Daur ulang botol plastik dapat kredit tiket kereta melalui mesin otomatis


Kategori : Green | Date : 16 August 2013
Diluar negeri ada layanan penukaran sampah. Dari handphone bekas, monitor bekas, computer bekas atau kaleng minum bekas. Di Beijing membuat cara baru, botol plastik bekas bisa ditukar tiket melalui mesin otomatis

Penumpang kereta api bisa membawa botol bekas mereka ke satu stasiun. Disana terdapat mesin penghancur botol plastik. Tinggal dimasukan ke dalam mesin, lalu mesin akan menghancurkan botol plastik, dan tiket kereta bawah tanah akan ditambah kreditnya.

Mesin tersebut dipasang di stasiun Shaoyaoju Beijing pada jalur 10. Sudah ada disana sejak Desember 2012 lalu, walau masih program uji coba. Mesin ini memberikan hadiah langsung bagi penumpang kereta, satu botol akan diberikan 2 sen. Perusahaan daur ulang sampah ini akan membuat mesin lebih banyak lagi. Bahkan mencapai 3.000 mesin yang dipasang untuk seluruh kota di China, termasuk sekolah, daerah pemukiman, halte bus dan pusat perbelanjaan.



Berita terkait
Memanfaatkan botol plstik atau daur ulang botol plastik untuk pancuran, tempat majalah, pot kecil tanaman, tempat sampah dan menaruh adaptor. Cara memanfaatkan botol bekas tinggal digunting, ditempel atau dibuat pola. Satu ide lagi memanfaatkan botol plastik pengantu botol semprotan air yang rusak.

Kalau kepepet ada saja ide para pelajar. Dari memanaskan pizza, mengambil air, membuat peralatan memasak dapat dilakukan peralatan sederhana.



Olimpiade di Moskow menawarkan tiket gratis bagi penumpang kereta secara otomatis. Bila mereka melompat sebanyak 30x akan diberikan tiket kereta gratis. Bentuknya seperti vending mesin penjual tiket otomatis tapi tidak menerima bayaran

Computer terdiri dari bagian utama yaitu Motherboard. Bila tidak terpakai lagi, board akan dibuang menjadi sampah. Ada cara mendaur ulang komponen computer seperti papan pcb bekas menjadi clipboard.

Satu cara memanfaatkan botol bekas bisa digunakan penganti karet. Dengan memotong bagian kepala botol plastik, lalu plastik makanan yang tersisa dimasukan ke dalam mulut botol. Tinggal ditutup dengan tutup botol

Daur ulang kayu dan batu kerikil untuk dijadikan ala resor memah. Idenya bisa dibuat sendiri. Dengan bingkai kayu lalu dibuat berukuran persegi panjang seperti bingkai. Dan di masukan batu sampai penuh.

Satu lagi ide memanfaatkan botol plastik bekas bisa dibuat menjadi pot tanaman. Bermodalkan botol bekas plastik yang dilubangi di sisi samping, tanah dengan pupuk, kawat dan tanaman. Pemasangan pot bisa digantung di tembok rumah. Bagaimana membuat rumah kaca mini dengan botol plastik



Mendaur ulang barang bekas mungkin menghasilkan barang lain yang lebih menarik. Frame foto atau bingkai tempat foto. Membuat papan pengumuman atau bulletin board. Bekas botol plastik, dapat dijadikan tempat penyimpan

Cita cita kota Vancouver adalah menjadi kota hijau di tahun 2020 nanti. Ide terbaru adalah membuat jalan dari plastik. Nah loh, apa nanti tidak terbakar kalau terkena percikan api. Tentu bukan jalan plastik biasa, melainkan plastik bekas yang di daur ulang untuk melapisi jalan.

Mengunakan botol plastik untuk di daur ulang atau digunakan kembali menjadi produk berbeda. Satu ide dari disainer Garth Britzman dengan 1500 botol bekas.




No popular articles found.