Perangkat baru tapi baterai lebih boros


Technology | 16 August 2013

James Davenport dari universitas Washington sedang mengambil gelar PhD. Dia melakukan observasi cukup lama dengan baterai Macbook Air. Tujuannya untuk melihat seberapa kuat daya tahan baterai pada tahun pertama. Apple menjanjikan Macbook Air mampu memberikan power sampai 7 jam. Apakah seperti itu.

Dalam setahun James mengatakan power baterai turun 15%, menyisakan kemampuan power 85% dibanding pertama kali dibeli. Dia mencatat dengan log data dan direkam setiap 1 menit. Setelah itu daya tahan baterai akan terus merosot beberapa persen setiap bulan. James membandingkan Macbook Pro model 2009, memiliki baterai lebih kuat dibanding notebook modern. Padahal computer lama membutuhkan power 60W dan yang baru lebih hemat hanya 30W.

Menurut James, teknologi baterai lithium bisa dipakai sampai 2-3 tahun walau dipakai setiap hari. Tapi ada perhitungan lain yang menyebabkan baterai lebih cepat drop. Yaitu siklus pengisian, semakin sering di isi maka daya tampung baterai semakin menurun. Macbook Pro lama mampu diisi sampai 1000 kali, baru baterai mulai drop secara drastis. Yang baru langsung turun dalam hitungan bulan dan terus merosot. Uniknya lagi dari penelitian ini, James menyebutkan baterai MacBook Pro lama hanya 4600mAh, sedangkan Macbook Air memiliki kekuatan baterai 6667mAh. Disebutkan produk baru lebih hemat, baterai lebih besar, tapi daya tahan baterainya lebih cepat drop.

Baterai dari Macbook Pro lama cukup bertahan hampir 2 tahun dengan kapasitas diatas 95%. Sedangkan Macbook baru yang dipakai dalam setahun sudah merosot sampai 85%.

Atau perangkat baru memiliki sifat berbeda walau mengunakan teknologi hemat power. Mungkin saja ada teknologi yang melepas power baterai secara diam diam. Seperti baterai powerbank, akan melepas sedikit demi sedikit pada sirkuit board untuk mencapai voltase tertentu.

Mungkin penelitian dari James ini juga berdampak pada smartphone. Dibawah ini catatan pemakaian notebook Macbook.



Berita terkait
Smartphone di kelas high end yang harganya sudah setara notebook ternyata berbeda kualitas. Khusus untuk daya tahan dengan baterai, Samsung Galaxy S4 paling unggul. Oktober 2016 dari 4 model, HTC 10 lebih hemat baterai. Agustus 2017 Moto Z2 Play

Coba lihat smartphone rekan anda, dan teliti aplikasi apa saja yang ada disana. Kebanyakan hanya aplikasi chatting, dan media sosial. Sisanya pasti game. 2017, aplikasi media sosial dan chatting. Apakah ini gunanya smartphone



Micron sebelumnya mengembangkan memory 3D dengan disain tumpuk.  Sekarang memory yang dibuat dengan sistem tumpuk 4 chip dari 4Gb DRAM dengan kapasitas 2GB mulai di uji coba. Kecepatan bandwidth internal memory mencapai 160GB/s.

LG kembangkan LCD dengan resolusi Quad HD 2560x1440. LG meningkatkan kerapatan LCD monitor dan dikemas dalam ukuran 5,5 inch. Tebalnya hanya 1,21mm ditambah sisi bezel 1.2mm. Menurut LG, layar Quad HD 2560x1440

Baterai lithium memiliki masalah bila bekerja di suhu terlalu dingin atau panas. Baterai akan drop mencapai 30% dari kapasitas aslinya dan baterai akan cepat habis bila dipakai pada suhu ekstrim. Panasonic kembali mengeluarkan baterai NiCa yang tahan dingin.

Dari Leylen Energy menceritakan bagaimana baterai Lithium diproduksi. Baterai buatan Leylen mampu bekerja pada suhu tinggi, sedangkan baterai lithium biasa hanya stabil pada suhu lebih rendah

Smartphone, paling dikeluhkan adalah baterai. Bila semua perangkat aktif, dari GPS, 3G dan WIFI terus aktif. Hitungan 6-8 baterai akan terkuras dengan cepat.



Baterai lithium mampu menampung energi lebih besar dibanding baterai NiMH. Sebagai perbandingan 100Wh/kg NiMH setara 150-250Wh/kg baterai lithium. Baterai lithium kecil, mampu menampung energi lebih besar dan ringan. Bahkan memiliki umur lebih lama dari NiMH.

Kecepatan terbaru dapat ditarik sepanjang 6000km, dengan tranfer 100Gbps. Dalamnya kecil seperti batang lidi, tetapi bungkusnya sangat besar




No popular articles found.
< /body>