Kapan harga solar cell turun dan lebih terjangkau. Pemasangan di Amerika lebih mahal dari Jerman


Green | 22 August 2013

Harga panel surya atau solar cell sudah turun tajam. Dan akan terus terjadi dalam beberapa tahun kedepan. Apakah harga sudah terjangkau dan ekonomis untuk dibeli. Belum, karena banyak faktor yang menganggu harga solar cell bisa murah.

Peralatan pendukung seperti inverter untuk merubah arus DC ke AC, alat mounting panel dan peralatan lain seperti software dan hardware belum mau turun. Biaya peralatan ini menjadi kendala untuk menekan harga panel surya.

Harga panel surya yang murah sebenarnya tidak menurunkan harga secara signifikan. Karena komponenn lain tidak turun. Sama saja seperti chip SSD, harganya sudah sangat murah. Tapi di kemas dalam unit masih ada komponen lain seperti PCB, perakitan dan chip controller yang mahal.
Biaya murah panel surya di Amerika sudah turun, tapi biaya instalasi dan komponen tetap tinggi. Siapa yang tertarik memasang panel surya 4kW seharga $20.000, sedangkan di Jerman hanya mencapai $8500 dengan kekuatan yang sama.

Untuk panel surya sudah turun banyak. Sekarang sudah turun $0,2 per watt, tahun 2012 masih $0,6 pada tahun 2017 akan turun mencapai $0,42 per watt. Biaya installasi di Amerika sekitar $2,25 per watt, jadi harga panel surya turun tidak menurunkan total biaya pemasangan. Menurut departemen energi Amerika instalasi akan turun sampai $1 perwatt untuk ladang pembangkit listrik solar cell. Dan untuk rumahan akan turun sampai $1,5 perwatt. Harga tersebut baru tercapai pada tahun 2020.

Sebagian biaya installasi solar cell di Amerika terkait dengan regulasi. Dari NY TImes David Crane dan Robert F.Kennedy mengkritik aturan dari pemerintah Amerika sendiri. Seharusnya mereka ikut keberhasilan negara Jerman. Jerman mampu memangkas biaya pemasangan panel surya lebih dari separuh biaya di Amerika.

Dimana biaya termahal dalam instalasi solar cell, digambarkan dalam grafik dibawah ini. Dibandingkan biaya instalasi 4kW untuk rumah, antara negara Amerika dan Jerman.




Seandainya saja biaya panel surya bisa turun separuh seperti di Jerman, masyarakat Indonesia pasti tertarik memasang installasi panel dirumah. Karena di Indoensia sangat berlimpah cahaya matahari. Setidaknya bisa di awali untuk power lampu dirumah yang membutuhkan power lebih rendah.

Berita terkait
www.ilsr.org/projects/solarparitymap/
Toyota iRoad adalah kendaraan penumpang untuk dua orang. Memiliki berat hanya 300kg dan tenaga baterai untuk menempuh jarak 50km. Kecepatannya maksimum mencapai 45km. Disainnya mirip kendaraan mini dengan 2 penumpang dan roda depan dapat miring.

Kyocera sebagai salah satu produsen solar cell Jepang memasang panel surya di kantor pusat mereka. Energi dari panel surya tersebut memberikan listrik untuk lampu, sekarang ditambah untuk pengisian baterai mobil listrik.



Israel memilii ladang solar cell yang mampu membersihkan kaca dari kotoran secara otomatis. Masalah solar cell adalah debu yang menghalangi cahaya masuk ke panel surya. Harus sering dibersihkan agar solar cell dapat menghasilkan tenaga listrik secara maksimum

Mengapa harga pembangkit solar cell bisa turun sangat cepat. Tahun 1997 harga per W masih $75, sekarang hanya tersisai $0,73 per W. Masih lebih murah dari biaya listrik gas dan batubara.

Sekitar 290 ribu solar panel untuk menghasilkan sumber listrik 22 ribu rumah. Menghasilkan sumber power listrik 70MW ditempatkan dilahan seluas 314 hektar atau 3x lebih luas dari kota Vatikan.

Perusahaan penjual alat rumah tangga dan furnitur Ikea mulai menjual solar cell dengan paket power listrik untuk rumahan. Ikea mengambil produk dari perusahaan Hanergy dan mulai memasarkan solar cell ke pasar Inggris

Keunikan EV ARC memiliki sistem tracking ke sumber cahaya. Alat motor dibawah panel akan ikut bergerak sesuai cahaya matahari. Sehingga pengisian baterai dengan kekuatan 22kWh akan optimal. Menurut EV ARC, peralatan mereka hanya butuh 5 menit untuk pemasangan dan ditanam di tanah



Kantor dan datacenter Facebook sudah beroperasi di Swedia. Kantor tersebut menjadi kantor pertama dan pusat data Facebook diluar Amerika. Pengunaan power disana 100% diambil dari energi terbarukan.

Toyota kembangkan sistem All Electric me sebagai tempat pengisian baterai mobil listrik dan sepeda. Power diambil dari panel surya dan mengisi baterai untuk stasiun All Electric me.

Perusahaan Sheedwind membuat teknologi turbin angin Invelox. Ukurannya kecil, tidak perlu tower dan tetap bekerja walau aliran angin minimum sampai 3,5km perjam.

288 panel surya di pasang di atap dealer KIA Afrika Selatan, menghasilkan power 69kW perhari, cukup untuk 12 jam kebutuhan power listrik. Bila surplus, energi akan dipakai ke esokan hari. Dealer KIA disana menjadi dealer mobil paling ramah lingkungan.

Electric Car Smart Insect by ToyotoMobil kecil dengan kecepatan 60km perjam dan jelajah 50km

Datecenter atau pusat data computer di seluruh dunia, diperkirakan memerlukan power 30 milyar watt. Atau setara 30 pembangkit listrik bertenaga nuklir.

Solarcell atau panel surya umumnya diletakan di atap rumah. Untuk menangkap sinar matahari lalu dirumah menjadi listrik DC. Satu penelitianbaru dari universitas California mengatakan ada manfaat lain dengan solar cell.




No popular articles found.
< /body>