Bagaimana alam semesta bekerja - Clockwork and Creation


Kategori : Science | Date : 31 July 2013
Diawali dari tata surya dengan keberadaan di bumi. Semua terlihat serasi, berputar pada tempatnya.

Menurut ahli astronom, diluar sana berbeda. Dikatakan kacau bahkan saling menghancurkan.

Planet diluar bukan sebesar bumi, tapi banyak berukuran raksasa.

Lubang hitam atau black hole menarik bintang lain dan ditelan lalu dilempar ke ruang angkasa menjadi Jet

Galaksi saling bertabrakan dan membentuk galaksi lebih besar.

Kejadian diatas normal untuk skala kosmik.

Bandingkan dengan bumi, mengitari matahari hampir berbentuk lingkaran, suhu relatif stabil. Tetapi itu membutuhkan waktu milyaran tahun sampai terbentuk seperti sekarang. Satu kata tanpa kestabilan maka manusia tidak pernah ada.

Merkuri sebagai planet terkecil memiliki orbit elips, jaraknya terkadang sangat dekat dan mencapai jutaan km saja dari matahari.

Venus bernasib sama dengan suhu 800 deg.C . Pluto memiliki jarak 4 milyar km dari matahari, orbitnya paling lambat 258 tahun dari bumi. Pluto memiliki orbit paling aneh, karena berada diluar garis planet lain. Disana hanya planet yang membeku dengan batu dan es. Bila Pluto mendapat panas, maka es akan mencair dan memiliki kandungan gas CO.
Bagaimana dengan komet, bila menabrak bumi sama saja kehancuran. Dalam sejarah manusia, semua komet besar beruntung tidak menyentuh bumi

Diceritakan juga penemuan planet seukuran bumi. Hasilnya beragam, ada yang terlalu dekat dan orbitnya hanya hitungan hari. Planet lain yang ditemukan begitu dekatnya dengan bintang dengan putaran kurang dari sehari. Seperti Wasp 80b baru ditemukan tahun 2013, 50x lebih dekat dibanding jarak bumi ke matahari. Suatu hari planet ini akan ditelan oleh bintangnya sendiri.



Dari semua kejadian hanya satu yang menakutkan. Selalu Black Hole atau lubang hitam. Memiliki gravitasi tidak terbatas, waktu seakan berhenti. Menurut para ahli, Black Hole terjadi karena kepadatan sangat tinggi.

Diumpakan kekuatan gravitasi seperti matahari yang dipadatkan menjadi sebuah bola raksasa berukuran beberapa mil.

50 tahun lalu Black Hole tidak teranalisa oleh ilmuwan dan dianggap sebagai cerita fiksi. Sekarang ilmuwan tahu, black hole itu ada dan menjadi titik tengah dari galaksi.

Pengetahuan lain yang menarik mengambarkan seberapa besar bintang yang pernah ditemukan dalam video Youtube pertama dari link - Obengplus.com/articles/123/2/Matahari-hanya-seujung-jarum-dari-bintang-lain-lalu-bintang-apa-yang-terbesar.html

Sangat jarang kita menemukan di planet ini dari batuan dengan usia lebih tua dari Bumi. Meteorit merupakan bukti, mengapa batuan tersebut penting. Ilmuwan memperkirakan telah menemukan sebuah batu yang usianya 4,6 miliar tahun. Hampir sama tuanya dengan tata surya kita, dan jauh sebelum Bumi ada seperti sekarang.

Satu foto galaksi Andromeda dibuat lengkap oleh teleskop Subaru yang dipasang di Hawai. Teleskop yang berlokasi di gunung Mauna Kea. Sekarang galaksi Bima Sakti lebih besar dari dari galaksi Andromeda. Galaksi Andromeda pernah menelan galaksi lain, karena sisanya adalah  galaksi M32. Melihat galaksi Andromeda September 2018

Astronomi dan pengamat bintang dengan meteor Perseid. Menampilkan hujan meteor di setiap bulan Agustus. Waktu pengamatan meteor tahun ini dengan puncak pada tanggal 12-13 Agustus 2018 mulai jam 12 malam sampai jam 4 pagi



Bila ditanya dimana titik tengah galaksi Bima Sakti. Sekarang bisa dijawab setelah peneliti ESO melakukan pendataan dari titik tengah galaksi Bima Sakti selama 16 tahun. Mungkin ini yang disebut wilayah lubang hitam Sagitarius, masih ada lubang hitam lebih kecil, jumlahnya cukup banyak

Jepang menemukan kandungan mineral langka. Mampu memberi pasokan berabad abad bagi dunia. Yttrium, Dysprosium, Europium dan Terbium. Masih dihitung untuk menekstrak apakah nilainya akan ekonomis.

