EV ARC panel surya dengan tracker cahaya matahari


Green | 27 August 2013

Solar power  EV ARC menyediakan dimanapun kendaraan listrik anda pergi. Itu kata awal perusahaan ini dalam mengembangkan solar panel untuk pengisian mobil listrik.

EV ARC atau Electric Vehicle Autonomous Renewable Charger dapat dipasang dihalaman parkir kantor, pertokoan dan tempat lainnya. Perusahaan Envison merancang teknologi tepat guna dalam konstruksi EV ARC. Tingal disediakan tempat dan panel ukuran 2.3kW akan dipasang. Asalkan tempatnya agak luas, karena panel perlu diarahkan ke cahaya matahari.

Mampu menangkap cahaya matahari 25% lebih besar dengan sistem tracking. Setiap hari dapat menampung 16kWh power pada baterai. Peralatan solar cell dengan tracking ini dibuat dari beberapa perusahaan, seperti baterai dari Chiago, dan panel modul dari Mage, pengisian baterai buatan Eaton Charger. Untuk harga per modul mencapai $40.000, tapi dengan subsidi pemerintah maka harga dapat dipangkas sampai separuh. Terlihat kekuatan baterai 16kWh yang membuat peralatan ini mahal.

Keunikan EV ARC memiliki sistem tracking ke sumber cahaya. Alat motor dibawah panel akan ikut bergerak sesuai cahaya matahari. Sehingga pengisian baterai dengan kekuatan 22kWh akan optimal. Menurut EV ARC, peralatan mereka hanya butuh 5 menit untuk pemasangan dan ditanam di tanah. Solar panel ini tidak murah, dijual $40.000 untuk biaya produksinya. Tetapi harga dapat di subsidi oleh pemerintah dan dapat menghemat biaya listrik dalam beberapa tahun.

Satu module dapat digunakan untuk pengisian beberapa kendaraan mobil listrik.



Dibawah ini demo peralatan solar panel yang bisa bergerak mengikuti cahaya matahari

EnvisionTrak™ Time Lapse Video - BioMimicry at its BEST! from Envision Solar on Vimeo.


+ envisionsolar.com


Berita terkait
Lito Sora Signature tampil dengan model baru, harganya lebih mahal dari mobil listrik. Layar indikator dilengkapi layar GPS, peringatan lampu, indikator baterai. Kecepatan maksimum seperti model sebelumnya 190km perjam atau mode baterai hemat.

Ketika manusia sedang tidur, mesin diluar tetap bekerja. Printer, telepon meja, ATM, mesin otomatis dan lampu di jalan tetap menyala. Sejak kecil sang ibu selalu mengingatkan, matikan lampu sebelum tidur. Tetapi ditempat bekerja tidak seperti itu.



Harga panel surya atau solar cell sudah turun tajam. Dan akan terus terjadi dalam beberapa tahun kedepan. Apakah harga sudah terjangkau dan ekonomis untuk dibeli. Belum, karena banyak faktor yang menganggu harga solar cell bisa murah.

Nano Hatsudensho Set kata Hatsudensho diartikan sebagai pabrik listrik dalam bahasa Jepang. Tetapi ini versi Nano alias lebih kecil. Peralatan kecil dari solar cell dan baterai backup lithium.

8 tahun lalu harga kapasitas per watt dijual $4, sekarang hanya 78 sen saja. Harga murah , terlalu cepat turun, baik untuk pembeli. Tidak untuk pabrikan. Perusahaan  industri tidak memiliki dana lebih dan harus bertahan dengan biaya produksi.

Libya memiliki perntungan berbeda, bila negara tersebut mau memasang solar cell dan turbin angin di 0,1 luas daratan saja yang mereka miliki. Maka energi tidak perlu dihasilkan dari bahan bakar biasa dan mencukupi bagi penduduk

288 panel surya di pasang di atap dealer KIA Afrika Selatan, menghasilkan power 69kW perhari, cukup untuk 12 jam kebutuhan power listrik. Bila surplus, energi akan dipakai ke esokan hari. Dealer KIA disana menjadi dealer mobil paling ramah lingkungan.



Sony membuat baterai power bank tipe Sony ESSP-3005/18P. Memiliki kekuatan 6 kWh, materaial Lithium iron. Daya tahan baterai Sony ESSP-3005/18P memiliki kinerja 10 tahun (dengan pengisian dan pemakaian 1x setiap hari)

Awalnya dipasang untuk badan non profit, tetapi masih digunakan dan bekerja setelah 20 tahun dipasang.

Data terbaru yang diungkap, energi solar cell saat ini bisa ditawarkan dengan harga 14 sen atau kurang untuk per KWh. Sementara nuklir membutuhkan dana 14-18 sen untuk per KWh.




No popular articles found.
< /body>