Baik media atau publikasi umum, biasanya digunakan jam dengan simbol UT atau Universal Time. UT adalah waktu tengah dunia. UT sama dengan Greenwich Meridian Time (GMT).

Misalnya disebutkan waktu UT atau GMT jam 1 pagi, UT atau GMT akan menunjukan waktu yang sama dengan Indonesia antara +7 waktu Indonesia bagian barat, +8 di Indonesia bagian tengah dan +9 di Indonesia bagian timur

Indonesia mendapatkan angka Plus (+), karena matahari lebih dahulu terbit dibanding di Greenwich atau tepatnya di Inggris.
Sedangkan di Amerika akan dihitung Minus (-), karena disana lebih lambat mendapatkan matahari terbit dibanding di Inggris.

Lalu dimana titik awal perhitungan waktu. Letaknya di Kiribati dan Samoa. Disana mendapatkan perhitungan jam pertama, dan kepulauan Hawai berada di perhitungan akhir. Bila seseorang terbang dari Samoa pada tanggal 2 ke Hawai , maka dia akan tiba di Hawai pada tanggal 1 di hari yang sama. Kebalikannya bila orang terbang pada tanggal 2 dari Hawai maka dia akan tiba pada tanggal 3. Karena garis perhitungan waktu berada di antara kedua kepulauan tersebut.