Galaksi terbesar IC 1101 lebih besar dari galaksi Bima Sakti dengan lebar 6 juta tahun cahaya


Kategori : Science | Date : 2 May 2016
Galaksi terbesar di alam semesta IC1101 membentang 5,5 juta tahun cahaya
Begitu besarnya alam semesta, astronom memperkirakan ada seratus juta galaksi yang terditeksi. Lalu galaksi apa yang terbesar yang pernah ditemukan saat ini.

Salah satu benda yang terbesar adalah galaksi. Galaksi kita adalah galaksi Milky Way atau Galaksi Bima Sakti

Tapi lebar galaksi kita yang berbentuk spiral jauh lebih kecil dibanding galaksi yang pernah ditemukan ini

Disebut galaksi IC 1101, diperkirakan memiliki bentuk eliptikal (bundar). Jaraknya dari bumi 1 miliar tahun cahaya dari Bumi. Memang jauh sekali tapi ukuran galaksi ini heboh alias sangat besar.

Menjadi galaksi paling besar bila diamati dengan teropong di ruang angkasa, diameter galaksi ini mencapai 5.5 juta tahun cahaya.

Galaksi Bima sakti saja hanya memiliki lebar 100 ribu tahun cahaya.

Itupun manusia masih memikirkan bagaimana melakukan perjalanan ke antar bintang di dalam galaksi sendiri.

Kita lihat saja galaksi paling dekat atau disamping Bimasakti / Milky Way adalah galaksi Andromeda.

Ukurannya lebih besarnya 2x dari Milky Way dengan bentangan 200 ribu tahun cahaya. Setelah itu ada Cloud (disebut awan gas) besar atau galaksi Messier 87 dengan diameter 500 ribu tahun cahaya. Yang ini saja sudah 10x lebih luas bentangannya dari galaksi kita

Tetapi galaksi IC 1101 memiliki ukuran 50 kali lebih panjang, membentang sekitar 5-6 juta tahun cahaya. Diperkirakan disana terdapat 100 triliun bintang.



Bila galaksi Bima Sakti dimasukan ke ukuran IC 1101, entah berapa galaksi yang dapat masuk kedalam. Seperti apa gambar galaksi terbesar yang pernah ditemukan.

Pada gambar dimulai dari
  1. Galaksi Bimasakti atau Milky way sendiri, lebarnya 100 ribu tahun cahaya
  2. Galaksi Bimasakti vs Galaksi Andromedia, 2x lebih besar dari Bima Sakti mencapai lebar 200.000 tahun cahaya
  3. Disusul perbandingan dengan Andromeda, Messier 87. Memiliki lebar 5x dari galaksi Bima Sakti
  4. Terakhir IC 1101. Bisa terlihat galaksi Bima sakti paling kiri di gambar bawah terlihat sangat kecil. Lebarnya 5.5 juta tahun cahaya.

perbandingan galaksi bima sakti dengan galaksi terbesar di alam
semesta IC1101

Ukuran galaksi IC 1101 tidak terbentuk oleh dirinya sendirian, diperkirakan galaksi ini pernah bergabung dengan galaksi lain dan menyatu menjadi galaksi raksasa lainnya.

Disana diperkirakan memiliki lubang hitam amat sangat besar, jauh lebih besar dari lubang di Bimasakti sebagai inti galaksi.

Walau terlihat bsar dan perkasa, banyak bintang disana diperkirakan berukuran besar. Umumnya galaksi besar memang memiliki banyak bintang raksasa, tapi umur bintang disana tidak akan lama dan banyak bintang raksasa berumur lebih pendek dan meledak lalu berakhir mati.

Bintang disana lebih banyak berwarna kuning, beberapa diantaranya lebih tua dari usia matahari kita atau lebih dari 7 miliar tahun (waktu di bumi sekarang)
Penemu galaksi IC1101 adalah Frederick William Herschel astronom asal Inggris. Dan masuk katalog indek nebula dan cluster dengan objek 1.101 oleh Louis Emil Dreyer.

Karena sebuah bintang besar akan membakar gas lebih banyak. Bandingkan dengan matahari, ukurannya sedang saja dan terus menyala lebih lama. Bisa dikatakan galaksi berukuran besar akan mati lebih cepat secara perlahan, tapi entah kapan sampai semua bintang disana redup dan blep sehingga tidak terlihat lagi.

