SSD tidak perlu dilakukan defrag, karena berbeda kerjanya dengan harddisk.

SSD mengunakan sistem TRIM yang didukung Windows 7 atau Windows 8. Semakin sering SSD menulis (Write) data maka umurnya semakin pendek.

Khususnya bagian sel chip yang menyimpan bit data. Bagian yang sering ditulis akan menghitung mundur kematian sel chip sendiri.

Defrag SSD tidak berdampak sama sekali dengan kecepatan SSD. Mengingatkan kembali kepada anda. SSD tidak perlu di defrag.

Singkatnya perawatan SSD dibawah ini

  • Jangan percaya dengan aplikasi yang menawarkan defrag SSD. Bila anda mencoba melakukan defrag SSD, performanya tidak berbeda antara sesudah dan sebelumnya. Melakukan Defrag Space di SSD akan memperpendek umur Chip SSD. Termasuk aplikasi untuk defrag storage di smartphone.
  • SSD mengunakan perintah TRIM, sistem TRIM sudah di dukung oleh Windows 7 keatas. Memungkinan sistem OS mengirim informasi ke SSD bahwa data blok yang tidak digunakan dapat dihapus secara internal. Pada dasarnya mencegah SSD terlalu sering digunakan. Sama seperti komponen storage lain. Dan Trim yang diaktifkan dapat membantu umur pemakaian SSD, dan meningkatkan kinerja SSD.. Sedangkan harddisk menulis diatas piring dan sejalan waktu maka data akan semakin terpecah. Kelambatan terjadi ketika head harddisk mengambil data. Semakin tersebar maka data semakin lambat diambil dan ditulis..TRIM sebaiknya dimatikan dari OS Windows.
  • Umur pemakaian SSD tergantung berapa banyak proses penulisan (Write data). Semakin sering di defrag, maka SSD lebih banyak melakukan Write. Dan  umur SSD semakin menyusut.
  • Tempatkan SSD untuk kebutuhan akses paling cepat, seperti load program. Kecuali anda membutuhkan SSD untuk kecepatan proses, seperti video editing, photo atau browser. Memang tidak ada pilihan SSD harus lebih sering menulis data kedalam chip.
  • Sama seperti smartphone, data di dalam memory internal tidak perlu dilakukan defrag. Karena SSD dan memory storage adalah chip yang sama mengunakan komponen NAND Flash..
  • Tidak mengunakan space di SSD untuk temporary data seperti Swap File Windows yang intensif. Bila memiliki harddisk, akan lebih baik dipindah ke area harddisk.
  • Tidak perlu menghapus data, dan biarkan SSD sampai penuh sampai 75%. Karena kecepatan SSD tidak berpengaruh dengan sisa space, bahkan dapat memperpanjang umur SSD bila tidak sering melakukan Write data

Setting TRIM di SSD

TRIM dapat diaktifkan bila

OS yang digunakan adalah Windows 7 atau versi lebih tinggi
SSD TRIM diaktifkan dari firmware
BIOS/UEFI storage controller di set ke AHCI/SATA mode

Cek di Windows dengan memasukan perintah (Admin)

fsutil behavior query disabledeletenotify

Pesan yang muncul

DisableDeleteNotify = 1 (TRIM support disabled)

DisableDeleteNotify = 0 ( TRIM support enabled)

Mengaktifkan TRIM dengan perintah

fsutil behavior set disabledeletenotify 0

Kebalikan dengan 1 untuk disable TRIM

Berapa lama SSD dapat menyimpan data

Mengunakan harddisk, data akan aman.

Tapi pada kondisi tertentu data bisa terjadi corrupt. Tapi kondisi tersebut tidak terjadi di perangkat storage non mekanik seperti SSD.

SSD mengunakan media chip NAND Flash untuk menyimpan data. Tapi SSD tidak a100% man, faktor apa yang menganggu SSD.

Sebuah SSD yang menyimpan data dan kehilangan power dalam 1 minggu, walau dalam prakteknya data akan tetap ada. Sama saja data akan hilang. SSD tanpa power yang dimaksud adalah SSD yang menyimpan data lalu dilepas dari computer dan disimpan tanpa memberikan power selama penyimpanan.

SSD memiliki umur penyimpanan, membutuhkan sumber listrik yang konstan agar tidak kehilangan data yang disimpan di chip memory.

Ada sejumlah faktor ketika SSD mengalami gangguan power di dalam, yaitu suhu ruang penyimpanan dan standar material dari chip yang dipakai

Badan organisasi JEDEC telah mendefinisikan standar untuk masing masing industri microelectronic termasuk standar SSD. Salah satunya adalah daya tahan., ketika computer dimatikan maka SSD akan kehilangan power. Dan sisa power harus tersedia di dalam komponen unit SSD.

Disini ketidaktahuan penguna. Ketika SSD disimpan dan mengalami peningkatan 5 deg.C.  Maka periode retensi yang terjadi akan turun mencapai setengah dari standar yang ditentukan.

Misalnya SSD disimpan pada suhu 25 deg.C, dan di simpan pada suhu optimal dapat bertahan selama 2 tahun.
Bila suhu ruangan seperti 30 deg.C secara konstan, maka data di SSD akan bertahan disimpan selama 1 tahun.
Bila suhu mencapai 35 deg.C lebih , data di dalam SSD akan hilang bila melewati waktu 6 bulan.
Standar di kelas SSD Enterprise juga berubah drastis dan lebih singkat, hanya memiliki daya tahan 3 bulan.

Dari perusahaan yang menjual SSD menyatakan tidak menjamin data tetap ada di dalam SSD. Seperti pengiriman unit untuk servis, karena selama pengiriman, pada perangkat tidak terhubung ke power.

Bila ingin menyimpan data untuk jangka panjang, sebaiknya tidak mengunakan SSD dan pindahkan ke harddisk mekanik atau media lain.

Karena SSD yang dilepas tanpa power, walau SSD suda terproteksi, tetapi ada kemungkinan suatu saat akan kehilangan data di dalamnya.

Penguna SSD sekarang dapat mengerti berapa lama data mereka tetap aman di dalam SSD. Ketika SSD dicabut dan disimpan, usia data di dalamnya hanya mencapai 3 bulan sampai rentang 2 tahun. SSD bukan sebagai storage untuk penyimpanan dalam jangka waktu lama. Walau ada beberapa model yang dapat menyimpan data sampai 10 tahun (teori).