2013
Setelah berbulan bulan menjadi rumor. Bahwa China sedang membangun sendiri kapal induk ke 2.

Reuters mengutip dari media atas pembangunan kapal induk tersebut membutuhkan waktu 6 tahun. Bukan hanya satu tapi, China berencana memiliki 4 kapal induk.

Model pertama kapal induk Liaoning, dari rangka bekas kapal induk era Soviet yang dibeli dari negara Ukranina tahun 1998. Kembali dirakit dan sudah melakukan 100 kali uji coba pelayaran perdana.

Pembangunan kapal induk China dibangun di pelabuhan Dalian. Mungkin ini yang menjadi kapal induk ke 2 milik China.



Kapal induk Varyag sebagai kapal induk pertama China tidak memiliki ketapel / pendorong pesawat lepas landas. Dan kapal tersebut adalah kapal induk bekas yang di rekondisi sehingga bisa berjalan kembali. Tapi kapal Varyag memiliki keterbatasan, hanya pesawat dengan pendorong besar bisa take off dari landasan kapal.

Mungkin gambar tersebut adalah rancangan kapal induk Leaoning yang dilengkapi pelontar. Nantinya dapat digunakan untuk jet tempur siluman sekelas J-15 atau J-15s dengan mesin lebih kuat dari rancangan pesawat Rusia SU 33. Dengan rancangan ketapel di pesawat, China bisa menempatkan pesawat radar seperti milik Amerika AS E-2 Hawkeye. Walau tidak efektif ketika terjadi perang, pesawat radar dapat memantau ketangan pesawat musuh.

Rumor dengan katapel di kapal induk China dibuat oleh Rusia. Dan pernah dipasang untuk kapal induk Ulanovsk yang memiliki 2 katapel, tapi kapal induk tersebut baru 20% selesai sampai akhirnya batal diselesaikan.

Sejak tahun 1980, China membeli beberapa kapal yang kabarnya untuk dijadikan museum atau hotel. Bisa para insinyur disana menduplikasi rancangan kapal dari kapal bekas. Kasusnya seperti kapal Varyag sebagai kapal induk tua dari Ukraina. Kapal tersebut dibeli untuk kasino di Macau. 15 tahun kemudian Varyag pertama sudah menjadi kapal induk modern dengan nama Liaoning. Setidaknya dalam 2 dekade terakhir ini, China bisa saja memiliki 2 kapal induk.

Gambar dibawah ini dari kapal induk Ulanovsk yang batal dibangun oleh Soviet



Jumlah kapal induk di berbagai negara.

Kapal induk China pertama Liaoning. Tipe kapal induk Riga dari Rusia yang tidak selesai dibangun dan dijual ke China.

Dibawah ini kapal induk bekas Soviet yang tidak selesai dibangun. Dan dibeli oleh pemerintah China, dan selesai dibangun.

Kapal induk Liaoning China

Dibawah ini kapal induk pertama China sudah bertugas di South China Sea. 2011 dibangun, 2013 berlayar, 2016 sudah bertugas.

Kapal induk Liaoning China sudah bertugas dikawal kapal patroli

2017
Kapal induk China ke 2, tampak di port Dalian. Disain kapal induk tersebut memiliki landasan dengan posisi naik tanpa ketapel pendorong. Diperkirakan untuk pesawat jet tempur Shenyang J-15.
Disain kapal induk kedua milik China mirip seperti kapal induk Liaoning. Kecuali disain seluruhnya dibuat sendiri di dalam negeri.

Dibawah ini pelepasan kapal induk China kedua pada bulan Minggu 23 April 2017 bersamaan dengan ulang tahun Angkatan Laut China. (Foto Reuters)

Kapal induk kedua China April 2017


Kapal induk Amerika
Dengan 10 kapal induk yang beroperasi adalah kelas Nimitz atau supercarrier. Mengunakan bahan bakar nuklir, berlayar tanpa henti, memiliki perlindungan baja khusus serta beberapa bagian terlindung dengan kevlar.
Kapal induk tipe Wasp dan America Class dirancang khusus untuk helikopter atau pesawat ringan


kapal induk Nimitz milik Amerika


Kapal induk Rusia.
Rusia hanya memiliki 1 kapal induk aktif Admiral Kuznetsov dan tertunda setelah runtuhnya Soviet. Kapal ini adalah saudara kembar Liaoning, kemampuan membawa pesawat jet 18 Su-33 Flanker-D interceptors, 4 Su-25 Frogfootjet penyerang, dan 2Ka-31RLD.

