Rumah sejuk, gedung atau pabrik sejuk tanpa AC , tanam pohon saja.


Green | 25 June 2011

Disebut Kyocera Grows Green Curtain, sebuah rancangan tembok dengan tumbuhan.
Memanfaatkan tumbuhan yang tumbuh disamping tembok gedung , kantor , pabrik atau rumah dapat menahan panas matahari masuk. Sehingga musim panas tidak terlalu berdampak pada suhu panas dirumah dan mengurangi pemakaian AC.



Kyocera Grows Green Curtain memberikan informasinya pada situs global.kyocera.com
Cara menanam tumbuhan, pemakaian dan pemasangan sudut jaring sebagai tirai penahan panas matahari, pertumbuhan dan cara percocok tananam sampai jenis tumbuhan yang digunakan.

Apa saja hal penting yang perlu diperhatikan.

  • Ada 3 tumbuhan merambat yang disarankan.
  • Tempat untuk menanam disekitar tembok gedung, baik tanah dan pot
  • Tipe dan ukuran jaring yang bisa dipakai.
  • Sudut pemasangan dari arah sinar matahari.


Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat via global.kyocera.com


Berita terkait
Film Before the Flood, adalah film dokumenter yang dibintangi Leonardo DiCaprio. Dibuat oleh National Geographic, sudah tayang jaringan TV Nat Geo. Apa saja yang akan hilang akibat perubahan iklim. 11 ribu lebih ilmuwan dari 153 negara menyerukan keadaan darurat dengan perubahan iklim. Sekarang ini terjadi

Disain dapat dibuat seperti ruang kafe, hanya partisi pendek tetapi lebih rendah ketika seseorang berdiri. Jika karyawan memerlukan konsentrasi selama kerja atau yang lain lebih banyak melakukan pembicaraan. Tapi beberapa pekerjaan sebaiknya memberi tempat ruang tertutup agar konsentrasi pekerjaan lebih baik.



Bagaimana memanfaatkan botol bekas, apakah bisa dijadikan pendingin ruangan tanpa AC. Caranya sangat mudah, dengan modal beberapa botol plastik saja yang dipasang di jendela rumah. Mampu menurunkan suhu ruangan 5deg C lebih rendah. Tentu berdasarkan arus angin yang melewati botol bekas yang dijadikan arus udara masuk.

Rumah dengan atap hijau menjadi tantangan para arsitektur. Biayanya tidak murah, khususnya struktur bangunan. Tapi memberik dampak yang baik, membuat atap hijau akan memperbaiki suhu ruang rumah.  Salah satunya struktur bangunan harus kuat untuk menopang taman diatap rumah. Dan rumah harus dibuat terlindung dari kebocoran air dari taman diatasnya.

Membuat pupuk organik dapat mengunakan bahan sederhana. Kulit pisang, kulit telur, ampas kopi, air aquarium sampai cuka dapat dijadikan pupuk untuk penyubur dan menjaga tanaman lebih sehat. Sampah dirumah anda adalah pupuk untuk tanaman.

Rumah Heliotrope dirancang arsitek Ralph Disch. Memiliki disain bisa berputar dengan panel surya. Panel akan bergerak mengikuti cahaya matahari dan memaksimalkan energi listrik. Menjadi rumah pertama dengan listrik 0 alias bisa menghasilkan listriknya sendiri.

Rumah dengan pohon di atap gedung. Dirancang arsitek Vo Trong Nghio, membuat rumah seperti kotak dengan fasilitas 2 lantai. Total luas tanah rancangan rumah ini sekitar 226 meter persegi. Ada 5 rumah yang dibangun, memiliki ketinggian berbeda beda.



Apa yang anda pilih agar rumah lebih sejuk. Gunakan saja atap dengan warna putih. Karena lebih efisien untuk memantulkan panas dari cahaya matahari. Tapi tidak salah bila mengunakan warna hijau, maksudnya ditanam dengan rumput di atap gedung atau di cat dengan warna putih

Sering menemukan plastik bekas tempat telur dan suka berkebun kecil. Keduanya bisa disatukan. Tempat telur dari plastik biasanya dibuang setelah isinya habis. Bila menyukai menanam pohon, bisa memanfaatkan tempat telur bekas untuk bibit baru.

Rumah rancangan Al Corbi, anti peluru, mirip rumah tapi ala bunker. Rumahnya memiliki kunci ganda, dan dirancang elektronik dengan sistem biometrik. Tidak perlu takut gempa karena dirancang  rangka baja. Paranoid, mungkin. Tapi ini yang terjadi, milyader mau membangun rumah sangat mahal

Tempat menanam pohon bisa dimulai dari jendela, balkon bahkan sudut rumah. Apa saja yang bisa ditanam, bila suka sayur bisa menanam seperti tomat, cabai, daung bawang dan lainnya

Satu cara membuat rumah lebih sejuk dengan menambahkan tanaman seperti rumput diatasnya. Ada disebuah rumah di Brazil

Freedom Room adalah ruangan kamar dan tempat belajar dengan ukuran 2x2,7 meter. Di dalamnya sudah tersedia dapur, ruang tidur, WC, tempat mandi, tempat barang, bahkan untuk olahraga.

Ahli biokimia Pierre Calleja mampu membuat lampu dengan bahan gangang. Bahkan gangang yang hidup di dalamnya mampu menyerap 200x lebih banyak gas CO2 dibanding pohon dengan kemampuan penyerapan mencapai 1 ton pertahun.



Electric Car Smart Insect by ToyotoMobil kecil dengan kecepatan 60km perjam dan jelajah 50km

Mengunakan botol plastik untuk di daur ulang atau digunakan kembali menjadi produk berbeda. Satu ide dari disainer Garth Britzman dengan 1500 botol bekas.

Ini bukan pertama kali rumah dibuat dengan kontainer bekas. Tapi yang ini, rumah cantik dari kontainer bekas.

Solarcell atau panel surya umumnya diletakan di atap rumah. Untuk menangkap sinar matahari lalu dirumah menjadi listrik DC. Satu penelitianbaru dari universitas California mengatakan ada manfaat lain dengan solar cell.

Gabriela Calvo dan Marco Peralta ingin memiliki rumah impian. Tetapi mereka tidak mau terlibat hutang dengan membangun rumah mewah. Mereka tidak mau membeli rumah murah atau murahan. Apa salahnya membangun rumah dari kontainer bekas.

Produsen alat olahraga Puma mulai mengunakan kantong plastik ramah lingkungan. Kantong berwarna merah kelihatan mencolok, tetapi mudah hancur secara alami dalam waktu 3 bulan saja. Tahun 2010 produsen perlengkapan olahraga Puma mulai beralih dari kantong kertas box sepatu.

Sedang diuji coba dari pemakaian lampu LED, AC dan tingkat efisiensi konversi DC bagi peralatan elektronik

Rumah ini menjadi rumah paling cantik yang pernah dibuat dengan kontainer bekas. Mengunakan 8 buah kontainer dan ditumpuk untuk membangun 2 lantai serta dibuatkan atap. Sebelum dibangun, kontainer sudah dibuat lebih dahulu

Data terbaru yang diungkap, energi solar cell saat ini bisa ditawarkan dengan harga 14 sen atau kurang untuk per KWh. Sementara nuklir membutuhkan dana 14-18 sen untuk per KWh.




No popular articles found.
< /body>