Mobil listrik BYD 36 untuk Biotaxis mulai di uji coba di kota Bogota, taksi listrik loh


Green | 10 September 2013

Kota Bogota mulai mencoba taksi listrik untuk proyek Biotaxis. Ada 5 taksi baru penganti taksi dengan tenaga listrik. Kota Bogota memesan dari pabrik kendaraan BYD China , salah satu produsen mobil listrik termasuk kendaraan bus dengan power baterai.

Alasan pengunaan taksi listrik di kota ini selain tidak membuat polusi di jalan. Biaya operasi kendaraan lebih murah dibanding kendaraan dengan bahan bakar biasa. BYD sebagai perusahaan pembuat kendaraan membuat kendaraan e6 sebagai taksi disana. Disain kendaraan dengan 5 penumpang mengunakan baterai iron phospate. Cukup mengisi baterai 2 jam saja. Jarak tempuh kendaraan mencapai 300km. Taksi akan dioperasikan selama 24 jam, dipotong waktu pengisian baterai. Selain taksi, Bogota memiliki kendaraan listrik lain dari Zero Motorcycles. Digunakan kepolisian untuk patroli.

Apa saja dukungan dari pemerintah Bogota dengan kendaraan ramah lingkungan. Menurut BYD, pajak disana akan dipangkas dari 15% menjadi 5% untuk kendaraan impor bus , truk, mobil dengan teknologi hibrida. Tapi yang paling menarik untuk kendaraan listrik. Tidak dikenakan pajak impor. Termasuk bus, kendaraan pribadi, taksi yang mengunakan power murni dari baterai.
Mengapa kendaraan listrik penting. Kendaran listrik memiliki biaya operasi lebih murah, tidak menimbulkan polusi di jalan raya, dan teknologi sekarang mampu mengisi baterai kendaraan listrik lebih cepat.


Berita terkait
Rimac Greyp G12 memiliki kecepatan sekitar 65km perjam, mampu menjelajah sampai 120km dengan power baterai. Disainnya seperti motor, tapi memiliki pedal seperti sepeda. Waktu pengisian baterai juga baik, hanya butuh 80 menit saja dari kondisi kosong sampai penuh.

KIA Soul EV sebuah mobil listrik buatan Korea akan memiliki bunyi berbeda dibanding mobil listrik lainnya. Kendaran KIA Soul EV akan mengunakan bunyi mesin palsu. Fungsinya untuk memberikan peringatan bila kendaraan berjalan lambat dekat pemukiman atau di dekat pejalan kaki.



Kota Hong Kong sudah memiliki bus listrik, dibuat dari pabrik BYD. KMB sebagai operator bus mengunakan bus berukuran 12 meter. Mampu membawa 66 penumpang, dengan kecepatan maksimum 70km perjam

Mobil listrik kecil Biro memiliki baterai removable, dan dapat dilepas lalu dibawa kedalam rumah. Mengunakan baterai 48V untuk pengerak roda belakang, kecepatan kendaraan ini mencapai 48km perjam. Baterai mengunakan bahan Lihtium Maxi yang dapat dilepas pasang.

Terra motors menyiapkan motor listrik Terra A4000i  dengan harga lebih terjangkau. Terra akan memproduksi motor listrik tersebut secara masal. Terra A4000i tidak memiliki dashboard seperti petunjuk kecepatan dan baterai. Tapi digantikan dengan display dari smartphone.

Twizy model pertama sudah ditampilkan tahun 2009, beberapa model untuk pemadam kebakaran atau tim ferari. Yang baru ini disebut Renault Twizy Cargo, bagian belakang di modifikasi untuk membawa barang.

Mobil listrik Honda Fit EV disewakan dengan tarif $259 perbulan. Turun dari harga awal $389 perbulan dan menjadi penyewaan kendaraan paling murah.



EC7-EV akan dibuat 2 versi, untuk jarak menengah dan jauh. Untuk menegah saja mampu berjalan 165km, sedangkan versi Long mencapai 256KM. Top speed kendaraan mencapai 200km perjam.

Produk menarik tentang mobil segala medan dengan tenaga listrik. SRI EV1  menjadi mobil listrik pertama di Baja race. Kali ini mesin hanya mendesing tanpa knalpot.

Hanya satu tempat duduk, pengisian baterai 3 jam.

Inspirasi dari GrandPrix racer tahun 60 an. Dibuat oleh perusahaan asal Barcelona, memperbaharui disain motor tua Ossa Monocoque.




No popular articles found.
< /body>