Lampu Flash Canon palsu model Canon 580 EX II dan Canon Speedlite 600EX-RT


Digital | 26 June 2015

Bisa anda lihat, mana yang asli. Kiri atau kanan. Keduanya mirip, sekilas hanya berbeda nyala dari lampu indikator LED dan text di panel LCD




Chris Petersen bekerja sebagai direktur seni di Shanghai menceritakan pengalamannya dengan barang palsu. Kebetulan dia membeli lampu flash Canon 580 EX II dan tidak lama bermasalah. Dia membawanya ke tempat servis Canon di Shanghai. Katanya 2 bulan dipakai, bahkan baru dipakai beberapa kali jepretan. Awalnya salah satu staf mencoba memeriksa, sudah ditukar baterai, sampai berkonsultasi dengan kepala service. Sampai datanglah seorang teknisi lebih ahli melihat ada masalah di lampu flash ini, ternyata palsu atau lampu flash KW.

Dia membeli di situs TaoBao, layanan toko online seperti eBay di China. Cara berbelanja di toko online sudah biasa, pertama harus mencari seller yang mendapat komentar bagus, jangan membeli produk terlalu murah, bicara dahulu ke penjual langsung. Akhirnya dicari ke salah satu penjual, harganya masuk akal.  Barang dipesan dan diantar, lalu diperiksa. Tapi tidak menjamin si penjual kali ini menjual barang asli

Bagaimana teknisi Canon memberikan informasi kalau produk tersebut palsu.
  • Nomor seri di camera palsu, nomor seri Canon tidak dimulai huruf. Selalu angka dahulu di depan
  • Logo Canon palsu dibuat kurang halus
  • Posisi lampu Flash palsu akan terlihat berbeda dari produk asli, walau sulit dibandingkan tanpa melihat produk aslinya. Kaca depan terlihat biru.
  • Lem karet penutup bodi plastik yang palsu seperti di lem biasa, sedangkan Canon asli solid menempel dibagian karet. Ketika ditanyakan ke teknisi tentang lem tersebut, langsung dia menyebut ini palsu
  • Lampu Flash palsu tidak bisa di konfigurasi dari camera.
Dibawah ini perbandingan lampu flash Canon palsu (kiri) dan lampu asli (kanan)



Lampu Flash 600EX-RT palsu (Juni 2015)
Dibawah ini lampu flash Canon Speedlite 600EX-RT, kiri asli dan kanan palsu. Untuk disain dari lampu flash Canon asli dan palsu terlihat susah dibedakan. Hanya memiliki ciri perbedaan antara posisi kunci lampi flash, dan tampilan LCD berbeda.

Lampu Flash Canon 600EX RT asli dan palsu

Berhati hati saja bila ingin memesan produk seperti ini via toko online di China. Salah salah yang seperti ini, mendapatkan produk KW.


Tetapi tidak semua penjual seperti ini, menurut pengalaman si pembeli diatas. Dia pernah membeli tripod, dan produknya memang murah dan asli. Hanya kali ini saja dia apes.

Berita terkait
Lensa Canon palsu 50mm f1.8, mirip tapi tidak identik karena bukan diproduksi Canon. Menurut data dari Canon, 18% pembeli produk Canon membeli barang palsu tanpa mereka sadari. Ciri produk palsu camera Canon seperti baterai dan charger bisa dikenali

Bryan Myhr berbagi informasi ketika mendapatkan SDcard palsu yang dibeli dari penjual tidak resmi. Memory SDcard terjadi corrupt, dan menurutnya hal tersebut agak jangkal. Bagaimana membedakan memory SDcard asli dan palsu, hanya satu cara dengan membandingkan dengan produk asli.



Disebut Rogue Safari Flash, bukan lampu flash tapi kaca yang meningkatkan cahaya dari lampu flash. Cocok untuk kalangan amatir dan bisa di pasang pada camera Canon dan Nikon SLR.

Dr Stanley Li pendiri situs online DXY.cn memberikan informasi tentang medis. Web yang dibuat untuk memerangi iklan obat palsu atau dikenal sebagai FMA. Banyak obat yang menawarkan pengobatan palsu di China dan menjadi masalah serius disana. Ini yang fatal.

Kali ini penipuan di eBay. Seorang pemilik barang menjual barangnya di eBay. Lalu penipu datang dengan mengatas namakan sebagai pembeli, dan menanyakan kondisi barang via email

Pabrikan di Cina mampu membuat sesuai pesanan, tetapi barang apa saja bisa ditiru. Bagaimana inovator menutup peluang agar barangnya tidak ditiru. Lebih baik membuat produk berkualitas disana dibanding memerangi barang yang ditiru.

Butuh power bank besar, atau sangat besar. Dengan power 24A (24.000mAh), hati hati jangan percaya bila ditawarkan dengan harga aneh. Seorang netter membeli power bank dengan kapasitas sangat besar tersebut.



Smartphone Xiaomi palsu meledak di kantong. Sempat diselidiki oleh staf Xiaomi  dan diketahui model tersebut palsu. Menurut Xiaomi , smartphone tersebut bukan produksi mereka atau model imitasi.

India sudah memperketat pengiriman obat, China sudah menangkap 1900 orang terkait pembuatan obat palsu.

Manual dicetak dengan printer, bingkai lensa lebih tebal. Pastinya produk palsu dan berbeda kualitas




No popular articles found.