Bila posisi galaksi IC 1101 mengantikan posisi galaksi Bima Sakti. Bentangan galaksi tersebut akan mencapai galaksi kecil di sebelah Bima Sakti yaitu satelit galaksi LMC dan SMC termasuk galaksi tetangga di sebelah galaksi Andromeda dan Triangulum. Seluruhnya akan masuk menjadi bagian di galaksi IC 1101.

Foto dibawah ini adalah bentuk galaksi IC1101. Diperkirakan memiliki 3 triliun bintang. Bentuk galaksi yang sangat lebar ini terlihat meluas dan lebih pudar pada bagian inti. Foto dibawah ini diambil dari teleksop Digitized Sky Survey 2 milik Nasa

Bentuk asli galaksi terbesar yang pernah ditemukan di alam semesta
galaksi IC1101

Warna galaksi IC 1101 cenderung berwarna kuning. Umumnya bintang di galaksi akan terlihat berwarna biru, yang diartikan pembentukan bintang di galaksi sedang aktif.

Sedangkan warna kuning atau merah menunjukan pertumbuhan bintang mulai surut dan sangat sedikit muncul bintang baru.

Kecuali suatu hari IC 1101 kembali bertabrakan dengan galaksi lain, bisa memicu munculnya bintang baru disana. Hanya saja kepadatan di daerah berwarna kuning tersebut menunjukan bintang tua. Artinya dibagian tengah galaksi perlahan lebih cepat mati.

Galaksi IC 1101 dalam warna

Tidak terbayang bila tinggal di galaksi raksasa seperti IC 1101. Dimalam hari pasti akan terlihat banyak bintang dilangit.

Galaksi Spiral terbesar
Untuk galaksi dengan lengan spiral seperti galaksi kita. Galaksi spiral terbesar adalah UGC 2885.

Tapi galaksi ini hanya melebar, karena cakram galaksi terganggu oleh galaksi lain. Memiliki diamter antara 832 ribu tahun cahaya.


Galaksi UGC 2885 terletak 313 juta tahun cahaya.

4Galaksi spiral terbesar UGC 2885

Dibawah ini daftar galaksi terbesar yang pernah ditemukan

Galaxy Size (ly/tahun cahaya) Tipe Galaksi Catatan
IC 1101 5,500,000 ly E3 Setelah dilaporkan akhir tahun 1980. Galaksi IC 1101 menjadi yang terbesar.
BCG of Phoenix Cluster 2,200,000 ly E3 Galaksi Starburs berukuran elips
NGC 262 1,300,000 ly S0-a Nama lain Markarian 348. Memiliki cahaya halo hidrogen sangat besar, tapi bintang yang ada di sana mungkin hanya 88.000 tahun cahaya
Coma B 1,300,000 ly cD;E4;Dd  
NGC 4874 >1,000,000 ly cD  
300 other Abell cluster BCGs >1,000,000 ly    
A2261-BCG 1,000,000 ly cD E  
ESO 306-17 1,000,000 ly cD3  
UGC 2885 416,000–832,000 ly Sc Galaksi spiral terbesar
Malin 1 650,000 ly SB0a  
Comet Galaxy 600,000 ly Spiral  
NGC 6872 370,000–522,000 ly SB(s)b pec  

Bagaimana dengan galaksi Bima Sakti, anda bisa membuat foto galaksi kita sendiri

Hubble menjadi peralatan instrumen terbaik yang pernah dibuat oleh ilmuwan. Tugasnya bertahan sampai digantikan oleh teleskop ruang angkasa baru. Oktober tersisa 2 giroskop yang masih bekerja, kinerja teleskop tidak akan optimal di tahun 2018. Nasibnya mungkin tidak lama lagi

Seperti apa sih galaksi Bimasakti sebelum seperti sekarang ini. Bicara galaksi loh, bukan bicara planet , komet atau asteroid. Nasa membuat 2 perbandingan gambar yang di dapat dari sebuah galaksi yang sangat jauh M33. Galaksi Bima Sakti dulu pernah mati tapi hidup kembali.

