Teleskop Giant Magellan Telescope 10x lebih kuat dari Hubble


Kategori : Science | Date : 5 January 2017
Teleskop terbesar di dunia untuk membuat satu segmen cermin dibutuhkan waktu 1 tahun
Teleskop Magellan di gurun Chile mengunakan teknologi baru,

Disebut MagAP atau Magellan Adaptive Optic.

Dikembangkan dari universitas Arizona, mampu mengambil ketajaman gambar diatas teleskop Hubble.

Cermin dapat bergerak untuk akurasi gambar.



Ukuran cermin teleskop Magellan sekitar 7 meter dapat mengambil gambar 2x lebih tajam dari teleskop Hubble yang mengunakan cermin 2,5 meter.
Dengan gabungan 7 cermin, maka kemampuan teleskop GMT dapat mencapai 10x ketajaman teleskop Hibble.

Contoh saja gambar dibawah ini, lebih tajam dibanding foto Hubble, karena cermin teleskop Magellan lebih besar.  Titik kecil pada foto dengan zoom teleskop dapat memperlihatkan gambar lebih jelas



Dibawah ini teknologi teleskop MagAO, dari jauh tidak terlihat jelas, dengan koreksi 1000z kedua bintang semakin jelas terliat.





Update Juni 2015
Teleskop Magellan nantinya akan diberi nama GMT atau Giant Magellan Telescope.

Memiliki 6 cermin  dengan lebar 8,4 meter. Ketajaman teleskop GMT mencapai 10x lebih kuat dari Hubble. Ditempatkan di ketinggian 2.550 meter

Bentuk teleskop terbesar di dunia GMT Giant Magellan Telescope

November 2017
Tantangan membuat teleskop raksasa ada di bagian cermin. Cermin yang sangat besar untuk mengumpulkan cahaya dan difokus ke sensor.

Sebuah cermin pemantul berukuran 8 meter, sangat sulit dibuat. Ilmuwan membuat cermin terpisah dan menjadi beberapa potong cermin lebih kecil untuk menjadi cermin raksasa.

Proyek teleskop raksasa memutuskan mendisain cermin primer dalam bentuk segmen terpisah. ELT, ELT Eropa dan 30meter Telescope.

Proyek Giant Magellan Telescope mengunakan teknik berbeda. Cermin utama 25 meter dibuat menjadi 7 segmen seperti cermin ukuran 8,4 meter.
Ukuran tersebut setara separuh ukuran kolam renang Olimpiade.
Dibuat di Richard F Carris Mirror Lab universitas California.
Cermin sekunder atau kedua berukuran 3 meter, juga terbagi menjadi 7 segmen.

Walau ukuran sudah kecil, ukuran cermin tetap cukup besar. Dan ada resiko bengkok karena tekanan badan cermin sendiri serta angin.

Sebuah cermin yang terdorong oleh angin di kapal pesiar dapat mengeser 100nm, di astronomi angka membengkoknya cermin dapat menghasilkan gambar buram.

Cara terbaik dibuat cermin denganukuran lebih praktis dan lebih ringan, agar berat cermin tidak berlebihan.

Sebuah cermin memerlukan proses pembuatan selama 4 tahun. Dari bahan balok kaca yang dibuat di Jepang dan cermin dimasukan di sebuah oven untuk melelehkan kaca. Proses pengecoran gelas kaca di permukaan cermin membutuhkan waktu 1 tahun, mulai dari memasukan bahan sampai proses pendinginan, diperlukan ketelatenan yang sangat baik.

Selesai dibuat, cermin dipoles, setidaknya 3 tahun proses sampai cermin dibuat dengan benar.



Cermin dibuat 2 lapis dari bagian atas dan bawah harus sama dan dibuat bersamaan dengan masing masing tebal 2,5 cm.

Cermin didukung dengan struktur sarang lebah, dan tiang rusuk penahan dengan pola heksagonal. Dengan tebal 70cm, maka cermin menjadi lebih kaku dan dapat menahan gravitasi serta angin.

Cermin yang dibuat berongga di penahan dapat mengurangi bobot sampai 16ton di masing masing cermin.
Cermin teleskop akan dimasak dengan pecahan balok kaca khusus, dipoles dengan akurasi tinggi untuk membentuk parabolik dengan akurasi 3 seperseribu rambut manusia dan permukaan sangat mulus.

Setelah kaca cermin dipanaskan dan terus diputar di dalam mesin. Proses akhir adalah pendinginan selama 3 bulan.



Penahan dari keramik mulai dibersikan dari cermin dan posisi cermin diangkat vertikal.

Posisi belakang cermin kembali dipoles dengan tingkat presisi lebih tinggi. Hingga ketepatan 20nm, dan prosesnya selama 18 bulan. Bersamaan pemolesan, cermin akan dilakukan 4 tes optik, dan beberapa peralatan dirancang khusus untuk proyek ini.

Mengosok cermin memerlukan teknologi laser. Dan alat ukur akan menerangi permukaan cermin, dan mengumpulkan pantulan cahaya, lalu membandingkan dengan panjang lintasan sinar yang dipantulkan dari lokasi berbeda.

