Diawali dari tata surya dengan keberadaan di bumi. Semua terlihat serasi, berputar pada tempatnya. Menurut ahli astronom, diluar sana berbeda. Dikatakan kacau bahkan saling menghancurkan.

Planet diluar bukan sebesar bumi, tapi banyak berukuran raksasa, black hole menarik bintang lain dan tertelan, galaksi saling bertabrakan. Kejadian itu normal. Bandingkan dengan bumi, mengitari matahari hampir berbentuk lingkaran, suhu relatif stabil. Tetapi itu membutuhkan waktu milyaran tahun sampai terbentuk seperti sekarang. Satu kata tanpa kestabilan maka manusia tidak pernah ada.

Merkuri sebagai planet terkecil memiliki orbit elips, jaraknya terkadang sangat dekat dan mencapai jutaan km saja dari matahari. Venus bernasib sama dengan suhu 800 deg.C . Pluto memiliki jarak 4 milyar km dari matahari, orbitnya paling lambat 258 tahun dari bumi. Pluto memiliki orbit paling aneh, karena berada diluar garis planet lain. Disana hanya planet yang membeku dengan batu dan es. Bila Pluto mendapat panas, maka es akan mencair dan memiliki kandungan gas CO.
Bagaimana dengan komet, bila menabrak bumi sama saja kehancuran. Dalam sejarah manusia, semua komet besar beruntung tidak menyentuh bumi

Diceritakan juga penemuan planet seukuran bumi. Hasilnya beragam, ada yang terlalu dekat dan orbitnya hanya hitungan hari. Planet lain yang ditemukan begitu dekatnya dengan bintang dengan putaran kurang dari sehari. Seperti Wasp 80b baru ditemukan tahun 2013, 50x lebih dekat dibanding jarak bumi ke matahari. Suatu hari planet ini akan ditelan oleh bintangnya sendiri.

Dari semua kejadian hanya satu yang menakutkan. Selalu Black Hole atau lubang hitam. Memiliki gravitasi tidak terbatas, waktu seakan berhenti. Menurut para ahli, Black Hole terjadi karena kepadatan sangat tinggi. Diumpakan kekuatan gravitasi seperti matahari yang dipadatkan menjadi sebuah bola raksasa berukuran beberapa mil.  50 tahun lalu Black Hole tidak teranalisa oleh ilmuwan dan dianggap sebagai cerita fiksi. Sekarang ilmuwan tahu, black hole itu ada dan menjadi titik tengah dari galaksi.

Cerita lengkapnya bisa dilihat lebih lengkap via Youtube.



Pengetahuan lain yang menarik mengambarkan seberapa besar bintang yang pernah ditemukan dalam video Youtube pertama dari link - Obengplus.com/articles/123/2/Matahari-hanya-seujung-jarum-dari-bintang-lain-lalu-bintang-apa-yang-terbesar.html