Firmware Nikon Hacker, siapa mereka ini


News | 5 October 2013

Camera Canon mendapat firmware Magic Lantern, fitur camera dimodifikasi untuk mengambil video dalam format RAW. Setelah Canon, muncul tim hacker Nikon. Lagi lagi mengacak acak firmware Nikon untuk dipublikasi ke masyarakat.

Lalu siapa tim Nikon Hacker Project. Mengapa disebut Hacker, karena mereka adalah orang pintar dalam bidang elektronik dan coding. Dan mereka mau berbagi ilmunya untuk masyarakat. Mirip seperti Cracker yang membuka aplikasi asli untuk diberikan ke masyarakat. Apa yang mereka ketahui, lalu dimodifikasi sehingga lebih berguna. Grup ini masuk kategori Hacker yang baik, ibarat ilmuwan di sisi lain dalam bidang fotographer.

Singkatnya. Nikon Hacker Project terdiri dari 6 orang, dan keahliannya bukan kelas anak anak lagi dan kegiatan mereka bukan untuk hiburan atau lucu lucuan. Mereka tidak berada di satu tempat yang sama. Sekarang mereka mulai meng hack (mengoprek) kemampuan camera Nikon. Memiliki nama atau nick name Max, Vicne, Leegong, 4cc3ss, Coderat and Simeon.

Max. Dia disainer chip dari Silicon Valley dan sudah bekerja 10 tahun. Terakhir dia bekerja sebagai insinyur software dan LAN admin. Dia yang menangani website Nikonhacker.com.

Vicne. Awalnya sebagai programmer ZX Spectrum seperti Atari dan PC, dan menguasai beberapa bahasa computer lain. Dia ahli software sejak 15 tahun lebih. Sekarang dia lebih tertarik pada bidang hardware dan software.

4cc3ss. Dia mulai tertarik dibidang elektronik sejak muda (mungkin sangat muda). Sirkuit, radio bisa dibuat. Computer pertamanya zx80 lalu BBC micro. Setelah selesai D3, dia bekerja sebagai insinyur untuk memperbaiki televisi. Dia bekerja dengan PSX, PS2, Xbox, Xbox 360, plus bicara Xboxhacker. Bahkan bisa memodifikasi modem dan cable TV box.

Simeon. Dia seoarang insinyur software dan sudah bekerja 15 tahun mengembangkan dan melakukan test mesin embedded. Untuk kegiatan hacker game hanya tambahan. Sekarang dia lebih tertarik untuk mencari tahu bagaimana hardware bekerja.

Coderat. Dia paling baru. Memiliki pengetahusn beberapa bahasa program. Setidaknya sudah 15 tahun sebagai pengembang aplikasi Embedded.

Mengapa mereka mengutak atik Nikon firmware. Katanya seperti ini.
Dia melihat Magic Lantern hanya mengulas Canon, tapi tidak mengoprek Nikon. Banyak orang berharap kapan giliran Nikon, itu yang dikerjakan oleh mereka. Mereka membongkar code yang di pra-enskrip atau di kunci pada firmware. Lalu di modifikasi sesuai kemampuan camera.

Vicne mengatakan tertarik dengan Nikon. Dia memiliki camera DSLR Canon, lalu pindah ke Nikon. Setelah dikutak kutik ternyata dia melihat sesuatu. Astaga ini bisa di Hack. Jadilah dia sebagai Hacker Nikon, dan berkumpul dengan rekan lainnya.



4cc3ss, tahun 2008 dia mengunakan Nikon D40. Lalu mulai dikutak kutik seperti apa kerja camera ini.

coderat. Dia awalnya masih bertahan dengan camera analog black and white. Lalu dia mengunakan Nikon DSLR, tapi dia melihat kekurangan dengan camera DSLR

Simeon memulai cameranya dengan Nikon D5100, makanya Nikon D5100 adalah salah satu camera yang di oprek oleh tim ini.

Tim ini memiliki camera yang berbeda beda, dan mengambil resiko untuk mengoprek camera Nikon yang lebih murah. Tidak heran kalau D3100 dan D5100 menjadi karya mereka. Menyusul D800 kabarnya akan di acak acak firmwarenya juga.

Grup hacker ini merasa senang bila bisa mengaktifkan video di camera model lama. Agar pemilik camera lama bisa tetap menikmati fitur camera lebih modern. Inilah karya hacker modern, tidak hanya membantu menemukan masalah pada aplikasi dan website. Mereka mau berbagi ilmu dengan masyarakat dan memanfaatkan camera lama dengan kemampuan menjadi lebih baik

Apakah NikonHacker akan bersaing dengan Magic Lantern. Tim NikonHacker memiliki komunikasi dengan tim MagicLantern yang mengoprek Canon. Menurut Vince mengatakan tim LM mencapai tingkat paling mengesankan sepanjang dunia camera digital. Kita harus memberi pujian untuk mereka. Tidak ada persaingan antara tim LM dan NikonHacker, dan beranggapan orang akan menghargai apa yang sudah kami lakukan.

Penguna Nikon mungkin harus bersabar. Menunggu tim ini mengoprek camera mereka dan mengeluarkan patch firmware.

Berita terkait
Nikon mengumumkan model camera Full Frame D800E palsu dari D800. Menyusul D610 yang ditempelkan label palsu dari bodi D7100. Dan D4S juga dipalsu dengan bodi discontinue D4.

NikonHacker buka Firmware Nikon D7000, D3200, D5100, D5200, D800, D800E, D600, D4 untuk rekam video dengan bitrate 36Mbps atau lebih tinggi. Nikon D7000 Video 64Mbps, Nikon D 5100 Video 1080 54mbps, Nikon D800 Video 1080 HQ 64mbps . Update 21 Agustus 2014



Nikon mengeluarkan program I AM Advancing. Fotographer bisa mendaftar gratis di program ini via website Nikon. Penguna camera Nikon nantinya dapat mendaftar untuk mengambil Fimrware update selama 3 tahun. Program dimulai 19 Januari 2015

Firmware Magic Lantern sudah menambah daftar 2 camera Canon. EOS 700D dan EOS 100D atau Rebel SL1 bisa dipasang firmware tersebut.

Asik juga melihat fotographer mengoprek camera Canon 50D. Camera tersebut sudah dipasarkan sejak Agustus 2008. Tapi tidak memiliki internal microphone. Camera tersebut bahkan bisa di hack dengan software Magic Lantern,

Magic Lantern adalah firmware untuk camera Canon DSLR. Firmware tersebut memiliki kemampuan pengolah gambar lebih bagus dibanding firmware asli.

Video dari Vienna Time Lapse dibuat selama  14 hari dalam kurun waktu 3 bulan. Mengabadikan kota Vienna. Film tersebut dihasilkan dari 16.023 foto dengan 2 Canon T3i, satu Canon T2i, 4 tripod dan satu Gorilla tripod, satu pocketslider dan Magic Lantern.




No popular articles found.
< /body>