Produk yang harus dibayar terlalu mahal


News | 19 August 2013

Apa saja produk yang harus dibayar terlalu mahal. Bukan barang mewah tapi ada disekitar masyarakat, bahkan digunakan setiap hari. Salah satunya SMS, biayanya menyebalkan.

Di luar sana harga SMS pernah mencapai harga termahal, $2 per SMS.
2000 rupiah untuk mengirim SMS dengan isi pesan 160 byte.

Untung saja sudah ada layanan pesan messenger di internet. Hanya di hitung dari trafik internet bahkan bisa nebeng mengirim pesan melalui WIFI sampai jempol lecet.

Kabel HDMI premium boleh dibilang hanya lipstik saja. Monster Cable menjual kabel HDMI $45, bahkan satu model dijual $100. Modalnya di tempelkan label THX atau apa gitu deh.

Padahal kabel HDMI semuanya sama, hanya dibagi dalam beberapa jenis khusus saja. Untuk standar semua sama. Monster Cable bukan kabel HDMI paling mahal. Masih ada lagi AudioQuest Coffe, dijual $20 juta dengan panjang 12 meter pada tahun 2011. Kalau membeli kabel ini bukan hanya tertipu, tapi sudah di kemplang. Masih lebih hoax lagi dari Spectra 7 dan Monster Cable menawarkan kabel HDMI 4K pada bulan Juli 2013 lalu. Maklum sedang ngetren TV 4K. Dijual antara $50-$500. Jenis kabel HDMI saat ini dibuat 5 tipe saja dan dibagi antara standard cable HDMI dan high speed cable HDMI

Smartphone iPhone 5 seharga $549 dengan memory 16GB. Biaya produksinya cuma $200 loh. Terkadang harga membuat mata gelap pembeli. Nah di sisi provider bisa untung, mereka mengunci iPhone hanya untuk jaringan mereka saja. Tidak heran mereka bisa menawarkan harga iPhone 5 murah. Tapi harus kontrak antara 1 sampai 2 tahun. Siapa yang bermain, bisa ditebak sendiri.

Layanan Wireless $100 dari Verizon dengan bebas bicara dan 10GB data plan. Padahal harga aslinya hanya $37 saja. Provider telekom memang mencari keuntungan dari layanan mereka, setidaknya mereka mendapatkan keuntungan kotor 63% dari paket yang ditawarkan.

Microsoft Office Profesional 2013. Harganya $400 kalau membeli versi upgrade Windows 8 Pro. Harga produksinya hanya $136 saja. Perusahaan pembuatnya mencatat keuntungan $24 milyar tahun lalu dari penjualan 5 jenis software. Membuat aplikasi tersebut hanya membutuhkan investasi awal $8,2 milyar, jadi keuntungan 66% kotor dari penjualan software. Mengapa banyak yang membeli software ini, karena hanya ada satu yang membuat Microsoft Office dan digunakan diseluruh perusahaan. Microsoft Office digunakan 97% badan usaha diseluruh dunia, pasrah deh.

Carbonite cloud server backup simple. Satu giga ditawarkan $1,2 pertahun. Rata rata biaya perGB hanya $0.1. Ada lagi paket 500GB ditawarkan $600 pertahun. Harga harddisk untuk NAS 2TB saja hanya $130 kalau dipasang di kantor sendiri. Carbonite menawarkan layanan cloud online untuk backup. Padahal ada yang gratis dari Google Drive atau layanan cloud lain. Ngapain bayar segitu mahal, malah lebih mudah pasang di kantor tidak perlu koneksi internet.

Tinta printer $80, padahal biaya tintanya hanya $10. Sempat disebutkan harga tinta printer lebih mahal dari harga darah manusia. Menurut salah satu studi biaya tinta berwarna tahun 2012 hanya $21. Tapi vendor yang menjual tinta tidak pernah melaporkan, berapa sih harga produksinya. Nah kalau tinta refill lebih murah, itulah harga tinta sebenarnya. Dipotong sedikit dari keuntungan tukang refill.



Tahun 2019 banyak produsen membuat sistem tinta printer refill. Khususnya untuk bisnis usaha jasa printer.
Tapi anda tahu berapa harga tinta dahulu. $12.000 pergalon

Injket printer dikembangkan tahun 1985.
Produsen printer pertama, membuat printer untuk produk konsumen 1998. Disebut DeskJet menjadi produksi masal pertama printer inkjet atau printer tinta. Ketika itu dijual $1.000.

Tahun 2019 harga mesin printer jauh lebih canggih paling murah $30 dari Canon Pixma, plus sudah wireless
Itu harga printer dengan paket tinta printer. Apakah itu murah ?

Yang mahal tinta printer penganti.
David Connett editor media Recycler mengatakan. Printer murah, tinta printer lebih mahal.
Ketika tinta printer anda memiliki 2 pilihan. A beli tinta baru yang mahal, B buang printer anda.
Produsen menjual printer dengan harga dibawah biaya produksi, tapi menutup keuntungan dari penjualan tinta printer.

Satu printer dijual ke pasar $60, tapi biaya produksinya $200. Bahkan satu merek Jepang hanya dijual $30.
Printer tersebut membutuhkan 2 cartridge tinta, dengan warna hitam, dan 3 warna

Bagaimana produsen mencegah agar cartridge tidak di isi ulang. Produsen menempatkan chip di dalam cartridge..
Produsen akan mengupgrade Firmware di dalam chip selama model cartridge dipasarkan untuk mencegah isi ulang.