Harga semua cermin mencapai 20 juta dollar untuk cermin terbesar di teleskop GMT.



Proses pembuatan cermin Giant Magellan Telescope sudah berlangsung tahun 2012.

+ www.gmto.org

Teleskop Chandra mengunakan sensor X-ray untuk melihat benda di alam semesta. Gambar dari teleskop ini berbeda dengan gambar yang ditangkap teleskop optik  Karena sensor di Chandra sangat sensitif. Nasa melakukan perubahan perintah untuk giroskope setelah mengalami kemacetan. Test akan dilakukan pada awal November 2018 untuk memastikan teleskop siap bekerja kembali untuk penelitian ruang angkasa

Teleskop Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) hanya mencari planet pada jarak 200 tahun cahaya. Foto 200 ribu bintang pertama, yang jaraknya hanya 300 tahun cahaya dari bumi.

Smartphone memiliki sensor 16Mpix, camera profesional 100Mpix. Sensor camera yang satu ini bukan tandingannya lagi. Memiliki ketajaman 3,2Gpixel atau setara memasukan gambar 1500 video HD. Sensor camera miliki LSST nantinya menjadi jantug teleskop Large Synoptic Survey Telescope.



Satu teleskop raksasa Fast selesai dibangun di provinsi Guizhou, mungkinkan China menjadi bangsa pertama yang mendengar Alien.. Ukuran 500 meter, konstruksi memanfaatkan alam di sekitar. Menjadi teleskop radio terbesar untuk mendengar alien sampai 1000 tahun cahaya. Sekarang butuh ahli digaji 1,2 juta dollar pertahun

Teleskop Gaia milik ESA mengabadikan beberapa gerakan bintang. Tapi 5 juta tahun kedepan, beberapa bintang yang ada bergerak. Bintang Gliese 710 diperkirakan akan menganggu tata surya kita, dengan mengeser awan Oort dan bumi terancam tertabrak komet

Tahun 1996 teleskop Hubble diminta untuk mengarahkan ke satu arah yang kosong. Ruang kosong tersebut ukurannya sangat kecil, apa benar disana memang kosong. Film terbaru dengan penemuan teleskop Hubble.

Teleskop DragonFly dibuat murah. Mengandalkan telezoom lensa komersil dan dipasang Array 10 unit sekarang 24 lensa telezoom. Teleskop Dragonfly dibuat oleh tim universitas Toronto, lebih murah dibanding membangun ruang observasi teleskop tapi biayanya sudah seharga satu mobil



NASA mengunakan satelit Swift untuk merinci gambar dengan ultraviolet. Ribuan gambar sudah dikumpulkan dan menghasilkan gambar utuh selebar 160 megapixel. Seperti apa bentuk galaksi kita bila di zoom sangat jauh, gambar miliaran bintang itu sangat luar biasa.

Galaksi terbesar di alam semestaSeratus juta galaksi yang terditeksi oleh manusia, galaksi apa yang terbesar yang pernah ditemukan. Disebut galaksi IC 1101, diperkirakan memiliki bentuk eliptikal. Jaraknya dari bumi 1 milyar tahun cahaya, memang jauh sekali tapi ukurannya sangat besar.

Sinyal WOW pernah tertangkap radio teleskop mengunakan frekuensi Narrowband. Pada 15 Agustus 1977, Jerry R Ehman bekerja untuk proyek SETI di radio teleskop Big Ear milik universitas Ohio.3 pencarian di tahun berbeda, sinyal sudah lenyap. Teori sinyal WoW akan dicoba untuk dibuktikan.

Teleskop ruang angkasa WFIRST, disebutkan memiliki 100x lebih kuat dari Hubble. Teleskop WFIRST memiliki tujuan khusus. Bukan mengamati benda terjauh, tapi yang dekat saja. Khususnya mencari planet diluar tata surya kita.

Astronomi, foto yang dibuat tidak lepas dari cermin teleskop. Dimana pabrik pembuat cermin teleskop untuk ruang observasi bahkan teleskop ruang angkasa Hubble. Dan bagaimana sebuah pabrik membuat cermin sangat besar dan presisi

Peneliti ingin membuat gambar dengan resolusi tinggi untuk dunia kosmik. Setidaknya mereka menginginkan teleskop yang kuat di ruang angkasa. Masalahnya ukurannya harus besar, dan sulit sekali membawa teleskop ke ruang angkasa. Solusi datang dari Darpa.



Teleskop dibagi dalam beberapa disain, dari refklator dan reflektor. Disain teleskop modern umumnya mengunakan reflektor untuk memperkuat cahaya. Kekuatan sebuah teleskop terletak pada cermin utama yang besar.

Diawali dari tata surya dengan keberadaan di bumi. Semua terlihat serasi dan berputar pada tempatnya. Menurut ahli astronom, diluar sana berbeda. Dikatakan kacau bahkan saling menghancurkan.

Dari Cary dan Michael memberikan gambaran alam semesta. Memudahkan kita belajar mengetahui sebesar apa nebula, dan alam semesta ini. Sejauh manusia bisa memandang dan memperkirakan


No popular articles found.