Gedung tertinggi Kingdom Tower 1km mulai dibangun berganti nama Jeddah Tower


News | 30 November 2015

Update

Penanaman pondasi gedung ini mencapai 100 meter, dan ketinggian gedung akan mencapai 1km ke atas atau tepatnya 999 meter. Proyek gedung tertinggi ini akan dimulai 27 April 2014.  Menelan biaya 1.2 miliar dollar untuk konstruksi sampai selesai.

Bila selesai gedung tersbeut akan menjadi tempat observatorium tertinggi di dunia. Perusahaan yang menangani dari EC Harris & Mace, perancangnya dari arsitek Adrian Smith + Gordon Gill.

Pemerintah Arab Saudi telah menandatangani perjanjian $2.2 miliar dengan Saudi Arabia Alinma. Dana tersebut digunakan untuk tahap pertama dari proyek Jeddah Economic City.

November 2015
Ketinggian gedung sudah mencapai 26 lantai dari total 200 lantai yang akan dibangun. Gedung Jeddah Tower memiliki luas sekitar 9 kali lapangan bola. Gedung akan diisi untuk hotel kelas atas, kantor, apartemen, kondo dan tempat observasi.

Masih ada pertanyaan lain, berapa jumlah elevator atau lift di gedung tertinggi nantinya. Kabarnya gedung tersebut memiliki 59 elevator, 54 single deck dan 5 double deck elevator. Satu elevator paling cepat kecepatan untuk ke ruang observatorium untuk naik 10m perdetik. Mengingat teknologi elevator saat ini hanya mampu menarik kabel dari bawah keatas sampai 600 meter. Apakah tidak berdampak bagi penumpang yang naik lift dengan kecepatan tersebut. Pastinya dibutukan elevator khusus untuk para wisatawan naik ke tingkat teratas.

Diawal pembangunan, berdiri di Jeddah Arab Saudi sedang diuji coba bagaimana membawa semen basah sampai ketinggian 1km. Banyak tantangan teknis untuk membangun gedung tinggi ini. Teknologi lift, teknik mengirim semen ke atas, dan pondasi pembangunan. Kebutuhan konstruksi Jeddah Tower membutuhkan 80 ribu ton baja dan 1 juta meter kubik beton

Bicara dibawah. Pondasi gedung akan ditanam sedalam 70 meter lebih. Dan harus tahan terhadap air laut yang masuk ke dalam tanah dimana pondasi berada. Perusahaan konstruksi ACTS sudah menguji kekuatan beton dengan berbagai campuran. Itu masih rahasia mereka termasuk komponen baja yang dipakai.

Jeddah Tower

Bicara konstruksi bagian atas. Setiap lantai harus di semen, dan semen harus di pompa dari bawah keatas. Karena di Timur Tengah memiliki suhu panas, pengecoran konstruksi gedung tinggi disana baru dikerjakan pada malam hari. Mengunakan tabung bertekanan, dinaikan dengan ukuran pipa 6 inch. Gravitasi salah satu masalah untuk membawa semen ke ketinggian gedung.

Ketika gedung Burj dibangun, menjadi salah satu rekor teknologi tercatat untuk insinyur disana. Tim Samsung Engineering mampu memompa semen basah sebanyak 6 juta kubik melalui mesin pompa dengan tabung tunggal. Mesin pompa khusus dikembangkan oleh perusahaan Jerman Putzmeister.

Saudi Bin Ladin Group (SBG) (Februari 2014) masih mengevaluasi kemampuan kontraktor ACTS dengan kemampuan mereka. Dan memastikan apakah proyek ini dapat dibangun dengan baik. 

Berita Agustus 2011

Jeddah Tower

April 2015

Update daftar gedung tertinggi di dunia. Pada tahun 1855 sampai 1990an, gedung tertinggi di dunia lebih banyak dibangun di Amerika. Terakhir Amerika selesai membangun One World Trade sampai ketinggian 500 meter dan hanya 2/3 dari tinggi gedung Burj Khalifa. Sekarang tidak hanya gedung di Amerika, sebagian ada di Asia seperti China, Malaysia, Taiwan, dan gedung tertinggi di dunia tetap dipegang negara di Timur Tengah.

Pada tahun 1930 gedung tertinggi hanya mencapai 30 lantai, sekarang menuju 170 lantai lebih.

Jeddah Tower


Berita terkait
Gedung tertinggi di dunia Burj Khalifa ternyata memiliki rahasia kecil. Ada bagian yang tidak bisa di tinggali oleh manusia. Tujuannya hanya untuk memecahkan rekor saja, sedangkan bagian yang bisa dihuni hanya dibagian bawah. Berapa tinggi rencana manusia membuat gedung bertingkat terbesar, diatas kertas mencapai 2400 meter

Seperti kota terapung muncul di langit negara china. Penduduk disana mengatakan telah melihat munculnya kota mengambang di atas langit, seperti fatomorgana muncul beberapa gedung sangat besar di awan di Jiangxi dan Foshan. Penampakan tersebut dipercaya sebagai supernatural. Bahkan kota yang tertangkap camera tersebut layaknya muncul Skyline atau gedung yang menembus langit.



Cerita menarik tentang burung elang yang tinggal di observasi Cebrebros Spanyol. Disana terdapat antena badan antariksa Eropa. Seekor burung elang betina dinamai Nella mampu terbang dengan kecepatan 300km perjam untuk berburu. Mengapa burung tersebut tinggal disana.

Shanghai Tower akan menjadi gedung tertinggi ke 2 di dunia. Sekarang pembangunan sudah selesai, gedung tersebut mengunakan sistem konstruksi pendulum. Berfungsi untuk menyeimbangkan gedung agar penguni tidak mabuk di ketinggian

Sebuah perusahaan konstruksi di China mampu membangun gedung dengan 3 lantai setiap hari. Berita beberapa tahun sebelumnya sudah dibuktikan, membangun gedung bertingkat dengan teknologi modern akan jauh lebih singkat.

Menara kembar tertinggi di dunia dirancang oleh perusahaan arsitek Chetwood. Menara kembar tersebut akan dibangun di Wuhan Tiongkok tengah, ukurannya lebih besar dari Burj di Arab Saudi dan menjadi menara kembar paling tinggi di dunia.

Judulnya sudah jelas, 2 orang gila ini naik ke puncak gedung tertinggi kedua di dunia yaitu Shanghai Tower. Tingginya 650meter, keduanya tampak tidak memiliki rasa takut atau vertigo di ketinggian. Masalahnya keduanya naik tanpa ijin dan tanpa pengaman.



2 pekerja ini ditugaskan menganti lampu di satu tower yang tingginya 500 meter dari permukaan tanah. Sudah dua pertiga dari ketinggian gedung Burj Khalifa

Disainer SOM atau Skidmore, Owings & Mills baru saja memperlihatkan disain gedung perusahaan Pertamina. Rancangan gedung diminta di bagian kerucut seperti terbuka. Jadwalnya gedung ini akan selesai tahun 2020 dan menjadi gedung tertinggi di Indonesia

Berapa tinggi elevator di kantor atau sebuah gedung membawa anda. Saat ini paling tinggi hanya 500 meter keatas. Setelah itu harus berganti lift untuk keatas. Kone membuat lift dapat naik melewati 500 meter

Fotographer Gerald Donovan mampir ke gedung tertinggi di dunia Burj Khalifa. Mendapatkan kesempatan melihat badai debu di kota dan merekamnya dengan camera




No popular articles found.
< /body>