Teleskop Hubble sudah 2 kali diperbaiki, untuk memperbaiki kualitas gambar dan melihat lebih detail dan lebih jauh. Tahun 2010 lalu, Hubble menambah peralatan dengan Ultra Deep Field Infra red. Mampu melihat sampai 480 juta tahu. Foto 15 ribu galaksi dalam satu gambar



Bila ditanya dimana titik tengah galaksi Bima Sakti. Sekarang bisa dijawab setelah peneliti ESO melakukan pendataan dari titik tengah galaksi Bima Sakti selama 16 tahun. Mungkin ini yang disebut wilayah lubang hitam Sagitarius, masih ada lubang hitam lebih kecil, jumlahnya cukup banyak

Bila melihat data alam semesta mungkin kita akan kaget. Dalam 10 tahun terakhir manusia baru bisa menjawab beberapa pertanyaan. Galaksi Bima Sakti berada di Laniakea, dan galaksi kita hanya sebagian kecil dari isi alam semesta. Ukuran paling tepat saat ini, jarak Bumi ke tepi galaksi adalah 66 ribu tahun cahaya.

Teleskop Magellan di gurun Cile mengunakan teknologi baru, dinamai dengan singkat GMT. Konstruksi teleskop ini telah dimulai, dan berada di ketinggian 2550 meter. Berapa lama dan berapa harga satu cermin teleskop raksasa ini dibuat

Tahun 1996 teleskop Hubble diminta untuk mengarahkan ke satu arah yang kosong. Ruang kosong tersebut ukurannya sangat kecil, apa benar disana memang kosong. Film terbaru dengan penemuan teleskop Hubble.



Tim observasi teleskop WM Keck di Hawai berhasil menghitung galaksi EGSY8p7, satu galaksi EGS-zs8-1 dengan teleskop Hubble. Mereka melihat sebuah titik cahaya sangat tua yang jaraknya 13,2 dan 13 miliar tahun cahaya dari Bumi. Galaksi ini terlihat dari teleskop ruang angkasa, dan hanya selisih 600 juta tahun setelah terjadi Big Bang. Disebut sebagai galaksi sejarah ketika pembentukan alam semesta.

Gabungan galaksi dengan galaksi lain, umumnya membentuk galaksi bundar atau elips. Tapi yang ini tetap bertahan dengan bentuk spiral. Membentuk cahaya lebih cerah dibanding galaksi lain. Mengapa galaksi yang bertabrakan bisa bertahan dengan bentuk lama.

Yang berukuran sedang saja masih 90x lebih besar dari Matahari. Dan masih ada bintang Antares sejauh ini ukurannya sebagai bintang paling besar yang pernah dipelajari saat ini. Semua ada di galaksi Bimasakti. Bintang adalah sebuah gas, dan membentuk cahaya karena di dalam intinya terjadi fusi nuklir. Dan ukuran bintang serta usia bintang dengan perubahan bentuk

Galaksi umumnya memiliki bentuk spiral atau elips (lingkaran), tapi galaksi ini agaknya berbeda. Jaraknya 100 juta tahun cahaya, dan di ambil gambarnya kembali oleh Hubble tahun 2000. Galaksi NGC 3081 dengan bentuk elips ini berbeda dengan memiliki bentuk cincin dan di dalamnya ada satu cincin lagi.

Nasa membuat gambar dengan 360 derajat, foto paling bersih sampai terlihat semua bintang di galaksi kita. Untuk membuat foto menakjubkan dari galaksi kita ini dibutuhkan 2 juta foto inframerah. Penemuan lain ukuran Andromeda dan Bima Sakti relatif sama

Sebuah foto galaksi berbentuk spiral M51, letaknya 30 juta tahun cahaya dari bumi. Galaksi tersebut sedang mendekati sebuah galaksi kecil dan sedang  mengambil bagian galaksi yang kecil.



Ada beberapa galaksi ditemukan tapi jaraknya begitu jauh. Mencapai 12 miliar tahun cahaya dengan bentuk cahaya merah. Diperkirakan bentuk galaksi tersebut baru berusia 1,6 miliar tahun ketika terjadinya pembentukan alam semesta.

Bentuk galaksi melakukan tranformsi dari bentuk elips menjadi beberapa bentuk akibat tabrakan atau fenomena yang terjadi dari galaksi sendiri. Galaksi dapat terlihat seperti mata, memiliki bentuk pipih dengan cahaya sangat terang ditengah, galaksi dapat berantakan ketika saling bertemu.

