Penerbangan komersil paling pendek di dunia


Kategori : Stuff | Date : 30 August 2013
Jaraknya hanya menyerang sejauh 2,7 km
Jakarta ke Bandung bukan penerbangan paling singkat. Masih ada lagi jarak penerbangan paling pendek, ada di Skotlandia. Logan Air melayani penerbangan antara 2 pulai dari pulau Westray ke Papa Westray, tapi keduanya memiliki batas air laut.

Sejak pesawat take off sampai hendak mendarat , membutuhkan waktu 47 detik saja. Jaraknya tidak lebih dari 3km. Satu penumpang dikenakan biaya $30 sekali terbang. Astaga mahal juga, plus tidak mendapatkan snack atau minuman ringan. Di pulau Papa Westray dihuni 70 orang lebih tapi disana terdapat 60 situs arkeologi.

Logan Air sudah melayani rute penerbangan komersil paling pendek, dan mulai populer dikalangan turis pada tahun 2011 lalu.



Lihat saja video dibawah ini, take off pada detik ke 40. Sudah mendarat lagi di detik 130 detik sudah menyentuh landasan lagi.


Maskapai Emirates Quantas Qatar Airways memiliki rute penerbangan nonstop 14000km. Rute dari Dubai dan Doha ke Auckland Selandia baru, Perth Australia ke London Inggris. Pesawat dengan nomor UAE448 mengunakan Airbus A380, Quantas Dreamliner 787 Maret 2018 dan Qatar Boeing 777 jarak 14.539km. Singapore Airlines 15.000km Singapura ke Amerika Nonstop 19 jam perdana 11 Oktober 2018 hanya 17 jam 25 menit

Apa saja yang hilang dari kenyamanan pesawat udara. Jendela semakin kecil, tempat duduk semakin rapat. Dahulu ada penerbangan memiliki tempat tidur di semua kelas. Pesawat modern di kelas ekonomi, akan terasa lebih sempit dibanding pesawat dahulu.

Pesawat antariksa tanpa awak X-37B dari Amerika berhasil terbang dan diam di orbit selama 674  hari. Bentuknya seperti Space Shuttle dengan ruang kargo tapi lebih kecil. Misi ke 4, pesawat tanpa awak berangkat 20 Mei 2015 dan kembali 7 Mei 2017.



Sebuah pesawat Boeing 777 dengan beban 250 ton turun dengan keras di landasan. Ban pesawat menahan semua beban ke landasan, tapi tidak meledak. Mengapa ban mampu menopang begitu besar, apakah ban pesawat beda dengan ban mobil biasa. Tentu saja.

2 pilot Air India menempatkan bahaya bagi 166 penumpang dalam penerbangan dari Bangkok ke Delhi. Karena pilot malah molor dengan menyalakan auto pilot. April 2015, Pilot dikabarkan dipukul oleh Co-pilotnya sendiri

Video pesawat TransAsia yang jatuh di Taiwan minggu ini membawa 58 penumpang dan awak pesawat. Jatuh ke sungai Keelung  setelah takeoff dari Taipei Airport rabu lalu. Satu rekaman pengendara di jalan bebas hambatan merekam detik jatuhnya pesawat.

Ada ada saja gaya marketing perusahaan Skymark Airlines. Mereka mulai meluncurkan layanan pesawat Airbus-330-300 pertama di pertengahan tahun lalu. Memiliki 3 rute pertama untuk penerbangan mereka. Terakhir membuat heboh bersama pramugari cantik dengan seragam rok mini.



Singapore Airlines menampilkan layanan First Class mereka. Kali ini tempat duduk di First Class dirancang oleh BMW Grup DesignworksUSA. Satu lagi Suites Class dari Airbus 380 seperti apa layanan yang satu ini seharga 18 ribu dollar

Pesawat yang membawa 280 penumpang anjlok sampai 1500 meter di wilayah Turki. Regulator udara India meminta penyelidikan dengan pesawat Boeing 777 tersebut.

Seorang dokter gigi memesan tiket untuk menghadiri konferensi di Portula. Dia memesan tiket ke Granada Spanyol sekaligus jalan jalan. Mengunakan pesawat British Airway, ternyata tiket yang dipesan malah ke Grenada di Karibia. Ada yang salah.

Sepasang  pulau berbatu di Diomede dibelah oleh 2 perbatasan negara, antara Amerika dan Rusia. Jarak keduan pulau hanya 3,8km. Keduanya bahkan terpisah antara tanggal internasional. Disisi kiri tanggal lebih awal, dan sisi masuk ke tanggal paling akhir

Kwong Wah Yit Poh memang jenius, dia makan di VIP lounge dari sebuah penerbangan selama hampir setahun gratis. mengunakan tiket First Class dari China Eastern Airlines. Dia makan di airport Xian di Shaanxi selama 300 hari. Padahal dia tidak pernah terbang dengan tiketnya.

Ethiopian Airlines Boeing 767-300ER mengalami gangguan mesin dan mendarat di sebuah landasan. Masalah kedua untuk kembali terbang, landasan di Tanzania tersebut ternyata pendek sekali, hanya 1.5km hampir separuh standar minimum.



Pesawat DC10 buatan McDonnel Douglas dengan 3 mesin, 2 mesin di sayap dan satu lagi di bagian belakang. Terakhir di operasikan oleh Bisman Airlines dan akan dipensiunkan. Pesawat DC10 adalah pesawat yang handal dan terbang sangat tenang. Layaknya mobil Cadillac Fleetwood tua.

Bulan lalu dari 22 ribu penerbangan dari bandara Beijing Capital hanya 18% yang tepat waktu. Tidak satupun bandara di China mampu menjadwalkan 50% penerbangan pada waktu yang ditentukan. Gilanya penumpang disana bisa ngamuk tidak karuan.

Ada 2 video menarik di Youtube, tentang pesawat terbang melawan angin. Pesawat yang mendarat harus menghadapi cuaca kurang baik di landasan, karena adanya Crosswind atau angin kencang dari arah samping.

Pilotnya memang jago, menghitung kemungkinan kurang baik dalam pendaratan pesawat. Dan memutuskan kembali terbang. Direkam tahun lalu di bandara Manchester, ketika terjadi angin kencang.

Ada beberapa rute penerbangan yang tidak biasa dan tiketnya sangat mahal. Ada yang mahal karena duduk di First Class, ada lagi penerbangan untuk 3 hari. Tapi ditawarkan oleh perusahaan penerbangan.

Perusahaan penerbangan Samoa Air menjadi maskapai penerbangan yang memberlakukan tarif sesuai berat badan penumpang. Ketika membeli tiket maka penumpang dan barang akan ditimbang. Total berat tersebut dijadikan perhitungan tarif tiket.

Video yang diupload tahun 2010 dibawah ini sudah ditonton 9,9 juta kali. Beberapa cuplikan pesawat terbang rendah atau disebut Low Pass. Awal video cuma cuplikan dari film, video aslinya baru tampil pada detik ke 38

Pesawat Boeing 787 si super jumbo dua tingkat harus melakukan uji mendarat sangat berat. Melawan angin yang melintas dari sisi badan pesawat, sementara badan pesawat yang begitu besar harus miring untuk mendarat.


No popular articles found.