Unit tinta printer yang disatukan dengan 3 warna dan satu warna hitam.
Untuk tinta warna, bila satu warna habis, sistem cartridge berhenti bekerja. Dan memberi laporan tinta sudah habis. Tidak peduli bila 2 warna lain masih penuh.

Isi tinta printer yang anda beli sebenarnya tidak pernah di pakai sampai habis.
Penguna hanya mengunakan lebih dari separuh tinta yang ada di dalam cartdridge untuk di cetak di atas kertas.
Kemana separuh isi tinta, ada menempel di busa di dalam tempat tinta. Dan bagian tersebut tidak pernah keluar dari dalam cartridge

Yang mengherankan, mau saja kita mengunakan produk diatas. Itu kata dari pembuat berita disana.

Berita terkait
Profesional game semakin serius. Disebut sebagai olahraga elektronik atau eSport, menjadi bisnis dibidang ini semakin baik untuk gamer. Situs E-Sports memposting penghasilan 100 gamer papan atas dunia. Di China gamer profesional mendapat penghasilan seperti karyawan

Salah satu yang terkena dampak Grey Market atau pasar abu abu ini adalah Canon. Banyak produk Canon dipasarkan secara bebas di toko online seperti eBay. Termasuk aksesoris camera palsu dapat ditemukan disana. Sekarang sebuah toko yang memasang di eBay kabarnya akan dituntut oleh Canon.



AudioQuest tawarkan kabel AudioQuest Diamond seharga $5500 dengan teknologi ethernet Cat 6. Percayalah yang membeli hanya orang yang tidak mengerti teknologi. AudioQuest Diamond katanya dirancang dengan bahan perak.

Masih ada saja produsen iseng menawarkan kabel HDMI dengan fitur tertentu. Memberikan informasi kemampuan kabel untuk upscale dari gambar Full HD ke gambar 4K. Padahal proses konversi bukan dari kabel, tapi dari setiap TV 4K memiliki sistem untuk Upscale.

Bila anda baru ingin bekerja atau mencari perkerjaan, khususnya di luar negeri. Ini bidang yang menarik tapi sedikit berbeda dengan pekerjaan di Indonesia. Dominasi pekerjaan tertinggi tahun 2013 ada di bidang teknologi, tapi bukan insinyur teknik

Kamera paling mahal untuk milyader, harus tampil beda. Untuk camera yang dijual sangat mahal bukan berarti memiliki teknologi paling canggih. Hanya tampilnya beda dari camera lainnya termasuk disain dari emas walau spesifikasinya sama saja.

Produk HTC dari Taiwan terkenal dengan kualitas, harganya lebih terjangkau tapi tidak laku dipasaran. Kuartal 3 tahun ini saja kembali rugi 3 milyar NT (dollar Taiwan).  Bahkan penjualannya jatuh 30% lagi dibanding periode yang sama tahun lalu.



Satu situs Absolute Sound sebuah situs audiophiles atau peralatan audio papan atas memberikan penghargaan sebagai produk Editor Choice. Aneh menurut media lain, kabel AudioQuest Diamond sepanjang 0.75m ditawarkan $549 dan panjang 1.5m, $695.

Menurut SmeithStreet yang melakukan perbandingan dari 500 barang dari 50 merek berbeda. Dan membandingkan harga jual di China dengan negara asalnya, harganya 70% lebih mahal di toko di China. Mengapa barang impor mahal di China. Bagaimana masyarakat China tahu kalau disana lebih mahal.

Apakah keputusan nomor 2. Fitur canggih, harga mahal, tampilan yang baik, ringan, layar besar. Tetapi keputusan dari pembeli adalah harga.

Produsen tinta printer seperti Canon, HP dan Lexmark mengunakan sistem thermal untuk tinta printer. Untuk memperpanjang umur tinta bisa dilihat dibawah ini. Salah satunya dari produk Epson, ada lubang kecil di atas sirkuit. Bagian itu untuk mereset catridge printer.

Versi ECS, sekarang membuat motherbord berkualitas. Apa beda motherboard murah dan motherboard mahal. Tentu ada, kualitas pastinya. Mengapa harga motherboard ada yang mahal dan murah. Apakah berbeda komponen atau berbeda perlengkapan yang disediakan.

Beberapa tahun lalu masih banyak ditemui keyboad jenis mekanik, ketika ditekan akan berbunyi klik klik klik. Banyak yang tidak menyukai karena suaranya berisik dan munculah keyboard jenis membran yang lebih halus serta tidak banyak menimbulkan suara.

Entah apa kemampuan kabel yang satu ini. Dijual sekitar 20 jutaan dengan panjang 12m. Hanya kabel HDMI dengan ukuran lebih panjang dari kabel HDMI biasa



Jika anda pernah melihat label atau tulisan pada kabel HDMI yang dijual premium. Bertuliskan berapa Hz, itu cuma bohong. Gaya iklan baru agar pembeli tertarik membeli kabel HDMI berkualitas, dan ujung ujungnya dijual lebih mahal.




No popular articles found.