Matahari adalah bintang, Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya. Disusul nomor 2 planet Saturnus dengan cincin. Uranus dan Neptunus menjadi planet ke 3 dan 4 tidak sampai sepertiga ukuran Saturnus. Bagaimana dengan ukuran bumi.

Dari BBC masa depan bumi dan manusia mulai dari 1.000 tahun kedepan, 10.000 atau 10 quadtriliun kedepan. Diawali 1000 tahun lagi, semua struktur bangunan tua yang masih tersisa akan hancur sendiri. Reaktor Chernobyl tidak lagi menimbulkan radiasi pada tahun 10.000.

Sebuah galaksi yang letaknya 25 juta tahun cahaya dibuat foto oleh Hubble. Disebut galaksi ESO 373-8, setidaknya ada 7 galaksi lain di dekatnya dan galaksi ini menjadi grup NGC 2997. Anehnya bentuknya pipih tanpa ada objek lain di atas dan bawah galaksi

Galaksi M81 atau Messier 81 letaknya 12 juta tahun cahaya dan berada di konstelasi Ursa Major Bentuk galaksi M81 adalah spiral, tapi ada yang unik di galaksi ini. Nasa membuat gabungan gambar dari beberapa teleskop berbeda

Satu planet ditemukan oleh Hubble 14 November 2003. Planet Sedna memiliki orbit ke matahari. Menjadi planet ke 10, tapi planet ini memiliki lintasan sangat jauh bahkan jauh diluar planet Pluto.

Galaksi NGC 1433 diabadikan oleh NASA ESA dari teleskop Hubble. Struktur warna di pusat galaksi ini yang menarik. Dari teleskop Alma di bumi menganalisa gambar lama dan baru. Alma adalah teleskop gelombang radio yang berada di Chili.

Peneliti astronomi baru memperkirakan jawaban dari teka teki mengapa galaksi Bimasakti kita berbeda dengan 2 juta tahun yang lalu. Blackhole atau lubang hitam di tengah galaksi kita sebenarnya sangat kuat, setelah diperkirakan awan gas Magellanic sebagai jejak fosil kuno.

Bintang HD 184738 memiliki masa yang rendah dan menjelang kematiannya. Nasibnya seperti matahari kita nanti, mungkin 5 milyar tahun kedepan.

Alan Brock hanya bermodalkan camera Canon 7D dengan teleskop di rumahnya. Tampi mampu mengabadikan beberapa foto sekelas teleskop besar. Salah satunya objek galaksi Andromeda dan Nebula Orion.

Apesnya kalau melakukan interview pas dikerjain sama Prank LG Meteor. Video lucu dari video Prank sedang serius ditanyakan oleh bagian karyawan, mendadak di jendela muncul sebuah meteor jatuh. Dan menghancurkan semuanya.

Astronot pergi ke bulan , untuk berhubungan dengan radio terjadi keterlambatan 1.5 detik. Bagaimana bila berkomunikasi dari Saturnus ke Bumi. Bagaimana bila lebih jauh lagi. Mungkin manusia yang jauh disana masih bisa melihat dinosaurus ke bumi. Melihat ruang angkasa sama seperti melihat waktu, mengapa berbeda. Diterangkan secara ilmiah

Nasa memberikan data bintang yang dekat dengan matahari. Cukup banyak, terdapat 53 bintang. Ada yang berada di garis lintang tengah bila dilihat dari bumi, yang lain sebagian lagi ada di bagian utara dan selatan bumi.

Diawali dari tata surya dengan keberadaan di bumi. Semua terlihat serasi dan berputar pada tempatnya. Menurut ahli astronom, diluar sana berbeda. Dikatakan kacau bahkan saling menghancurkan.

Kalau di tanya berapa jauh jarak 1 tahun cahaya itu. Bukan berarti satu sinar menempuh perjalanan selama 1 juta tahun, dan jaraknya menjadi sangat jauh. Berapa tepatnya jarak 1 tahun cahaya. Cahaya memiliki kecepatan dan dihitung dalam satuan cahaya.

Dari Cary dan Michael memberikan gambaran alam semesta. Memudahkan kita belajar mengetahui sebesar apa nebula, dan alam semesta ini. Sejauh manusia bisa memandang dan memperkirakan


No popular articles found.