Dunia penerbangan sekarang sudah sangat sibuk.

Telat artinya penumpang mengamuk, bila ada penumpang terlantar pasti masuk media televisi.

Di dunia penerbangan sangat mudah menjadi viral. Maklum ini dunia digital dimana setiap orang memegang camera.

Tapi ada yang tidak pernah diberitahukan kepada para penumpang seperti hal penting yang perlu diketahui oleh penumpang.

Intinya untuk keselamatan selama penerbangan. Sebagian kecil saja tentang dunia penerbangan dibawah ini

Apa yang tidak diceritakan oleh pilot pesawat.

  • Pilot penerbangan komersil saat ini mengalami tekanan untuk membawa bahan bakar tidak terlalu banyak. Bila kondisi tidak menentu misalnya jalur penerbangan mendadak terhalang daerah badai dan memerlukan bahan bakar lebih banyak. Maka pilot dapat mendaratkan pesawat ke airport terdekat bila kemungkinan bahan bakar pesawat menipis dan beresiko melanjutkan sampai ke airport tujuan..
  • Mengapa pesawat terkadang tertunda berangkat. Ada beberapa perusahaan penerbangan tidak memberikan kesempatan pilot pesawat untuk makan siang pada musim sibuk. Makanya pesawat terpaksa telat, agar si pilot masih sempat makan siang atau mendapatkan kesempatan makan. Tentu bukan di kabin pesawat.
  • Pilot berusaha tidak memberikan kabar buruk bagi penumpang. Khususnya mengatakan, maaf pesawat mengalami kegagalan mesin. Pasti akan banyak penumpang bisa kencing di celana. (pensiunan kapten American Airlines)
  • Sekarang pesawat di Amerika tidak boleh telat berangkat. Walau ada 20 penumpang yang terlambat karena harus transit, pasti ditinggal
  • Pengalaman sehebat apapun sang pilot, tidak bisa mendaratkan pesawat dengan mulus. Karena masih ada beberapa landasan terlalu pendek untuk mendarat.
  • Pilot di beberapa maskapai penerbangan harus bekerja selama 16 jam, melebihi batas waktu seorang supir yang mengemudikan truk di jalan. Sementara supir truk masih bisa mampir ke pinggir jalan untuk makan atau istitrahat.

Apa yang perlu di ketahui penumpang.

  • Pilot yang berpengalaman sekalipun bisa lupa. Khususnya ketika masuk ke airport dan menuju pesawat yang sedang diparkir. Walau mereka berseragam bukan berarti pilot adalah manusia sempurna. Maksudnya, pilot bisa saja nyasar, atau bingung karena tidak hafal dengan pintu bandara.
  • Keamanan penerbangan berbeda beda. Bila anda membeli tiket pesawat online, atau mencari tiket murah untuk penerbangan regional di Amerika. Bukan berarti anda mendapatkan layanan yang sama dengan layanan penerbangan besar yang lebih mahal. Pilot penerbangan besar dilatih dalam waktu lama, sedangkan di perusahaan penerbangan kecil tidak. Seorang pilot tidak diharuskan memiliki pengalaman dan standar keselamatan, bahkan mengunakan standar pengalaman jam terbang tertentu
  • Ketika pesawat mendarat maka anda akan merasakan pesawat bisa mendarat dengan mulus dan tanpa guncangan. Itu pilot yang trampil dan berpengalaman. Di luar negeri, penumpang akan bertepuk tangan dengan keahlian sang pilot mendaratkan pesawat. Bila bertemu kepada pilot, katakan tadi mendaratnya indah. Pilot akan menghargai ucapan anda.
  • Pesawat sebenarnya bisa lebih cepat. Bila perjalanan dilakukan selama 2 jam, pesawat dapat terbang lebih singkat sekitar 1 jam 45 menit atau lebih cepat.  Tapi itu kebijaksaan dari perusahaan penerbangan sedikit lebih lambat, agar jadwalnya tepat waktu dan sama seperti yang mereka umumkan.

Apa yang tidak diceritakan oleh perusahaan penerbangan (perusahaan luar negeri)

  • Bahan bakar, pesawat tidak harus membawa bahan bakar berlebih karena lebih berat. Bila mengalami cuaca buruk, pilot akan memilih melakukan pendaratan darurat.
  • Jangan tunda mengklaim kehilangan bagasi. Bila menunda maka klaim anda akan ditolak oleh perusahaan penerbangan.
  • Pesawat Boeing 777, bagian kursi sekarang lebih kecil 1 inci dari model sebelumnya. Agar penerbangan dapat memuat penumpang lebih banyak
Kode penerbangan dari pilot, awak kabin
Flight attendants, doors to arrival and crosscheck. Artinya petugas penerbangan, sampai pintu kedatangan dan crosscheck. Informasi ini diberikan oleh pramugara ketika pesawat mendarat dan akan tiba di pintu gate. Memastikan sistem pengamanan sudah dilepas dan seluncur di bagian pintu tidak ikut terbuka.

