

Untuk sniper kepolisian dirancang tidak terlalu jauh, umumnya memiliki sasaran untuk jarak tembak jarak dekat.

Misal pasukan dapat berada di posisi seberang gedung dari target.

Untuk militer ditempakan sejauh mungkin agar penembak sulit diketahui keberadaannya.

Ukuran peluru, perhitungan dan teknik mengunakannya juga berbeda.

Umumnya ukuran peluru dengan kaliber 7.62mm untuk pasukan militer, seperti 7.62x51mm atau 7.62x54mm.

Dalam posisi berhadapan, penembak jitu harus mengunakan berbagai bidang keahlian, tujuannya agar posisi mereka tidak diketahui pasukan lawan bahkan sniper lawan.

Untuk ukuran kaliber 7.65 hanya efektif pada jarak 1.1km atau lebih dekat.

Ketepatan sniper bukan diukur berdasarakan target sasaran, karena jarak tembak yang jauh setiap prajurit harus menghitung beberapa variabel
Targetnya adalah mengenai sasaran, urusan kena di bagian apa bukan masalah. Dan persenjataan militer harus ditembakan setidaknya 1 kali dan mematikan. Bila tidak mengenai target, maka musuh akan menghilang.

Persenjataan sniper terbaru mengunakan ukuran peluru lebih kuat.



Seperti Cersr /PSR mengunakan ukuran kaliber 0.338 dengan jarak efektif 1,5km.

Serta kaliber .50 dengan M107 LRSR dengan efektif jarak yang sama,

Standar peluru semakin berat dari 175g, 190g untuk jarak 1,1km.

Sedangkan long range sniper mengunakan berat peluru 300g keatas untuk satu peluru.

Seperti beberapa tipe yang tampak pada gambar dibawah ini, setiap senapan sniper memiliki tipe berbeda. Dan di sisi kanan atas dapat dilihat ukuran peluru yang berbeda.

Ukuran peluru persenjataan sniper

Membuat sebuah senapan sniper memiliki ukuran peluru berbeda beda sesuai jarak target dan model senjata sniper.

Senjata sniper

L115A3
Disebut Long Shot Rifle atau tipe sniper L115A3. Akurasi senjata ini dirancang untuk ketepatan sasaran sampai jarak 1.5km.
Pernah digunakan menembak musuh dengan tepat pada jarak jangkau 1.856 meter. Rekor  Jarak terjauh dapat mencapai 2.475 meter atau setara 27 x lapangan football.

Kecepatan peluru dari senjata ini 3x kecepatan suara. Senjata ini mengunakan bahan aluminium dan stainless steel, tetapi memerlukan peluru khusus yang dirancang meredam getaran setelah proyektil  peluru lepas dari selongsong.

C14 Timberwolf MRSWS (Gambar 2)
Rekor yang dipecahkan oleh prajurit Kanada mengunakan standar senapan C14 Timberwolf MRSWS dan diproduksi kurang dari 6000 senjata.

Diproduksi 2005 sampai saat ini. Pengunanya hanya satu negara Kanada. Diterjunkan di perang Afghanistan, perang sipil Yaman, dan terbaru melawan ISIS. Memiliki berat 7.1kg dengan panjang 1,2 meter. Memiliki 5 peluru dalam satu magazine berukuran 0,338 Lapua Magnum

Senjata C14 Timberwolf  memiliki jarak efektif sampai 1,5km. Di tangan ahli, senjata ini memiliki jarak tembak lebih jauh dari spesifikasi.

McMillan Tac-50 (Gambar 3)
Sniper jarak jauh / Long Range Sniper Weapon (LRSW). Juga digunakan pasukan beberapa negara utama Amerika dan negara lain Kanada serta Filipina, Turki, Perancis dan lainnya.

Masuk servis sejak tahun 2000 sampai sekarang. Memiliki berat 11,8kg dengan panjang 1,4 meter. Pengisian manual, dengan jarak efektif 1,8km. Diterjunkan dalam perang Afghanistan


M107 (Gambar 4)
Salah satu tipe sniper dengan peluru 50BMG.  Jarak efektif mencapai 1,8km, dengan 10 peluru satu magazine.

