Lensa beli atau sewa dulu, untuk mengabadikan satu momen atau untuk belajar sebelum membeli lensa sendiri


Kategori : Digital | Date : 12 August 2013
Mereka yang memiliki camera DSLR umumnya sudah diberikan paket lensa dari produsen. Lensa camera memiliki banyak pilihan. Dari lensa standar dengan zoom, tele zoom, prime lense, wide angle lens dan lainnya.

Mungkin suatu hari anda memiliki sebuah pilihan lensa, atau tertarik mengunakan sebuah lensa untuk satu acara khusus. Apakah harus membeli lensa, sedangkan lensa yang anda inginkan tidak murah. Bagaimana bila diawali dengan menyewa lensa, sekarang sudah ada beberapa situs online menawarkan jassa penyewaaan lensa untuk camera. Atau ingin mencoba DSLR dengan menyewa lebih dahulu sebelum membeli, juga ditawarkan di beberapa jasa penyewaan. Bahkan satu layanan memberikan jasa antar dengan biaya tambahan. Beberapa tempat juga menyediakan jasa membersihkan camera.

Memiliki camera DSLR membutuhkan perawatan, disamping harganya tidak murah. Bahkan beberapa lensa memiliki harga puluhan juta. Apakah kita selalu mengunakan lensa mahal setiap hari, tentu saja tidak. Bisa kita hitung bila membeli sebuah lensa cukup mahal, berapa kali akan digunakan. Membawa lensa besar yang mahal akan terlihat keren, tapi repot dan mahal. Untuk mengabadikan sebuah acara, akan lebih murah dengan menyewa dahulu. Setidaknya lensa yang dituju memang memiliki manfaat.

Sewa lensa yang ditemukan saat ini ada di Jakarta, Bandung dan Jogya. Layanan sewa lensa camera tidak hanya menawarkan lensa saja. Dari camcorder kelas Pro, crane, lampu flash, lampu studio dan lainnya. Harganya relatif murah, hanya persediaan lensanya terbatas. Setidaknya harus di booking jauh hari. Dan tarif sewa lensa lebih mahal pada waktu libur Sabtu dan Minggu.

Contoh saja, lensa tele Lensa Canon 70-200, f 2.8 IS. Untuk satu hari bisa di sewa hanya 175 ribu sampai 300 ribu untuk 2 hari.
Atau lensa Prime lens Nikon AF 24mm f/2.8D masih dijual 2-3 juta lebih. Bisa disewa seharga 120-180 ribu untuk sewa perhari dan paket weekend hari Sabtu dan Minggu.

Info sebagian dari beberapa situs penyewa lensa DSLR yang kami dapat dibawah ini. Bisa menghubungi jasa layanan sewa beberapa dibawah ini.

+ Sewacamera.com - Jl. Thamrin Boulevard (d/h. Jl. Kebon Kacang Raya), Jakarta Pusat
+ Rentalalat.com - Jl.Antena V/8 No.22,Radio Dalam,Jakarta Selatan.
+ Lensajogja.com menyediakan sewa lensa jam jaman di Jogya, dari 4, 8, 12 sampai satu hari.

Bagi kalangan profesional yang sering mengunakan koleksi lensanya, tentu lebih baik memiliki sendiri. Tapi bagi kalangan profesional dengan budget terbatas atau kalangan pencinta fotographer kelas amatir. Layanan jasa sewa lensa dapat membantu memberikan kemudahaan.

Lensa dari pihak ketiga atau dari pabrik lain dan dibei merek oleh perusahaan sendiri. Canon pernah menjual lensa dai Nippon Kagoku, yang sekarang bernama Nikin. Dalam beberapa tahun terakhir mulai muncul merek baru yang membuat lensa untuk produsen bodi camera. Karena ketersediaan teknik produksi yang canggih, membuat perusahaan lain mampu membuat kaca lensa berkualitas.



Di dorong oleh penjualan camera dengan bodi DSLR dan Mirrorless, mungkin kita akan bertanya seperti apa kualitas produk dari non-brand tersebut.