All Call. Seperti kode diatas. Bagian pintu sudah diperiksa untuk produser terkunci atau tidak terkunci.

Holding pattern. Istilah keadaan cuaca atau penundaan lalu lintas udara.

Flight Level. Biasanya disebutkan dalam angka, misalnya 330 adalah ketinggian pesawat sedang di 33.000 kaki.



Last minute paperwork. Istilah pilot sedang melakukan pemeriksaan dokumen penerbangan di menit terakhir. Dari penundaan keberangkatan, beban pesawat dan merubah rute.

Ground Stop. Tambahan kata ini diartikan rute penerbangan dibatasi lalu lintas udara, biasanya terjadi Backlog lalu lintas pesawat.

Air Pocket. Istilah sehari hari kepada awak pesawat adanya turbulensi.

First Officer. Sementara co-pilot ikut membantu yang menangani pesawat.

Final approach. “Ladies and gentlemen, we are now on our final approach into Bali.”Diartikan pesawat sudah lurus ke landasan dan tinggal mendarat. Tidak perlu melakukan putaran ulang untuk manuver.

Area of Weather. Artinya ada cuaca buruk.

Angin membuat pesawat lebih cepat kecepatan supersonic

Ketika pesawat terbang jarak jauh, dan arah angin tepat datang dari belakang pesawat. Pesawat komersil akan terbang dengan kecepatan supersonic.

Dapat mencapai 800 mil perjam. Randal Miles mengalami hal tersebut, ketika dia terbang dari Los Angeles ke Paris dan terbangun. Lalu melihat layar TV di pesawat, ternyata pesawat yang ditumpangi Norwegia terbang dengan kecepatan 770 mil perjam. 200 mil lebih cepat dari pesawat biasa.

Boeing 787 Norwegia pada rute yang sama juga mengalami kecepatan 779 mil perjam. Karena dorongan angin di atas mencapai 224 mil perjam.

Keesokan hari, pesawat Norwegia lain akhirnya menembus kecepatan supersonik. Boeing 787-9 Dreamliner berangkat dari bandara New York JFK, ke Gatwick London. Hanya 5 jam 13 menit. Mengalahkan kecepatan pesawat British Airways tahun 2015 dan 3 menit lebih cepat. Dibanding kecepatan pesawat Concorde 2 jam 53 menit.

Rata rata kecepatan jet komersil di Transatlantik sekitar 570 mil perjam, dan terdorong oleh arus jet angin sehingga mencapai kecepatan lebih dari 700 mil perjam.

Perusahaan penerbangan telah lama memanfaatkan arus angin dari transatlantik untuk menghemat waktu dan bahan bakar saat terbang ke Eropa dan Ameria.

Maskapai melihat perkiraan angin dan memilih rute pesawat yang disebut North Atlantic Tracks.

Ketika pesawat menembus kecepatan suara, efek sonicboom tidak terjadi. Karena dorongan angin yang membuat pesawat lebih cepat dan tidak menganggu tekanan udara di sekitar pesawat.



Walau pesawat dapat terbang lebih cepat, efek turbulensi dapat meningkat. Dan pilot harus menghindari pesawat berada di atas awan yang berbahaya.

Data dibawah ini tracker dari pesawat yang lebih cepat tiba di Inggris, setidaknya 30 menit lebih cepat.

Data kedua menunjukan banyak pesawat memanfaatkan dorongan angin dari arah Amerika ke Eropa untuk menghemat bahan bakar.


Pesawat komersil dapat menembus kecepatan supersonik

Dibawah arus angin yang mendorong pesawat lebih cepat tanggal 26 Januari 2018.

Pesawat 
komersil
 dapat menembus kecepatan supersonik


Manfaat ventilasi pendingin di pesawat dapat melindungi penumpang

Mungkin kita takut dengan AC pesawat karena terlalu dingin. Tapi AC atau ventilasi udara yang ada di atas tempat duduk memiliki manfaat tersendiri.

Sistem ventilasi udara pesawat memiliki peralatan pembersih yang disebut filter HEPA (High Efficiency Particulate Air). Membersihkan debu, dan mikroba yang masuk kembali di ruang kabin pesawat.

