Foto Alan Brock sebagai fotographer astronomi dan modal Canon 7D


Kategori : Digital | Date : 7 September 2013
Alan Brock hanya bermodalkan camera Canon 7D dengan teleskop di rumahnya. Tampi mampu mengabadikan beberapa foto sekelas teleskop besar. Salah satunya objek galaksi Andromeda dan Nebula Orion.

Alan Brock mengatakan biaya foto dari belakang rumah ini tidak murah. Setidaknya anda butuh peralatan $1500 minimum. Jangan berhemat, gunakan refraktor 80mm untuk double atau triplet. Satu teleskop Orion memang murah, hanya $400, tapi butuh peralatan tambahan lain bila objek yang di incar lebih jauh dan lebih gelap. Atau membutuhkan mounting , kontrol embun, sumber listrik portabel, filter, remote shutter dan total tambahan $1200. Belum lagi anda harus memiliki camera dan sebuah notebook. Aduh ternyata angka dalam $ tersebut baru peralatan untuk teleskop dan camera. Belum termasuk camera dan notebooknya.



Sementara orang lain hanya melihat titik titik kecil bintang di langit, berbeda dengan apa yang diamati oleh Alan dari teropong dirumahnya. Alan mengatakan dia belajar dan membangun peralatan selama 3 tahun, baru mendapatkan pengetahuan seperti ini.
Andromeda, Pleiades, Nebula Orion dan galaksi di Trio Leo



Alan menceritakan bagaimana dia mengambil galaksi atau nebula. Dia mengambil dengan jedah 2 menit exposure dari 102 gambar untuk Nebula. Dan 40 gambar dengan exposure 15 detik untuk galaksi. Untuk menghilangkan efek cahaya kota yang memantul ke langit, dia mengunakan filter Pollution dan teleskop yang dipakai Orion 80mm EON f/5.25 refractor.
Dari foto yang diambil, dia mengunakan stacker software atau mengabungkan kumpulan objek foto yang diambil ke dalam satu gambar. Software tersebut Deep Sky Stacker lalu di edit kembali ke Photoshop.

Jadi gambar diatas bukan sekali jepret saja, bisa puluhan bahkan ratusan kali jepret selama beberapa jam. Dan di edit kembali ke software computer.

Dua fotografer Jake Scott-Gardner dan Joanna Scott mengambarkan dirinya sebagai Astrofotografi. Dan fotonya memang membuat geleng kepala, garis galaksi dibuat begitu sempurna.

Galaksi terbesar di alam semestaSeratus juta galaksi yang terditeksi oleh manusia, galaksi apa yang terbesar yang pernah ditemukan. Disebut galaksi IC 1101, diperkirakan memiliki bentuk eliptikal. Jaraknya dari bumi 1 milyar tahun cahaya, memang jauh sekali tapi ukurannya sangat besar.



Seorang produser senior untuk WWF sedang berada di Kenya. Dia bersama kru film melakukan pekerjaan dalam dokumentasi badak. Ketika pergi ke Maasai Mara taman nasional Nairobi, dia mengabadikan Greg fotografer yang salah mengambil gambar

Victoria Secret sedang diomel oleh pembaca, karena photoshop gagal tampil di Timeline Facebook. Pantat tidak sempurna dan tangan salah edit membuat komentar kurang baik bagi Victoria Secret di halaman Facebook mereka

Idenya asik. Bagaimana seorang musisi bisa tampil di satu foto dengan foto cloning. Bukan satu atau 5 cloning foto dirinya sendiri. tapi puluhan orang yang seakan sedang memainkan musik bersama. Alexander adalah seorang musisi dari Oslo Philharmonic Orchestra. Dan dia suka fotografi.

Elena Shumilova fotografer asal Rusia membuat foto untuk anak anaknya. Tapi karyanya memang indah. Dia membuat foto anak anak dengan binatang kesayangan. Karyanya dibuat ketika bermain bersama anak anaknya. Update - hasil fotonya sudah 60 juta kali dilihat

Setidaknya 4 pesawat TNI AU pada tanggal 5,6,7 April 2015 melintas di Jakarta. Terbagi dengan 2 pesawat terbang beriringan secara terpisah. Melintas cukup rendah di daerah Jakarta Selatan pada jam 10:32 pagi

Galaksi Pinwheel atau M101 tidak dapat dilihat langsung dari bumi. Galaksi ini bisa di foto dengan camera digital dengan teknik khusus. Karena jaraknya 21 juta tahun cahaya dan tingkat cahaya berada di 7,86 magnitude. Tapi berhasil diambil oleh fotographer John Purvis.



Lorenzo adalah seorang stargazer atau pemburu foto bintang. Dia berhasil mengabadikan galaksi Andromeda di sebuah desa kecil di gunung Apennine Italia. Foto yang tidak biasa bahkan sekelas teleskop Hubble.

Garing bener si Ben Von Wong dikerjain tim Digital Rev. Diminta membuat foto dengan kecepatan tinggi. Sudah dibawa camera lengkap ternyata diminta mengambil dengan camera pocket

Astronom Nick Risinger sudah 28 tahun mengeluti bidang foto astronomi. Kali ini dia membuat foto sangat lebar, objeknya galaksi Bima Sakti. Bukan satu foto panorama, tapi detil gambar di foto. Bila di Zoom fotonya memang sangat dalam

Ceritanya ada satu fotographer ingin menceritakan sebuah lensa Canon 24-70mm f.2.8 IIL, tujuannya untuk mereview. Harga lensa tersebut $2.300. Lagi asik di demonstrasikan cara memasang, lensanya melejit

Astronomi Chat Powell mengambil foto ini, posisi galaksi Milky Way di Isle of Wight Inggris. Disana memiliki posisi sangat baik karena polusi cahaya sangat minim. Powerl mengatakan ke io9, dia mengunakan camera Canon 6D dengan 9 foto.

Fotographer Miloslav Druckmuller mendapatkan foto 2 galaksi di malam hari. Mengabungkan 13 foto untuk meningkatkan citra gambar. Akhirnya terbentuk 2 objek seperti awan, tapi bentuk tersebut adalah galaksi lain setelah Bimasakti.

Justin Ng masih memiliki foto pemandangan alam di Bromo yang menampilkan sisi dari galaksi. Justin bisa mengabadikan galaksi Bimasakti, awan Megallanic dan satu bintang Canopus. Itu di Bromo loh, dan fotonya masuk di website Space.com. Tidak mengunakan teropong, hanya camera saja

Astronot pergi ke bulan , untuk berhubungan dengan radio terjadi keterlambatan 1.5 detik. Bagaimana bila berkomunikasi dari Saturnus ke Bumi. Bagaimana bila lebih jauh lagi. Mungkin manusia yang jauh disana masih bisa melihat dinosaurus ke bumi. Melihat ruang angkasa sama seperti melihat waktu, mengapa berbeda. Diterangkan secara ilmiah



Diawali dari tata surya dengan keberadaan di bumi. Semua terlihat serasi dan berputar pada tempatnya. Menurut ahli astronom, diluar sana berbeda. Dikatakan kacau bahkan saling menghancurkan.

Bila malam hari sebuah kota mati lampu, apa yang akan kita lihat. Langit tidak kosong, tapi tidak pernah kita bayangkan seperti apa. Tata surya termasuk Bumi , Matahari dan Jupiter, dan tata surya adalah bagian sangat kecil dari Bimasakti atau disebut juga Milky Way.



No popular articles found.