CUDA sudah takdir dan PhysX merupakan kegagalan


Hardware | 6 August 2013

Berbicara dengan VP AMD ROy Tayor mengatakan Nvidia CUDA mungkin sudah takdir, dan PhysX merupakan kegagalan total. Kenapa. Karena industri tidak seperti standar dengan Proprietary. Mereka bisa lolos di awal saja dan berhasil. Tapi di era terbuka seperti ini, kedua fitur tersebut tidak ada yang menginginkan.

Menjadi pertanyaan mengapa AMD berani berbicara CUDA dan PhysX tidak menarik lagi. Singkatnya AMD sudah mendukung OpenCL atau Open Computing Language sebagai standar terbuka. Semua bisa mengunakan dan memanfaatkan teknologi GPU dan CPU bersama sama. OpenCL di dukung perusahaan besar dari Qualcomm, AMD, Nvidia, Samsung dan lainnya untuk bergabung dalam grup Khoronos.

Untuk gamer, VGA tidak akan pergi dan tetap ada. Walau sudah muncul CPU dengan internal VGA. Secara tidak langsung disebut, pesaing kami  sedang sibuk mengembangkan chip untuk konsol di pasar ponsel. Tapi AMD tetap menyukai gamer dan kami berkomitmen dengan mereka.

Sejauh ini sudah ada aplikasi yang mendukung OpenCL. OpenCL dipilih karena tidak memerlukan lisensi atau pembayaran royalti. Semua pembuat aplikasi bisa memanfaatkan OpenCL. Adobe telah mengembangkan kalkulasi untuk gamber Photoshop dengan dukungan OpenCL, Sony Vegas sudah lama memanfaatkan fitur OpenCL untuk rendering video.

Bagi mereka yang menyukai computer. VGA bukan hanya perangkat untuk game. Sekarang VGA dapat dimanfaatkn untuk membantu procesor. CPU dan GPU bekerja sama, OpenCL akan menyerahkan pengolahan kalkulasi sederhana ke GPU. Dan GPU memiliki Core lebih banyak dari CPU. Aplikasi sederhana dapat dikebut melalui proses GPU. Sedangkan aplikasi komputasi rumit, tetap ditangani oleh CPU. Contoh saja rendering video 1080p Full HD menjadi lebih mudah di Sony Vegas Pro. Bila file video yang di edit masih asli, bisa dipercepat sampai 1/3 waktu yang dibutuhkan CPU.

OpenCL mendukung VGA internal dan ekternal, termasuk Intel dan AMD. Untuk AMD minimum membutuhkan VGA seri HD 5000, beberapa produsen memilih memanfaatkan HD 6000 keatas. Sedangkan GPU Intel hanya diberikan GPU generasi 3 dan 4, seperti Haswell dan Ivy Bridge.
Bila tertarik pemanfaatan OpenCL bisa dilihat pada artikel via OpenCL untuk rendering



Berita terkait
www.obengplus.com/artikel/articles/119/1/OpenCL-akselerasi-computer
Nvidia CUDA 6 dengan fitur baru, mengunakan unified memory. CUDA 6 menghilangkan hambatan di CUDA 4. Disebut Unified memory system. Tempat alamat memory dari GPU dan CPU tidak perlu di copy

Apakah pembeli lebih mementingkan kemampuan test benchmark. Di pasar nyata tidak demikian, pembeli membutuhkan VGA murah. Dalam beberapa tahun terakhir tidak banyak inovasi baru, produsen VGA hanya tukar guling dari satu tipe ke tipe lain.




No popular articles found.
< /body>