Keuntungan bagi konsumen.
Faktor paling terlihat adalah harga, lensa pihak ketiga dijual lebih murah. Bahkan dapat dipangkas sampai 60% dari produk merek asli. Salah satunya adalah Sigma dan Tamron, menghasilkan lensa tingkat profesional yang baik.
Ada juga lensa yang dibuat khusus dan tidak masuk dalam lensa seperti produsen aslinya. Bagi fotografer akan menguntungkan bila mereka menginginkan lensa berbeda yang tidak dibuat oleh produsen asli.

Kekurangan dari lensa pihak ketiga.
Ada beberapa masalah dari kualitas, karena bisa saja beberapa model yang ditawarkan belum tentu sebaik produk produsen asli. Dan muncul di media internet serta ditawarkan harga cukup murah.
Beberapa lensa non-brand kabarnya tidak dikenal atau tidak mengirim data, sehingga informasi dari merek lensa, ukuran tidak tercatat.

Lensa berkualitas dari produsen lain.
Saat ini ada 3 terbesar, Sigma, Tamron dan Tokina. Reputasinya sangat baik, dengan keunggulan disain lensa dan kualitas. Namun beberapa tahun terakhir juga muncul diluar 3 merek tersebut. Siapa saja perusahaan baru yang membuat lensa untuk camera.

Samyang.
Berdiri tahun 1972, awalnya membuat lensa untuk CCTV dan aksesoris fotografi. Samyang terkenal dengan lensa manual, khususnya untuk camera mirrorless. Membuat lensa tipe 7,5mm fisheyes, sekarang menjadi 800mm mirror.
Lensa paling populer dari produk Samyang adalah tipe Fisheyes.

Voigtlander.
Awalnya perusahaan ini dimiliki Cosina, dan berasal dari perusahaan Jerman. Seperti Samyang, Voigtlander membuat berbagai lensa manual dan kualitasnya sangat baik.

Hartblei
Merek Harblei berasal dari kerjasama antara perusahaan Jerman dengan perusahaan Ukraina. Memproduksi tipe lensa Tilt untuk Canon dan Nikon. Dan disainnya atas kerjasama dengan Carl Zeiss.

Schneider Kreuznach
Ini paling terkenal karena kualitas lensa yang dibuat sangat tinggi. Masuk di jajaran lensa Medium Format, dan beberapa lensa dibuat tipe Tilt untuk camera Full Frame.

Zeiss
Memiliki reputasi paling terkenal dari semua lensa pihak ketiga. Bila ditanya, kualitas lensa buatan Zeiss adalah ultra tinggi. Zeiss umumnya membuat lensa khusus untuk lensa Cinema. Tapi harga lensa Zeiss sesuai dengan kualitas, dan mereka membuat lensa untuk Nikon, Canon, Pentax di pasar DSLR. Atau Sony dengan model Batis dan Loxia, serta lensa untuk Fuji dengan model Touit

Tetapi tidak semua lensa itu baik, bahkan kualitasnya memang buruk. Untuk lensa murah, ada baiknya melihat 3 merek terbesar diatas, khususnya bagi pencinta fotographer yang menginginkan kualitas dengan harga sesuai.


How to Know When to Rent vs Buy from PhotoShelter.com on Vimeo.

Beberapa layanan penyewaan lensa, peralatan camera dan video

+ Sewakamera.com, Jakarta dan Bali

+ Baliphotograf.com - Bali

+ Jakartakamera.com Jakarta dan Jogyakarta

+ Rentalalat.com Jakarta


Lepas dari kata jujur dari marketing memang berada di garis abu abu. Pemasaran smartphone Huawei Nova 3 tertangkap netter. Desember 2018 fotografer melihat hasil karyanya muncul di website Samsung. Foto memang dijual tapi tidak disangka diakui sebagai hasil foto camera smartphone

