Galaksi NGC 1232 ditabrak galaksi kecil sudah berlangsung jutaan tahun


Science | 16 August 2013

Satelit observasi Chandra memiliki kemampuan untuk melihat objek diruang angkasa dengan sinar X-Ray. Sehingga dapat mengabadikan bintang yang memiliki thermal walau tertutup kabut atau debu di ruang angkasa.

Teleskop Chandra kali ini menampilkan 2 galaksi yang bertabrakan, dan keduanya menghasilkan gumpalan gas spiral panas. Terlihat dengan warna ungu, ukurannya amat sangat besar. Sedangkan warna putih dan biru adalah bentuk pengamatan dari optik.  Jarak galaksi NGC 1232 berada 60 juta tahun cahaya sedang ditabrak oleh galaksi lain yang lebih kecil.

Walau keduanya fenomena alam ini baru ditemukan, kejadiannya sudah berlangsung lama. Setidaknya tabrakan keduanya sudah berlangsung selama 50 juta tahun. Dan akan terus menyala sampai puluhan tahun lagi.



Dwarf Galaxy Caught Ramming Into a Large Spiral Galaxy . Gambar ukuran asli dari NASA

+ NASA

Berita terkait
Tahun 2016 sebuah meteorit ditemukan oleh seorang pencari emas. Awalnya dianggap emas, tapi nilainya lebih berharga dari itu. Sebuah batu yang jatuh dari ruang angkasa menghasilkan mineral uakitite. Pembentukan mineral diperkirakan hanya terbentuk ketika terkena suhu 1000 derajat C. Mineral uakitite disebut sebagai materi langka karena terbentuk hanya dalam kondisi ekstrem.

Kedua galaksi saling berinteraksi atau tarik menarik. Letaknya di konstelasi Canis Major. Keduanya bertabrakan tepat di tepi sisi galaksi. Karbon monoksida di galaksi IC 2163 terbentuk dari tsunami bintang dan gas akibat kedua galaksi bersinggungan



Tim observasi teleskop WM Keck di Hawai berhasil menghitung galaksi EGSY8p7, satu galaksi EGS-zs8-1 dengan teleskop Hubble. Mereka melihat sebuah titik cahaya sangat tua yang jaraknya 13,2 dan 13 miliar tahun cahaya dari Bumi. Galaksi ini terlihat dari teleskop ruang angkasa, dan hanya selisih 600 juta tahun setelah terjadi Big Bang. Disebut sebagai galaksi sejarah ketika pembentukan alam semesta.

Gambar yang tajam ini mengungkap galaksi yang terbesar dibelakang bintang dan debu dari galaksi Bima Sakti. Berada di batas utara dengan konstelasi Pegasus. Galaksi NGC 7331 paling terang, tapi yang menganggu dibelakangnya dari 4 galaksi yang akan bertabarakan

Bentuk galaksi melakukan tranformsi dari bentuk elips menjadi beberapa bentuk akibat tabrakan atau fenomena yang terjadi dari galaksi sendiri. Galaksi dapat terlihat seperti mata, memiliki bentuk pipih dengan cahaya sangat terang ditengah, galaksi dapat berantakan ketika saling bertemu.

Galaksi NGC 1433 diabadikan oleh NASA ESA dari teleskop Hubble. Struktur warna di pusat galaksi ini yang menarik. Dari teleskop Alma di bumi menganalisa gambar lama dan baru. Alma adalah teleskop gelombang radio yang berada di Chili.

Tapi ada miliaran bintang yang membentuk alam semesta. Tidak semuanya sama, bahkan beberapa bentuk sangat unik. Melihat dari foto mereka memang menarik, tapi tidak menarik bila melihat dampak terjadinya disana. Seperti apa penampakan benda aneh di alam semesta.



Bintang Nova Delphine 2013 baru saja terlihat lebih terang menyala pada 16 Agustus. Kejadian langka ditemukan pertama oleh astronomi asal Jepang pada 8 Agustus 2013 lalu. Bintang Nova Del sedang memasuk tahap ledakan

Di konstelasi Triangulum ada sepasang galaksi yang diberi kode PGC 0974 dan PGC 9071. Keduanya cukup dekat dan terikat dengan grativitasi. Walau terlihat tidak ada gangguan di antara keduanya, mungkin saja kedua galaksi akan saling tarik menarik.

Gambar menakjubkan dari NASA mengambil 2 galaksi yang bertabrakan. Ditangkap oleh Hublle Space Telescope, Galaksi Sprial NGC 2936 dan Galaksi lain pendamping NGC 2937 atau dikenal sebagai Arp 142 memiliki bentuk elip

Umumnya sebuah galaksi memiliki 2 spiral atau lebih. Tetapi galaksi NGC 4725 hanya satu memiliki satu spiral saja. Mungkin aneh, tetapi biasa bagi penemuan di dunia astronomi.

Dari European Space Agency menemukan 2 galaksi secara tidak sengaja sebagai peristiwa kosmik langka. Dua galaksi yang sudah tua bergabung menjadi satu dengan ukuran lebih besar

Galaksi spiral NGC 6872 yang ditemukan NASA menjadi galaksi spiral terbesar saat ini. Rentangnya mencapai 552 ribu tahun cahaya, dan jaraknya memang jauh sekitar 212 juta tahun cahaya dari Bumi.




No popular articles found.