Model awal M82 digunakan militer Amerika Serikat dan terbaru M107.



Beberapa negara yang mengunakan termasuk Indonesia.untuk tipe M82 yang diberikan khusus untuk pasukan elit. Sedangkan Amerika memiliki model M107, digunakan untuk menembak boat penyeludupan  kecepatan tinggi, dan kepolisian New York.


Rekor sniper terjauh
Dipecahkan tahun 2017 oleh pasukan elite Kanada. Menembak tepat prajurit ISIS dengan jarak 3450 meter, dan peluru memerlukan perjalanan 10 detik ke target.

Mengunakan McMilan Tac-50 di perang sipil Irak.

Negara Kanada terlibat perang melawan ISIS sejak 2014

Dan mengirim 207 tentara untuk misi khusus.

Diperbantukan untuk pasukan penyelamat dan operasi penembak jitu. Kanada memiliki pasukan sniper kelas dunia dan 3 sniper telah masuk daftar sebagai penembak terjauh

Satu pasukan terdiri 2 atau 3 orang,seperti seorang yang menghitung kecepatan angin, meningkatkan gerakan turun peluru karena jarak target sangat jauh. Sebagai sniper, penembak harus berada di atas ketinggian.
Bahkan dengan jarak 3km, seorang pendamping harus menambahkan perhitungan lekukan bumi dan pengamat ketepatan tembakan.

Karena perubahan sudut bumi saja, dapat membuat lintasan peluru melenceng walau hanya bergeser dalam ukuran cm.

Posisi sniper menembak di tempat ketinggian

Tahun 2017 baru saja satu penembak ini memecahkan rekor dengan jarak tembak terjauh dan tepat sasaran. Pasukan elit tersebut diturunkan untuk meminimalkan korban, dibanding resiko menjatuhkan bom akan yang memakan korban sipil lebih banyak.

Data dan nama pasukan yang berhasil mencapai jarak tembak 3450 meter masih dirahasiakan. Sedangkan rekor tercatat secara independen, mengunakan camera video dan data lainnya.

Seorang sersan mantan pasukan elit SAS menembak tepat pemimpin senior IS di Suriah.
Sersan tersebut telah bertugas untuk memerangi teroris di Suriah dan Irak selama 3 bulan. Dan pernah bertugas di Afghanistan.

Mengunakan MCMillan TAC-50 mengincar senior IS yang baru kembali ke rumah aman mereka. Dan berada dekat perbatasan Suriah di sebuah kampung yang dikuasai IS. Pasukan tidak dapat menyerbu untuk menangkap kepala IS tersebut. Dan operasi sangat beresiko bagi pasukan militer di markas IS

SAS dikirim untuk menghilangkan pemimpin IS. Mereka berada pada jarak 1,5km dari target. Penembakan harus dilakukan di malam hari, karena siang hari akan membahayakan dengan pasukan yang akan memburu para sniper.
Menjelang sore hari, tim sniper menyadari untuk mengambil keputusan penembakan malam atau membatalkan misi. Sersan penembak jitu akhir memutuskan untuk melakukan misi, selesai dan pergi. Sesuai diskripsi intelijen, ketika sebuah mobil berhenti di sebuah rumah. Sniper SAS hanya memerlukan 15 detik untuk menenangkan diri sebelum menarik piju senjata dan target tepat sasaran.
Perhitungan matang tersebut dibantuan teknologi, dengan pengintaian camera inframerah. Tapi analis mengatakan, menempatkan sersan tersebut sebagai penembak terbaik saat ini. Alasannya kemungkinan target tepat dengan satu tembakan hanya 1 berbanding 1 juta.

Pemegang rekor sniper terjauh dipegang prajurit Inggris Craig Harrison di tahun 2008. Menembak anggota taliban dengan jarak 2.475 meter.