BackBlaze mengumumkan kegagalan harddisk. Harddisk kapasitas besar terbaru dari 8TB sampai 12TB lebih dapat dipercaya. Karena kerusakan harddisk lebih minim dibanding generasi harddisk 6TB atau kapasitas lebih kecil sebelumnya.
Merek harddisk apa saja yang telah bekerja dengan baik di pusat data center BackBlaze

musik. Camera seharga $20.00 kena spot sinar laser. Ini bukan camera DSLR biasa tapi kelas Red Epic. Laser pointer apakah berbahaya bagi mata. Bentuk yang kecil ternyata tersembunyi bahaya yang mengerikan. Satu lagi proyektor laser hati hati dengan sensor camera, bila mengarah langsung dapat membuat bintik pada sensor.



Ini keahlian dari seorang NPS atau Nikon Profesional Services. Keahliannya membongkar camera Nikon D4 hanya butuh 20 menit 42 detik. David Hilos dari Singapura mampu memperbaiki camera yang ditolak servis center camera

Jaap bekerja untuk media berita ingin mengabadikan sebuah badai. Dia menyiapkan camera dengan plastik agar tidak terkena air. Tapi yang terjadi berbeda, camera dan lensa kemasukan air . Ditunggu sampai 2 bulan akhirnya diketahui board camera rusak. Dimana kerusakan yang terjadi.

Satu cuplikan video dengan judul SIGMA AIZU Chapter III. Menceritakan pemeriksaan lensa Sigma di service center mereka. Mereka memeriksa satu persatu lensa, dan menguji ulang setiap komponen.

Tip membeli camera DSLR bekas. Dari berapa kali shutter digunakan, memeriksa jamur, tombol dan komponen yang bekerja baik, sensor camera dalam kondisi baik, dan memeriksa dari camera dari pemilik aslinya.



Salah satu lensa sangat langka yang pernah dibuat Canon adalah Canon EF 1200mm f/5.6L USM. Lensa ini mantek di 1200mm, alis enga bisa dikecilin lagi. Langsung zoom mengambil gambar jarak jauh. Apa yang anda pikirkan bila memilih lensa atau mobol Lamborghini.

Harga lensakan mahal, harga bekas lebih murah. Ada tip membeli lensa bekas dari Karl Taylor, apa saja yang perlu diperhatikan. Jamur, mekanik, elektronik, debu, fokus. Pastikan mendapatkan perjanjian garansi oleh toko yang menjual lensa second.

Dunia fotografi terkadang banyak marketing, lensa murah dibuat dari plastik katanya tidak sebaik lensa mahal dengan bodi metal. Kata marketingnya, lensa tahan cuaca atau kualitas konstruksi untuk profesional. Apa benar seperti itu.

Dari sebuah survei besar besar yang dibuat oleh Lens and Gear Repair Data. LensRentals mengatakan lensa Rokinon dan Canon membutuhkan pemeliharaan. Masuk di 18 besar sebagai peralatan camera yang perlu diperbaiki.

Bagi astronom, filter di depan CMOS memang menganggu. Bila ada 4 titik pixel yang seharusnya bisa ditangkap oleh sensor, tapi hanya 1 pixel yang tertangkap karena terhalang filter. Menurut Dave, mengikis filter di sensor dapat tidak berdampak pada objek biasa. Tapi memberikan keuntungan untuk fotographer astronomi

Sebuah kebiasaan baru bila ngumpul bersama teman suka memfoto makanan. Lalu dikirim ke aplikasi Messenger atau Facebook dan lainnya. Apakah salah, atau kurang sopan. Ada penelitian dari kebiasaan seperti ini.



Seberapa cepat camera membuka tutup shutter. Dari model DSLR pemula sampai kelas high end. Satu video ini memberikan gambaran seberapa cepat sebuah camera high end mengambil gambar.

LensRental memberikan informasi, hati hati bila mengambil acara di satu event seperti Run Color. Karena akan mengotori perangkat camera. Itu loh , seperti iklan yang sering muncul di televisi. Acara lempar tepung.

Satu video youtube menampilkan berkas sensor rusak pada cmos camera


No popular articles found.