Bulan September 1990 sekelompok ilmuwan menempatkan kepala bor. Mereka mencari data dari galian lubang terdalam , meneliti batuan pada ratusan juta tahun lalu. Peneliti dari JAMSTEC berencana membor 6KM ke perut Bumi

Data dari Potentially Hazardous Asteroids (PHAs) menyebutkan sekitar 1.400 objek (asteroid) telah ditemukan sampai awal 2013. Orbit asteroid sebesar ini mengancam kehidupan di bumi. Rata rata yang jatuh hanya 3-4 meter



Teleskop Magellan di gurun Cile mengunakan teknologi baru, dinamai dengan singkat GMT. Konstruksi teleskop ini telah dimulai, dan berada di ketinggian 2550 meter. Berapa lama dan berapa harga satu cermin teleskop raksasa ini dibuat

Suhu terpanas dan terdingin. Dimana kondisi tersebut dapat tercapai. Dan bagaimana para ilmuwan melakukan percobaan. Intinya mencari pembuktian teori yang pernah dikemukakan, dari teori pembentukan alam semesta dan penyebabnya sampai kondisi atom yang di dinginkan

Tahun 1996 teleskop Hubble diminta untuk mengarahkan ke satu arah yang kosong. Ruang kosong tersebut ukurannya sangat kecil, apa benar disana memang kosong. Film terbaru dengan penemuan teleskop Hubble.

Galaksi terbesar di alam semestaSeratus juta galaksi yang terditeksi oleh manusia, galaksi apa yang terbesar yang pernah ditemukan. Disebut galaksi IC 1101, diperkirakan memiliki bentuk eliptikal. Jaraknya dari bumi 1 milyar tahun cahaya, memang jauh sekali tapi ukurannya sangat besar.

Bukan melihat dari proses terbentuknya sebuah tata surya. Tetapi melihat dari mana saja materi pembentukan di alam semesta, dan perubahan bentuk dari dua atom utama Helium dan Hidrogen menjadi materi di alam semesta seperti saat ini

Video 7 menit menceritakan perubahan terjadinya bumi dengan infografik. Di ringkas apik dari pembangun piramid 4000 tahun lalu sampai konstruksi saat ini. Mengambarkan kehidupan awal manusia dan mahluk hidup, lalu maju ke masa depan.



Mengapa langit berwarna biru disiang hari dan matahari terlihat kuning. Sedangkan ketika sore, langit terlihat berwarna merah atau kuning, sedangkan cahaya biru langit perlahan menghilang.

Mengapa planet dekat matahari lebih kecil dan menjauh terjadi planet besar. Materi yang dekat dengan bintang umumnya memiliki kandungan batu dengan material metal. Sedangkan planet diluar seperti Jupiter memiliki kesempatan menarik lebih  material seperti gas.

Dijelaskan secara ilmiah dengan kehidupan di bumi dan kapan akan berakhir. Planet bumi tetap akan menghadapi kehancuran dalam beberapa ribu tahun sampai miliaran tahun kedepan. Semua planet suatu hari akan bubar. Termasuk skala galaksi, kedepan akan tetap hancur.

Awal tahun ini astronom menditeksi satu objek sangat terang, seperti ledakan. 7 bulan kemudian baru diketahui cahaya seperti ledakan tersebut berasal dari bintang mati GRB 130427A. Bintang tersebut melepaskan radiasi sinar gamma.

Satu film dari Nat Geo menceritakan kehidupan dari alam semesta. Yang ini versi baru, dimulai dari kehidupan manusia, planet yang mengelilingi matahari. Lalu menjauh  menceritakan semua yang pernah ditemukan oleh para astronom.

Peneliti astronomi baru memperkirakan jawaban dari teka teki mengapa galaksi Bimasakti kita berbeda dengan 2 juta tahun yang lalu. Blackhole atau lubang hitam di tengah galaksi kita sebenarnya sangat kuat, setelah diperkirakan awan gas Magellanic sebagai jejak fosil kuno.

Alan Brock hanya bermodalkan camera Canon 7D dengan teleskop di rumahnya. Tampi mampu mengabadikan beberapa foto sekelas teleskop besar. Salah satunya objek galaksi Andromeda dan Nebula Orion.

Bintang Nova Delphine 2013 baru saja terlihat lebih terang menyala pada 16 Agustus. Kejadian langka ditemukan pertama oleh astronomi asal Jepang pada 8 Agustus 2013 lalu. Bintang Nova Del sedang memasuk tahap ledakan

Bintang Antares mulai 15 Agustus akan terlihat berada disamping bulan. Ukurannya yang besar bisa terlihat dari bumi. Matahari memiliki lebar 700 ribu km, sedangkan Antares 300 juta km atau setara jarak dari matahari ke planet Mars

Bagi astronom, filter di depan CMOS memang menganggu. Bila ada 4 titik pixel yang seharusnya bisa ditangkap oleh sensor, tapi hanya 1 pixel yang tertangkap karena terhalang filter. Menurut Dave, mengikis filter di sensor dapat tidak berdampak pada objek biasa. Tapi memberikan keuntungan untuk fotographer astronomi

Nasa memberikan data bintang yang dekat dengan matahari. Cukup banyak, terdapat 53 bintang. Ada yang berada di garis lintang tengah bila dilihat dari bumi, yang lain sebagian lagi ada di bagian utara dan selatan bumi.

Bila malam hari sebuah kota mati lampu, apa yang akan kita lihat. Langit tidak kosong, tapi tidak pernah kita bayangkan seperti apa. Tata surya termasuk Bumi , Matahari dan Jupiter, dan tata surya adalah bagian sangat kecil dari Bimasakti atau disebut juga Milky Way.

Kembali belajar tentang alam semesta. Sebesar apa galaksi Bima sakti dan Andromeda. Ukurannya tidak lebih dari ujung jarum, berbentuk titik. Ternyata yang dilihat manusia dengan Andromeda hanya sebagian sangat kecil dari alam semesta.


No popular articles found.