Kapal induk Rusia kelas Riga

Kapal induk Inggris
Ada 2 kapal induk modern milik negara Inggris, tahun 2016 masih tahap pembangunan. Queen Elizabeth yang beroperasi tahun 2020 dan Prince of Wales 2022. Menjadi kapal induk Inggris terbesar dan menerima pesawat jet Fighter F35, termasuk helikopter.

Mengunakan mesin gas turbin diesel dan landasan pesawat dengan kemampuan terbang vertikal.

Kapal induk Inggris


Kapal induk Perancis.
Diberi nama Charles de Gaulle sebagai satu satunya kapal induk milik Perancis. Dan menjadi satu satunya kapal induk dengan bahan bakar nuklir di luar kapal induk milik Amerika.

Kemampuan membawa 10-14 pesawat Rafale M, atau 10-12 pesawat Super Etendard dan 2-3 pesawat Hawkeye.

Kapal induk Perancis dengan bahan bakar nuklir

Kapal induk India
Kapal induk Vikramaditya bekas milik India ini bekas milik Inggris. Dirancang untuk pesawat ringan. Kemampuan membawa pesawat jet Sea Harrier dan heli Seaking, Helix serta Cheteak.
India merubah kapal induk tersebut agar dapat membawa jet tempur Mig-29K.
India sedang membangun satu kapal induk lain dengan nama Viraat, dan menjadi kapal induk pertama yang dibangun di dalam negeri

Kapal induk India Vikramaditya

Kapal induk Jepang
Jepang memiliki 3 kapal induk, tapi dirancang untuk membawa helikopter perusak. Kapal induk Jepang adalah kelas Hyuga dengan panjang 200 meter. Kemampuan membawa 10 helikopter termasuk helikopter SH-60 anti kapal selam, Apache AH-64,  MV-22 Osprey dan CH-47. Kapal induk Jepang tidak dirancang untuk melakukan invasi. Hanya sebagai pertahanan atau pertolongan, atau membantu negara lain sebagai pendukung.

Gambar dibawah ini adalah kapal induk Izumo yang masuk gugus tugas tahun 2018 dengan ukuran lebih panjang.

Kapal induk Jepang Izumo

Kapal induk Australia
HMS Canberra adalah saudara dari kapal induk HMS Adelaide. Ukuran kapal cukup panjang mencapai 250 meter. Tetapi kapal tersebut memiliki kemampuan membawa peralatan kendaraan ampibi dan helikoppter

Kapal induk australia HMS Adelaide

Kapal induk Italia
Disebut kapal induk Cavour dan Giuseppe Garabaldi. Ada 2 kapal induk milik Italia hanya ukuran lebih kecil. Kemampuan membawa pesawat 10 Sea Harrier dan 12 helikopter. Kabarnya kapal tersebut akan dimodifikasi untuk membawa pesawat jet F35-B Joint Strike Fighter

Kapal induk Italia Cavour dan Giuseppe Adelaide


Kapal induk Korea
Diberi nama Roks Dokdo, tipe kapal induk ampibi dan menjadi kapal perang terbesar milik Korea. Kemampuan Dokdo untuk membawa 5 helikopter seperti UH-60 Blackhawk.
Selain membawa helikopter, Dokdo difungsikan sebagai kapal komando. Ada 2 kapal induk rencananya akan dibangun oleh Korea.

Kapal induk Korea Dokdo untuk membawa helikopter


Negara lain yang memiliki kapal induk adalah
Brasil dengan kapal induk tua yang dibangun tahun 1963 milik Perancis dan dibeli untuk angkatan laut Brasil. Memiliki kemampuan berlayar selama 3 bulan, memiliki ketapel peluncuran pesawat. Kapal ini menjadi kapal induk tertua yang masih beroperasi di Amerika Selatan.
Spanyol dengan kapal induk Juan Carlos adalah kapal induk tipe pendarat ampibi dengan kemampuan membawa pesawat jet Sea Harrier. Kedepan akan di upgrade untuk membawa pesawat F-35B. Tapi belum dikabarkan apakah pemerintah Itali akan membeli pesawat jet super canggih tersebut dari Amerika.
Thailand memiliki satu kapal induk Chakri Naruebet. Selain sebagai kapal perang, kapal tersebut dirancang untuk membawa raja. Dibangun di Perancis, satu satunya kapal induk terkecil dari seluruh kapal induk yang beroperasi. Kapal induk milik Thailand tersebut lebih banyak terlibat untuk pelatihan atau perjalanan raja. Disebut juga sebagai kapal laut kerajaan terbesar.