Jepang sukses luncurkan roket Epsilon, paket hemat ala Sakura


Kategori : News | Date : 16 September 2013
Perusahaan antariksai Jaxa asal Jepang berhasil meluncurkan roket Epsilon. Membawa sebuah teleskop Sprint-A untuk observasi planet. Jaxa hanya membutuhkan biaya $37 juta. Dibanding biaya roket generasi sebelumnya yang lebih mahal sampai 2x lipat. Bagaimana biaya roket dari Amerika.

Bila diluncurkan oleh NASA, rata rata membutuhkan biaya satu roket sebesar $450 juta. Roket Epsilon berhasil menempatkan teleskop Sprint-A di ketinggian 1000km diatas permukaan bumi. Generasi roket sebelumnya adalah Epsilon M-5, sebenarnya lebih besar dari Epsilon yang sekarang. Tetapi dipensiunkan tahun 2006, karena biayanya relatif mahal. Menurut Jaxa teknologi Epsilon yang sekarang lebih murah untuk pembuatan dan biaya peluncuran.

Karena teknologi kecerdasan buatan, roket ini hanya memerlukan 8 orang di lokasi peluncuran. Sedangkan roket Epsilon M-5 memerlukan 150 orang.

Berita terkait
Tahun 1996 teleskop Hubble diminta untuk mengarahkan ke satu arah yang kosong. Ruang kosong tersebut ukurannya sangat kecil, apa benar disana memang kosong. Film terbaru dengan penemuan teleskop Hubble. Yang dilihat kosong di ruang angkasa ternyata ada isinya.

Orang sangat kaya memiliki hobi unik. Tapi beberapa orang memiliki ide berbeda bahkan belum berani dilakukan oleh orang kaya lainnya. Beberapa orang sangat kaya ini mau memberikan uangnya untuk proyek besar. Seperti peluncuran roket, penerbangan ke ruang angkasa swasta dan lainnya



Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang International Space Station atau ISS. Stasiun ruang angkasa ini pertama diluncurkan tahun 1998. Sekarang sudah sedemikian besarnya bahkan bisa diabadikan dari bumi.

Berapa kecepatan alat transportasi yang dibuat manusia. Sejauh ini tercatat pesawat ruang angkasa paling cepat. Apollo 10 menjadi kendaraan paling cepat yang pernah tercatat dengan kecepatan terbang 32 mach. Nomor 2 dari Space Shuttle atau pesawat ulang alik tahun 1981.

Bila malam hari sebuah kota mati lampu, apa yang akan kita lihat. Langit tidak kosong, tapi tidak pernah kita bayangkan seperti apa. Tata surya termasuk Bumi , Matahari dan Jupiter, dan tata surya adalah bagian sangat kecil dari Bimasakti atau disebut juga Milky Way.

Sebuah team dioperasikan oleh pasukan Air Force ke 20 Space Control dan dibuat oleh Lockheed Martin, Northrop dan Raytheon. Pekerjaan pasukan ini memantau semua satelit yang ada di atas orbit, termasuk stasiun ruang angkasa international sampai teleskop Huble.




No popular articles found.