Sekilas dari International Space Station atau ISS


Kategori : Science | Date : 15 August 2013
Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang International Space Station atau ISS.

Stasiun ruang angkasa ini pertama diluncurkan tahun 1998.

Sekarang sudah sedemikian besarnya bahkan bisa diabadikan dari bumi.



Apa saja yang terjadi di ISS.

  • November 2010 pertama kali dirayakan manusia tinggal disana. 196 astronot pernah menginap disana dari 8 negara berbeda.
  • Ukuran ISS merupakan objek paling besar dibanding satelit lain. Lintasan cahayanya bisa diabadikan dengan camera
  • Sejak modul pertama dari ISS atau nama lainnya sebagai Zarya. ISS sudah mengorbit atau mengelilingi bumi lebih dari 68 ribu kali dan setara 2,7 milyar km. ISS mengorbit bumi setiap 90 menit sekali
  • Untuk membangun ISS menjadi stasiun ruang angkasa lengkap. 2 November 2010 lalu sudah 103 kali peluncuran dan pengiriman modul kesana. 67 dari roket Rusia, 34 dari pesawat ulang alik, 1 rocket dari Jepang dan Eropa.
  • 150 kali astronot keluar dari kabin untuk memperbaiki ISS dengan total 944 jam.
  • Di ISS sebagai laboratorium ruang angkasa memiliki lab untuk menguji coba biologi, kimia, pengobatan, psikologi dan fisik.
  • Ukuran paling besar ada di surya panel. Berat stasiun ini mencapai 375 ton. Memiliki 5 ruang tidur, 2 kamar mandi dan satu tempat olahraga. Panel surya menghasilkan listrik dengan kapasitas 75-90kW dan cukup untuk listrik 40 rumah
  • Untuk mengendalikan ISS dibutuhkan 3,3 juta code program di bumi, dan 1,8 juta baris program penerbangan. Karena semua diatur secara elektronik.
  • Chris Hadfield baru pensiun sebagai astronot. Pernah tinggal 5 bulan di ISS, menyanyikan lagu disana, main gitar, foto, dan pernah menjadi kepala ISS.
Cerita lain dapat dilihat pada link dibawah ini.

Mengirim barang dan astronot ke pesawat ISS setidaknya membutuhkan waktu 2 hari. Dari peluncuran, mulai mendekat, merapat dan docking. Kali ini lebih cepat. Pesawat Soyuz Progress 70 hanya membutuhkan waktu 4 jam, mengalahkan rekor Soyuz 34 di tahun 2013.

Voyager 1 sudah di konfirmasi oleh NASA sudah meninggalkan tata surya. Roket pendorong untuk mengarahkan antena pesawat akan diposisi ulang. Tetapi roket pendorong Voyager 1 terakhir dinyalakan 37 tahun lalu. The Farthest (2017) film 40 tahun perjalanan Voyager 1 dan Voyager 2. Saat ini pesawat masih terus menjauh dengan kecepatan 15 - 17km perdetik

NASA mengunakan satelit Swift untuk merinci gambar dengan ultraviolet. Ribuan gambar sudah dikumpulkan dan menghasilkan gambar utuh selebar 160 megapixel. Seperti apa bentuk galaksi kita bila di zoom sangat jauh, gambar miliaran bintang itu sangat luar biasa.



2 camera di stasiun ISS sedang dipasang sejak 27 Januari. Camera pertama untuk publik dengan resolusi lebih rendah, dapat memperlihatkan keadaan bumi dari stasiun ruang angkasa. Seperti apa gambar realtime video ke arah Bumi tersebut

Berapa jumlah satelit di ruang angkasa yang mengorbit Bumi. Mungkin terbayang ratusan atau ribuan. Satu data satelit realtime ini memberikan gambaran, bahwa bukan Bumi saja yang sesak dengan pesawat terbang. Tapi di ruang angkasa kondisinya sama dengan 1000 lebih satelit. Amerika memiliki separuh satelit di ruang angkasa

Cerita menarik dengan kerjasama Rusia dan Amerika. Bila Rusia ribut dengan negara lain seperti Amerika. Sedangkan Rusia yang mengirim astronot ke ruang angkasa. Bagaimana nasib astronot yang sedang berada diatas.

Hari ini 17 Februari 2014 sebuah satelit tua milik Rusia akan jatuh ke bumi. Rusia memberikan data lintasan satelit ini sekarang. Satelit pengintai Kosmos 1220 diperkirakan akan terbakar dalam beberapa hari kedepan.



Sebuah susunan planet ditemukan oleh tim astronomi Eropa. Nyaris paralel seperti tata surya kita, disana ada 7 planet dan mengitari satu bintang. Mencakup 1 atau 2 Exoplanet dengan bintang utamanya. Tata surya KOI - 351 memang sudah terditeksi, tapi hanya masuk daftar tunggu teleskop Kepler.

Westerlund 1 disebut juga Ara Cluster adalah tempat dengan jumlah besar bintang di satu tepat di galaksi Milky Way. jaraknya sekitar 3,5-5.000 pc atau sekitar 15000 tahun cahaya. Kelompok bintang dapat muncul ditepian galaksi seperti Messier 55.

Perusahaan antariksai Jaxa asal Jepang berhasil meluncurkan roket Epsilon. Membawa sebuah teleskop Sprint-A untuk observasi planet. Jaxa hanya membutuhkan biaya $37 juta. Dibanding biaya roket generasi sebelumnya yang lebih mahal

Termasuk Michael Chung yang mengatakan dirinya beruntung setelah mendapatkan ledakan meteor Perseid. Biasanya meteor akan lewat dengan garis menyala diatas langit. Michael sampai tidak percaya

Bila malam hari sebuah kota mati lampu, apa yang akan kita lihat. Langit tidak kosong, tapi tidak pernah kita bayangkan seperti apa. Tata surya termasuk Bumi , Matahari dan Jupiter, dan tata surya adalah bagian sangat kecil dari Bimasakti atau disebut juga Milky Way.


No popular articles found.