Teleskop Green Bank sebagai teleskop radio terbesar


News | 13 August 2013

Sebuah kota kecil ini hanya di tinggali 149 orang, terletak di tengah zona radio dengan luas 13 ribu mil persegi. Di area ini semua alat elektronik dilarang. Dari perangkat radio, WIFI, siaran TV, ponsel dan bluetooth yang bisa memancarkan gelombang radio tidak boleh masuk. Apa yang ada di kota ini.

Kota Green Bank di West Virginia dirancang tanpa gangguan gelombang radio. Karena ditempat tersebut terdapat sebuah radar Green Bank Telescope. Salah satu radar paling kuat untuk mengamati satelit dan sangat sensitif menangkap gelombang radio. Di kota ini hanya tersedia 1 telepon umum, kecepatan internet tersedia tapi hanya secepat kecepatan dial up.

Bila mengalami gangguan penyakit akibat gelombang radio. Kota ini bisa menjadi pilihan, karena begitu tenang dan tidak ada signal radio di radius sangat besar. Tapi jangan berharap banyak dengan fasilitas umum. Kota ini tidak memiliki supermarket atau toko kelontong, tidak ada restoran, tidak ada rumah sakit.



Ukuran piring teleskop Green Bank memiliki diameter 100m. Dibangun dari tahun 1991-2002 tapi sudah beroperasi tahun 2000. Teleskop ini tidak mengunakan optik tapi sinyal radio. Mengangkap sinyal dari bintang mati atau mencari Pulsar, global cluster seperti Messier 62. tahun 2006 menemukan bidang magnetik di awan Orion dan kumpulan gas hidrogen sangat besar dalam bentuk gelembung yang berada 23 ribu tahun cahaya atau dikenal Ophiuchus Superbubble

Dibawah ini video dari NatGeo tentang teleskop radio terbesar Green Bank




View Larger Map

Berita terkait
Teleskop raksasa Thirty Meter resmi dimulai 7 Oktober 2014. Pembangunan teleskop ini akan menghabiskan dana 1,4 milliar dollar. Berada diatas gunung Mauna Kea. Bila selesai dibangun, nantinya ada 3 teleskop raksasa di dunia. termasuk TMT.

NASA mengunakan satelit Swift untuk merinci gambar dengan ultraviolet. Ribuan gambar sudah dikumpulkan dan menghasilkan gambar utuh selebar 160 megapixel. Seperti apa bentuk galaksi kita bila di zoom sangat jauh, gambar miliaran bintang itu sangat luar biasa.



Astronomi, foto yang dibuat tidak lepas dari cermin teleskop. Dimana pabrik pembuat cermin teleskop untuk ruang observasi bahkan teleskop ruang angkasa Hubble. Dan bagaimana sebuah pabrik membuat cermin sangat besar dan presisi

Fenghuang adalah kota kuno terletak di sudut barat daya provinsi Hunan China dan ditengahnya melintas sungai tua Jiang Tuo. Kota ini terawat baik, dan tidak tersentuh modernisasi, mempertahankan bahasa yang unik, serta istiadatnya. Struktur bangunan masih lengkap dengan khas gaya Ming dan Qing.

Shanghai akan masuk daftar sebagai tempat gedung tertinggi di dunia. Shanghai Tower akan menjadi gedung tertinggi ke 2 dengan ketinggian 2073 feet. tahun 1987 kota Shanghai memiliki gedung, tapi rata rata hanya dibawah 15-20 lantai. Sedangkan distrik baru di seberang hanya ditempati rumah biasa.

Beberapa kota tertinggi di dunia berada di ketinggian 3500 meter. Kota tertinggi lebih banyak berada di Amerika Selatan, dan 2 kota lain di wilayah pegunungan Himalaya. Bagaiaman dengan kota tertinggi di 5000 meter. Apakah ada manusia tinggal disana.

Fotographer asal Rumania Maximilian Teodorecu memiliki hobi sebagai astronomi. Mengunakan teleskop 1800mm f/12 Maksutov, dia ingin mencoba kemampuan teleskopnya di akhir minggu.



Cita cita kota Vancouver adalah menjadi kota hijau di tahun 2020 nanti. Ide terbaru adalah membuat jalan dari plastik. Nah loh, apa nanti tidak terbakar kalau terkena percikan api. Tentu bukan jalan plastik biasa, melainkan plastik bekas yang di daur ulang untuk melapisi jalan.

Mengunakan camera InfraRed. Hasilnya berbeda dengan tayangan biasa. Resolusi mencapai 70MB

Tokyo Jepang, tetap menjadi kota paling mahal di dunia. Disusul kota Oslo Norwegia

Sebuah team dioperasikan oleh pasukan Air Force ke 20 Space Control dan dibuat oleh Lockheed Martin, Northrop dan Raytheon. Pekerjaan pasukan ini memantau semua satelit yang ada di atas orbit, termasuk stasiun ruang angkasa international sampai teleskop Huble.




No popular articles found.