SSD dalam bentuk memory module, Viking SATADIMM


Hardware | 13 August 2013

Viking SATADIMM memiliki bentuk seperti memory module, tapi terdapat port untuk SATA. SSD storage umumnya dibuat dengan case harddisk 2,5 inch. Atau dibuat dalam module yang dicolok ke PCIe atau langsung ke port SATA.

SATADIMM memiliki bentuk seperti memory DDR. Di pasang di slot memory, dan kabel port untuk tranfer data untuk data storage terhubung dibagian atas. SATADIMM langsung dipasang pada slot memory yang kosong, dan power diambil dari slot memory.



Viking SATADIMM saat ini baru tersedia dalam kapasitas 512GB, kedepan akan dibuat untuk interface SAS dari 1 dan 2TB.

Berita terkait
Phison PS5008-E8 dan PS5008-E8T sebagai controller SSD murah. Tapi melalui jalur PCIe 3.0 x2 dan NVMe. Performa SSD ini memiliki kecepatan 1,1GB/s dan 1,05GB/s untuk read dan write. Tapi produk ini belum selesai walau sudah tampil untuk test di publik, final produk lebih cepat

SSD masih mengantung harganya, kapasitas 100GB masih di kisaran $100. SSD dengan kapasitas kecil umumnya dibuat lebih lambat. Samsung menawarkan SSD 840 EVO, kembali muncul bug dan SSD melambat sudah 4 bulan



2 petabyte setara 2.000.000 gigabyte. Seandainya SSD yang dimiliki dengan kapasitas 128GB. Setiap hari digunakan untuk penulisan penuh ke dalam SSD. Sama saja mengkopi satu SSD kapasitas penuh selama 15625 kali. Atau SSD baru mencapai batas 2PB setelah 42 tahun.

Bottleneck di SATA menjadi kendala karena SATA hanya dapat dilalui sampai 6Gbps. Toshiba menawarkan kecepatan tinggi dengan RevoDrive via PCIe dan kecepatan tranfer mencapai 3X lebih cepat dari SATA SSD.

SSD Sandisk CloudSpeed memiliki fitur daya tahan untuk write. SSD ini ditujukan untuk kelas enterprise atau ditujukan untuk pengunaan server. Ada beberapa model SSD buatan Sanddisk seperti CloudSpeed Extreme, Ultra, Ascend dan Eco

Toshiba HK3R eSSd memiliki fitur sedikit berbeda dibanding SSD performa. Kecepatan maksimum untuk read mencapai 500MB/s sedangkan Write hanya 400MB/s atau 280MB/s untuk kapasitas lebih kecil dengan koneksi SATA.

Samsung baru membuat SSD mini dengan kapasitas 1TB. Ukurannya dapat dipasang untuk ultrabook dengan disain mSATA 1,8 inch. Update Fix Firmware Samsung SSD 840 EVO



Intel akan mengeluarkan 2 SSD, satu model  tidak melalui jalur SATA interface. Intel SSD DC P3500 dan DC P3700 akan terhubung ke slot PCIe untuk menghilangkan kelambatan tranfer data. Top speed mencapai 2GB perdetik

Adata DashDrive Elite SE720 sebuah SSD storage dengan koneksi USB 3.0. Memiliki kecepatan maksimum 400MB/s read dan 300MB/s untuk write. Bodi SSD dibungkus dengan plat stainless steel

Toshiba memperkenalkan Toshiba Q Series Pro SSD. Spesifikasi Toshiba Q belum resmi diumumkan, tapi kapasitasnya antara 128, 256 dan 512GHB. Jadi belum diketahui seberapa cepat generasi chip NAND Flash di Toshiba Q ini.

Cryengine membuat demo di Youtube. Engine 3D untuk game Cryengine dapat digunakan untuk console terbaru termasuk PC.

Adata Premier Pro SP310 mSATA ditujukan untuk penguna computer atau notebook solusi biaya lebih murah. Adata Premier Pro SP310 sudah mendukung Intel Smart Response Technology (SRT). Membuat SSD mSATA menjadi cache dari tradisional harddisk.

SSD MyDigital sebuah SSD kecil tanpa case. Mengunakan controller Phison S9 dengan Toshiba 19nm chip MLC. Tapi kapasitasnya hanya dari 24 sampai 128GB saja. Harganya relatif murah.

Bitfenix Prodigy M sebuah case computer compact, tidak terlalu besar tapi tidak kecil, ukurannya pas. Case ini hanya untuk motherboard tipe Micro-ATX atau Mini-ATX saja. Bisa memasukan VGA sepanjang 320mm.



Apacer SATA Disk Module 5 memiliki 22PIN SATA 3 Modular SSD adalah SSD yang dikemas dalam bentuk sirkuit board. Tidak di tutup seperti SSD umumnya. Ditujukan untuk computer embedded atau computer khusus

Seagate ST1000DX001 memiliki memory SSD 8GB untuk membantu tranfer data dari harddisk, SSD dan computer. Memiliki kecepatan 7200RPM, 64MB cache buffer serta koneksi SATA 6Gbps. Seagate memberikan garansi selama 3 tahun.

Satu model lain dari Samsung XS1715 SSD diumumkan oleh Samsung minggu ini. SSD ini ditujukan untuk kelas enterprise, memiliki kapasitas terbesar 1.6TB. Secara teori, disain Samsung XS1715 SSD mampu memberikan tranfer read data sampai 3.000MB/s atau 6x lebih cepat dari SSD biasa.

Seagate keluarkan harddisk yang mampu bekerja 24 jam nonstop dengan kapasitas 4TB. Pemakaian power lebih hemat 32% dan harga harddisk lebih murah. Seagate memberikan garansi selama 3 tahun pemakaian.

Ada 2 komponen chipset yang mengatur kecepatan SSD. Internal chip dari SSD seperti SandForce, dan pengatur I/O di motherboard. Kombinasi chipset menghasilkan performa berbeda.

Kapasitas SSD tahun ini masih berputar antara 500 dan 250GB. Diantara itu saja, hanya produk premium berani benawarkan kapasitas diatas 500GB. Diakhir tahun ini ada perubahan radikal pagi penguna SSD, kapasitas semakin besar mencapai 2TB.




No popular articles found.
< /body>