Kembali ke Bima Sakti atau Galaksi Milkyway.

Di tengah galaksi kita terdapat lubang hitam. Lubang hitam adalah sebuah benda raksasa. SBenda blackhole layaknya sebuah benda raksasa yang dipadatkan. Begitu padatnya dan memiliki gaya tarik amat sangat kuat. Sampai cahaya tidak bisa lewat. Blackhole tidak pernah bisa dilihat oleh manusia, setidaknya sejauh ini.

Mundur dari dari jarak Blackhole dengan jarak 10 hari kecepatan cahaya, ada benda lain yang disebut pusat Galactic. Disana ada beberapa bintang raksasa yang mengelilingi Blackhole dan jaraknya relatif dekat. Jarak benda tersebut berada antara 250 miliar km dari inti Blackhole. Disana terjadi keanehan, rotasi bintang besar disana seperti di ayun oleh day tarik gravitasi Blackhole. Kadang lambat orbitnya tertarik dan bergerak lebih cepat dan kembali melambat.

Mundur dari inti Blackhole dengan jarak 10 ribu tahun cahaya. Ada galactic Bulge, dan terdapat disk Stellar dan gas. Semakin menjauh pada jarak 100 ribu tahun cahaya disebut Gaseous disc, Globular clusters dan Stellar halo, dan Dark matter halo.

Tata surya kita memiliki jarak 30 ribu tahun cahaya dari inti galaksi. Keterangannya dapat dilihat dibawah ini



Atau dapat dipelajari dari video The Known Universe oleh AMNH (American Museum of Ntural History). Lebih mudah dijelaskan dari video, ketika melihat bumi lalu menjauh. Sampai keluar mendekati sisi luar alam semesta.



Itulah pelajaran dari astronomi dan alam semesta. Lebih detail tentang jenis benda di alam semesta, keanehan, ukuran galaksi, melihat galaksi terjauh dan penemuan lain bisa dilihat dari artikel dibawah