Jumlah ventilasi tergantung tipe pesawat, namun udara disirkulasikan antara 15-30 kali setiap jam.

50% udara dari ruang kabin kembali di sirkulasi, dan sisanya 50% masuk ke ruang filter pembersih kata Dr. Mark Gendreau direktur medis obat darurat di Lahey Medical Center..Seorang ahli yang mengetahui penyebaran penyakit menular terkait perjalanan di pesawat.

Separuh udara dingin akan masuk ke bagian mesin pesawat dan keluar lebih panas. Udara panas dibutuhkan karena suhu di atas menjadi lebih dingin. Udara dikembalikan ke ruang kabin bersama separuh udara yang telah dibersihkan.

Peralatan HEPA dapat membersihkan 99% debu dan mikroba di udara. Bagaimana dengan virus atau flu serta infeksi pernapasan. Virus memiliki bobot lebih berat, dan akan jatuh ke lantai pesawat lebih cepat dan tertarik oleh penyaring.

Filter HEPA mampu menghilangkan 99,7% partikel. Bahkan teknologi baru dapat menghancurkan 100% bakteri dan virus.

Udara akan disaring dan di daur ulang dengan udara segar. Bagian HEPA ditempatkan dalam beberapa segmen, antara 3 sampai paling jauh sampai 7 baris bangku sebagai ruang inlet dan disedot ke mesin filter HEPA. Tekanan udara yang keluar diatur untuk memberikan tekanan konstan pada kabin pesawat.

Bila kita mengatakan udara dari penumpang bercampur dan menyebarkan penyakit ke seluruh ruang pesawat. Sebenarnya udara yang keluar dari ventilasi AC sudah di saring. Penyebaran udara hanya berada di 2 sampai 5 baris dari tempat duduk anda. Jadi bila di kursi belakang anda terkena flu atau batuk. Sementara anda duduk di bangku depan, maka dipastikan anda tidak akan terkena flu atau batuk.

Ventilasi seperti tabir pelindung di tempat duduk penumpang dan berada tepat diatas lubang AC..

Kecuali aliran udara terlalu dingin yang menganggu kita, kita dapat mengecilkan aliran udara yang turun tersebut.

udara di pesawat mencegah penyakit dan debu seperti tirai
pelindung di tempat duduk

Meminta smartphone dimatikan total, matikan

Bila pramugari atau pilot meminta mematikan telepon selular secara total. Matikan. Bukan ke mode Flight Mode On atau Airplane On. Tapi dimatikan total



Sinyal frekuensi dapat mengacaukan sistem navitasi penerbangan, sejak perangkat berkomunikasi dengan beberapa menara sekaligus. Bukankah dengan Airplane Mode On dirancang untuk mengisolasi sinyal tersebut, termasuk GPS dan Bluetooth.

FAA mengatur dalam kondisi tertentu dimana cuaca buruk, sinyal ponsel dapat menganggu fungsi autopilot pesawat dan ini berdampak dengan sistem pendaratan di bandara.

Jadi dalam kasus tertentu, petugas bandara dan pilot harus memastikan tidak ada kemungkinan sinyal yang menganggu sistem navigasi pesawat. Dan mereka meminta penumpang mematikan semua perangkat elektronik.
Smartphone tidak akan berfungsi ketika pesawat berada di udara, dan tidak ada sinyal yang dapat ditangkap.

Sebagian pesawat dapat mentolerir gangguan dari sinyal ponsel. Tetapi dalam kondisi tertentu seperti cuaca buruk atau visibilitas rendah, pilot berpotensi melakukan prosedur kategori III / CAT III.

Artinya pilot tidak lagi mengandalkan autopilot, dan mengunakan instrumen pendaratan tanpa dengan visibilitas / penglihatan terbatas pada landasan. Dalam kondisi paling kritis, pilot mengunakan sinyal radio untuk membantu menentukan titik acuan pendaratan. Hal ini dilakukan ketika pilot sama sekali tidak dapat melihat landasan pendaratan seperti kabut , badai atau hujan.

Sinyal radio yang ada di dalam pesawat dapat menganggu informasi yang di dapatkan di ruang cockpit. Pilot Ross Aimer menceritakan dia pernah membawa pesawat jet pribadi dimana ada 4 penumpang dengan 4 telepon aktif. Dan sinyal telepon terbukti dapat mempengaruhi sistem navigasi pesawat.

Cerita diatas adalah jawaban ketika menanyakan kepada 17 orang baik pilot dan staf penerbangan di Amerika serta aturan FAA