Sejarah foto, apakah dunia fotografi sudah mati


Digital | 17 August 2013

Sejarah fotografi. Foto pertama membutuhkan waktu 8 jam exposure. Jumlah foto saat ini sudah mencapai 3,5 trilyun gambar. 70% member Facebook aktif mengunakan gambar foto. Setiap hari ada 300 juta foto muncul di Facebook. 42% posting di Tumblr juga foto. 91% penguna smartphone setidaknya 1 kali sebulan mengambil gambar dengan camera smartphone.

Foto pertama dibuat tahun 1826, hanya diabadikan dari jendela. Sang pembuatnya Nicephore Niepce yang butuh waktu 8 jam membuat satu foto.
Foto berwarna pertama dibuat oleh James Clerk Maxwell pada tahun 1826
Foto kecepatan tinggi pertama diambil oleh Eadweard Muybridge tahun 1878
Kodak pertama membuat roll film kertas dengan diameter 2,5 inch tahun 1888. Diperbaiki kembali tahun 1889 dengan roll film, dan dibuat dalam bentuk box roll film tahun 1890 seharga $1.

Sebanyak apa jumlah foto bila digambarkan dalam grafik. Facebook dengan foto 300 juta foto setiap hari. 10 ribu kali lebih banyak dari foto perpustakaan kongres Amerika. Jumlah foto di Instagram belum ada apa apanya dari jumlah foto di Facebook. Kegiatan foto di Facebook mencapai 70% dibanding ngeposting tulisan.



Instagram sekarang jauh lebih ramai. Dari 1 juta user tahun 2011, pada bulan Maret 2012 sudah memiliki 27 juta user. Tag yang diberikan seperti kata Cinta, Instagood, Saya, TBT, dan Cute. Sekarang Instagram sudah diambil oleh Facebook

Ini yang menarik. Rata rata pemilik smartphone dan camera mengambil gambar sekali dalam sebulan. 73% penguna camera pasti membawa camera 1x setiap bulan. Tapi di smartphone mencapai 91%, setidaknya mengambil foto dari camera smartphone setiap bulan.

Pengetahuan tentang foto tidak lepas dari editing software. 83% user dengan digital camera mengedit foto di computer. Beberapa penguna smartphone juga mengedit dari smartphone sendiri, tapi jumlahnya hanya 15%. Sebagian foto masih edit agar tampil lebih baik.

Dari sejarah foto, perkembangan saat ini masih berlanjut. Sebagian hanya mengambil foto seadanya. Tapi mereka yang memperbaiki foto agar lebih baik tetap ada. Disebut Fotografi atau mereka yang memang mengabadikan gambar tapi diperbaiki kembali. Baik melalui Instagram atau software di computer sampai aplikasi edit foto di Smartphone.


Berita terkait
www.obengplus.com/artikel/articles/99/1/Foto-Merge-cara-mengabungkan-foto
www.obengplus.com/artikel/articles/97/1/Adobe-Lightroom-for-Dummy
Membuat foto jam tangan dengan bahan metal tidak begitu saja diambil gambarnya. Philips McCordall memberikan pelajaran bagaimana membuat foto jam tangan dengan teknik sederhana agar terlihat berkilau.

Video dari Vimeo ini menceritakan proses Daguerrotype, atau pembuatan foto ke plat metal. Prosesnya cukup panjang, dari pembuatan plat, sampai menghaluskan permukan metal untuk lembar cetakan.



Lupa apa namanya, banyak trik foto menarik bisa dibuat bersama rekan. Seperti efek melayang, efek seperti kekuatan Darth Vader dan lainnya. Yang diperlukan untuk membuat foto seperti ini dengan kecepatan camera, dan gaya si bintangnya.

Namanya Jessica Trinh dia menyukai foto sejak umur 13 tahun, sekarang sudah berusia 18 tahun. Menjadi fotographer khusus binatang. Dia berlatih dengan 2 anjingnya untuk membuat foto. Dari bakatnya, saat ini sudah menerima pekerjaan sebagai juru foto binatang.

David Mayhew seorang fotographer , salah satu objeknya mengejar topan, badai dan tornado. Hasilnya foto yang dibuat memang bagus dan berbeda dengan fotographer lain.




No popular articles found.
< /body>