Purna jual lensa Tamron di Amerika sudah memperbaiki service mereka. Tamron USA akan memperbaiki kerusakan lensa dalam waktu 3 hari kerja. Pembelian lensa untuk Juli 2013 akan diberikan garansi selama 6 tahun. Sehingga pembeli dapat menerima perbaikan gratis bila lensa terjadi masalah selama masa garansi.

Lamanya perbaikan lensa dan camera memang dikeluhkan oleh penguna camera DSLR. Perbaikan dapat memakan waktu selama 1 bulan. Tapi tidak dengan produk Tamron yang dipasarkan di Amerika.

Dibawah ini pengumuman dari Tamron
August 14, 2013, Commack, N.Y.- Tamron USA announced that the company now offers 3-business day repair service turnaround for photographic lenses. This achievement works to alleviate customer concerns that when they send in a product for repair service, they may be left without that product for some time. Now, all lenses received in our system by noon EST are estimated the same day and moved onto the next stage. Lenses under warranty (Tamron USA offers a 6-year limited warranty on its photographic lenses) are repaired and shipped back to the customer within three business days. Out of warranty lenses are repaired and shipped back within three business days of the customer's approval of the repair estimate.

"We are thrilled here at Tamron USA to supply our customers with a 3-business day turnaround time," stated Pat Simonetti, Director Technical & Customer Service/Distribution. "With the support of our parent company, we were able to take the necessary action to build upon our staff and make this dream a reality. This accomplishment was and continues to be a real team endeavor. I truly appreciate the efforts from all of those involved in this project," said Simonetti.


Tamron Amerika tidak memberikan layanan bila produk bukan di beli dari Tamron USA.

+ www.tamron-usa.com/reg/Welcome.asp

Untuk Tamron Indonesia ditangani oleh Ana-photo.com

Bila mengalami masalah, kerusakan lensa Tamron, dapat di service center di Indonesia.
Ana-photo sudah mendapat penghargaan dari CEO Tamron Morio Ono kepada pemimpin Ana-Photo Indonesia Bpk Hadi Airbowo.
Karena pelayanan service center terbaik dan dapat melakukan service dalam waktu 3 hari sejak tahun 2011.
Penguna di seluruh Indonesia bisa mengirim lensa yang perlu di service ke Ana-Photo.
  • Untuk lensa dengan garansi resmi Tamron Indonesia, jika lewat masa garansi Ana-Photo dibawah 2 tahun maka biaya service
    mendapatkan diskon 60% dan sparepart mendapatkan diskon 40% sedangkan lewat masa garansi diatas 2 tahun maka biaya service mendapatkan diskon 50% dan sparepart mendapatkan diskon 30%.
  • Selama masa garansi (2 tahun) maka tidak dikenakan biaya service dan sparepart kecuali kerusakan disebabkan oleh faktor user (jamur, jatuh, kena air, dll ) dan bencana alam maka akan dinyatakan kategori lewat garansi. Ongkos kirim kembali GRATIS bagi lensa dengan status masih masa garansi.
  • Kerusakan dan pengantian sparepart yang ditangani, termasuk kaca lensa, diafragma, sirkuit elektronik lensa, karet bodi lensa, motor lensa serta kalibrasi lensa.
  • Dalam masa garansi, biaya pengiriman kembali setelah lensa yang selesai di perbaiki ditanggung oleh Tamron Service Center Indonesia. Pemilik lensa dapat melaporkan dan mengirim lensa ke ana-photo.com
  •  Status informasi perbaikan lensa dapat dilihat via online www.ana-photo.com/service/Status
Peralatan dan pelatihan teknisi dari Tamron Indonesia sudah lebih dahulu dilakukan, dibanding layanan Tamron USA. Bila memiliki masalah lensa, atau perbaikan kaca yang tergores dapat dikirim ke alamat Service Center Tamron Indonesia.

Alamat service center Ana Photo
Komplek Rukan Taman Meruya
Blok M 88 Jakarta 11620
Tel 021 5845320-29


Lokasi depan Tamron Service Center
Lokasi dari Tamron Service Center Google Maps

Service lensa dapat dikirim melalui jasa ekspesidisi seperti paket JNE atau TIKI.


View Lokasi Tamron Service Center in a larger map

Penyebab kerusakan lensa Tamron yang masuk dari data service center.

Kami mendapatkan informasi bagaimana lensa Tamron dapat diperbaiki dan penyebab kerusakan lensa dari pemakaian.

Kerusakan pada bagian ekternal lensa
Bagian lensa depan tergores, umumnya lensa terjatuh atau terbentur
Kerusakaan Switch, seringkali karena ketidaktahuan pemakai dan memaksakan memindahkan switch ketika posisi lensa terkunci.
Per dan tuas diafragma di bagian mounting lensa
Karet lensa melar untuk lensa model lama, kecuali model terbaru sudah mengunakan bahan karet lebih baik.



Kerusakan bagian internal lensa
Tim teknisi Tamron mengatakan kasus reparasi bagian internal sangat jarang dilakukan.
Bagian mekanik gear dari motor driver lensa. Karena dipaksakan diputar atau mengalami stres. Komponen gear ini dibuat dari plastik bisa terjadi aus.



Bila terjadi kerusakan lensa Tamron, seluruhnya dapat ditangani langsung di Indonesia termasuk dukungan sparepart yang lengkap. Dengan informasi diatas, kita dapat mengetahui bagaimana merawat lensa Tamron. Mencegah kerusakan lensa dapat dihindari bila kita mengetahui cara kerja mekanik sebuah lensa.

Kesiapan staf teknisi Tamron Indonesia Update 2015
Bagaimana persiapan teknisi Ana Photo sebagai Authorized Dealer produk Tamron. Pada tanggal 22 -23 Mei 2015 lalu Ana Photo kembali mengirim 2 teknisi dari Indonesia untuk pelatihan perbaikan lensa Tamron di Jepang.

Bertempat di Aomori salah satu pabrik lensa Tamron, bersama beberapa staf lain dari Singapura, Malaysia, Thailand dan Indonesia.
Selama 2 hari para teknisi dapat melihat mesin lensa Tamron, seperti mesin SMT Line dan Punching Line serta peralatan mesin lain dalam memproduksi dan kualitas kontrol lensa sebelum dikirim ke konsumen.

Pelatihan tahun ini untuk memperbaiki lensa Tamron tipe 150-600mm VC, 16-300mm PZD, 28-300mm PZD dan 15-30mm dengan software khusus. Serta diberikan review dari software kalibrasi Tamron 70-200 VC

Tamron AF 70-300mm F/4-5.6 Di LD MACRO

Lensa Tamron AF 70-300mm F/4-5.6 Di LD MACRO memiliki fitur zoom 70-300mm, bila dipasangkan ke bodi camera APS-C akan naik 1,5x lebih. Lensa zoom murah ini cukup menarik, perlu pengalaman dalam pengunaan. Bila mengetahui kelemahan Tamron AF 70-300mm F/4-5.6 Di LD MACRO, hasilnya tidak mengecewakan.