Astronomi Antares bintang paling terang selama Agustus


Kategori : Shortstory | Date : 16 August 2013
Bintang Antares mulai 15 Agustus akan terlihat berada disamping bulan. Ukurannya yang besar bisa terlihat dari bumi. Matahari memiliki lebar 700 ribu km, sedangkan Antares 300 juta km atau setara jarak dari matahari ke planet Mars. Bintang Antares menjadi bintang paling terang setelah bulan.



Muncul lebih cepat 4 menit setiap malam. Bintang ini dikenal sebagai elemen api dalam budaya China.

+ earthsky.org/tonight/antares-the-fire-star-near-moon-august-15


Kok bisa bintang Antares memiliki ukuran amat sangat besar, rasanya tidak masuk akal.

Mengapa bintang memiliki ukuran sangat besar. Berbeda dengan bumi atau planet Mars yang memiliki permukaan batu berlapis atmosfer. 4 planet terdekat dengan matahari memiliki ukuran lebih kecil, tetapi lihat dibelakang setelah planet Mars, 4 lainnya memiliki ukuran sangat besar.
Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Ke 4 planet raksasa ini disebut juga planet gas, karena kandungan gas di planet ini amat sangat banyak.

Bintang berbeda, kandungan materinya utama adalah gas, mungkin intinya sangat kecil. Mengapa bintang memiliki ukuran luar biasa. Ketika pembentukan sebuah bintang, diawali dari penumpukan debu menjadi batuan dengan gaya tarik. Titik awal terjadinya bintang secara umum berada di tengah sebuah tata surya. Bintang ditengah lebih dahulu terbentuk dan kandungannya lebih banyak menarik material gas seperti helium dan hidrogen. Berjalannya waktu, gas yang ditarik oleh gravitasi bintang semakin besar. Setelah mengalami proses begitu lama, bintang mengalami fusi nuklir dan bintang mulai bercahaya serta membakar gas helium atau hidrogen yang jumlahnya amat banyak. Ketika bercahaya dimulai kelahiran sebuah bintang. Tidak heran bila ukuran bintang begitu besar, karena kulit luarnya adalah gas yang terbakar dan menyala.

Umur bintang raksasa umumnya lebih singkat. Karena gas yang dibakar lebih banyak, suatu saat akan habis. Pada titik kritis, bintang akan kehilangan gravitasi, lalu ukuran bintang semakin besar. Karena gas yang terbakar tidak lagi tertahan oleh gravitasi inti bintang dan terus melebar. Setelah itu bintang akan meledak, dan proses kematian sebuah bintang akan menjadi White Dwarf, ukuran bintang menjadi sangat kecil seperti planet biasa. Matahari misalnya akan berukuran seperti bumi. Tapi mengeluarkan sisa sinar putih dan perlahan hilang menjadi Black Dwarf.
Apakah matahari yang mati lalu menciut menjadi seukuran bumi, memiliki bentuk seperti bumi. Tidak, menurut ahli astronomi matahari yang mati akan membentuk sebuah planet tanpa cahaya. Hanya kepadatan di Black Dwarf memiliki kepadatan luar biasa. Bumi memiliki kepadatang antara 5,4 x 10 pangkat 3 kg per meter persegi. Planet White Dwarf seukuran bumi akan memiliki kerapatan 1 x 10 pangkat 9 kg / meter pesergi. 200.000 kali lebih padat. Walau mengecil bintang yang mati, menjadi planet terpadat yang hanya dilampaui oleh bintang Neutron.

Bisa dilihat pada artikel Bagaimana tata surya terbentuk



Kembali dengan bintang Antares berada pada jarak 550 tahun cahaya dari tata surya kita. Bintang ini memang jauh, tapi tidak jauh sekali dalam ukuran astronomi. Ukurannya yang besar maka cahaya bintang ini terlihat dari bumi. Bagaimana kita mengetahui bintang dilangit begitu jauh bisa terlihat di bumi. Karena ukurannya membuat cahayanya terlihat.

Dengan logika saja. Bila kita melihat di langit terdapat 20-30 cahaya, apakah itu planet disekitar bumi. Tentu tidak, karena planet disekitar bumi hanya 8 saja. Dipastikan itu bukan cahaya dari planet disekitar bumi. Cahaya yang sering tertangkap di bumi dimulai dari Bulan karena paling dekat lalu Venus, Mars dan Merkurius serta terakhir Jupiter. Planet lain belum tentu terlihat.
Ketika langit tidak berawan, lalu muncul 20-30 cahaya, dipastikan sebagian cahaya tersebut berasal dari bintang. Tentu anda sudah bisa menerima penjelasan ini.

Apakah bintang ini paling besar, belum apa apa. Bintang Antares hanya salah satu bintang yang dekat dan ukuran bintang raksasa. Masih ada lagi beberapa bintang raksasa lainnya, dan ukurannya tidak masuk akal. Bisa dilihat artikel lain dibawah ini.

Berita terkait
www.obengplus.com/artikel/articles/103/1/Aplikasi-Astronomi-di-Android
Satu video fantastik di bidang antariksa, Teleskop Hubble mengabadikan sebuah bintang yang meledak. Direkam sejak tahun 2002 sampai 2006. Ini bukan simulasi computer, tapi foto asli dan dijadikan film timelapse. Butuh 4 tahun untuk membuat urutan foto bintang

Ada saja ide si Stargazer ini, sampai fotonya masuk di Space.com. Si Fotographer mengambil objek kelompok bintang yang saling berdekatan Big Dipper.  Mengunakan Canon 50D, ISO 2500, 24mm f/2, exposure 15 detik. Cahaya bintang terlihat lebih mengembang



Bintang Nova Delphine 2013 baru saja terlihat lebih terang menyala pada 16 Agustus. Kejadian langka ditemukan pertama oleh astronomi asal Jepang pada 8 Agustus 2013 lalu. Bintang Nova Del sedang memasuk tahap ledakan

Termasuk Michael Chung yang mengatakan dirinya beruntung setelah mendapatkan ledakan meteor Perseid. Biasanya meteor akan lewat dengan garis menyala diatas langit. Michael sampai tidak percaya

Nasa memberikan data bintang yang dekat dengan matahari. Cukup banyak, terdapat 53 bintang. Ada yang berada di garis lintang tengah bila dilihat dari bumi, yang lain sebagian lagi ada di bagian utara dan selatan bumi.

Diawali dari tata surya dengan keberadaan di bumi. Semua terlihat serasi dan berputar pada tempatnya. Menurut ahli astronom, diluar sana berbeda. Dikatakan kacau bahkan saling menghancurkan.

Dari Cary dan Michael memberikan gambaran alam semesta. Memudahkan kita belajar mengetahui sebesar apa nebula, dan alam semesta ini. Sejauh manusia bisa memandang dan memperkirakan



Bisa di zoom dari matahari , Bimasakti terus menjauh ke semua galaksi




No popular articles found.