Rekor penembak terjauh pasukan elit sniper Kanada dipecahkan 2017

Sniper Indonesia
Diproduksi oleh Pindat dengan SPR-2. Kemampuan peluru dapat menembus kendaraan armor plat baja ketebalan 2cm pada jarak 1km. Jarak tembak efektif 2km dengan kecepatan peluru 900 meter perdetik.
Untuk mencapai jarak 2000 meter dibutuhkan waktu hampir 3 detik.
Berat SPR-2 sekitar 19,5kg, dengan panjang 1,7 meter, Mengunakan peluru BMG kaliber 12,7x99mm, dengan 5 peluru magazine
Disain terlihat mengambil dari Zastava Black Arrow M93 buatn Serbia dan Denel NTW-20 buatan Afrika Selatan.

SPR3 varian lain.
Mengunakan peluru standar Nato 7.62mm, dan efektif jarak 1-1,7km, tergantung jenis peluru yang digunakan. Bila mengunakan peluru AP Armor Piercing dapat menembus baja 2cm pada jarak 500m

5 persenjataan sniper yang digunakan pasukan Indonesia
M24 buatan Amerika digunakan oleh Kopassus dengan peluru 7.62x52mm.
AWM buatan Inggris digunakan Kopassus.
AW buatan Inggris
M82 buatan Amerika digunakan Kopassus.

Rusia tampilkan pesawat jet tempur Stealth seri SU 57 ke publik. Walau disain prototipe, jet SU 57 sudah tampil di Suriah, terlihat seperti di uji coba menghadapi F-22 Amerika. Disana estalasi peralatan perang modern.

Ini dia tampilan pesawat Stealth Cina J-20, gambarnya benar benar bersih dan jelas. 2 foto pesawat tertangkap satelit. Mesin WS-10 mungkin dikembangkan China sendiri. Tetapi pesawat tidak mampu mencapai kecepatan supersonik

Pasukan khusus Amerika ada di 135 negara, jumlahnya mencapai ribuan pasukan. Tapi dengan keahlian khusus, kekuatan mereka sangat besar. Menjadi ujung tombak dari pertempuran yang belum terjadi, bahkan tidak terjadi.



Kematian dari langit momok menakutkan di era perang dingin. Rusia, Amerika membangun rudal balistik antar benua. Seperti apa kedatangan rudal nuklir tersebut sebelum jatuh ke sasaran.  Mengapa rudal  balistik sulit ditangkal.

Disebut Monster Machine diesel. Mesin ini menjadi mesin diesel terbesar di dunia. Sebuah kapal raksasa pengangkut kontainer Emma Mærsk memiliki panjang 400 meter lebih, dengan total berat 170 ribu ton digerakan oleh mesin Wartsila-Sulzer 14RT-Flex96

Anda punya masalah dengan orang diluar, atau ingin berjaga jaga. Ini ide menarik dari pembuatnya, harganya hanya 55 dollar. Besar kemungkinan yang mencoba iseng dengan anda akan berpikir dua kali.

Senjata mesin General Electric M-134 atau senjata mesin mini memiliki tembakan 90 peluru hanya 1,25 detik. Amunisi dibuat oleh German DAG untuk menembak jarak dekat.



Polisi Moskow sedang melakukan pemeriksaan atas laporan ambulan yang memiliki interior mewah di dalamnya. Ambulan tersebut dilengkapi serine dan disewakan bagi penumpang VIP. Harga sewa perjam $200. Kenapa harus ambulan dijadikan taksi.

Pesawat tempur Qaher F 313 diperlihatkan di media TV Iran. Kabarnya pesawat ini tidak bisa terditeksi oleh radar. Memiliki 1 tempat duduk, dan bisa terbang rendah, sekaligus memiliki material berteknologi tinggi untuk meredam radar.

Bukan animasi, tampil di Korea dalam latihan perang. Anda pernah melihat pesawat tempur dalam jumlah besar. Bagaimana kalau sedang siap lepas landas.

Departemen energy Amerika akan menghancurkan bom nuklir terakhir yang disebut "monster weapon. Tipe B53 Nuclear Warhead memiliki kekuatan setara 9 megaton atau setara 750x bom atom yang diberikan ke kota Hiroshima.

Video di Youtube tentang monyet bisa menembak setelah seorang tentara Afrika memberikan AK47. Akhirnya para tentara kocar kacir, tidak menyangka si monyet ternyata bisa mengunakan senjata. Setidaknya video ini sudah ditonton sebanyak 2.6 juta kali


No popular articles found.