Kode satelit ISS diberikan nomor ID NORAD 25544 dengan nama Zarya

Tapi jadwal lintasan ISS dalam hitungan menit, karena ISS terus bergerak mengelilingi satu kali orbit bumi dalam waktu 92,9 menit. 
Untuk melihat keberadaan ISS dapat dilihat pada peta N2Yo.com

Bila cuaca cerah, lintasan ISS dapat diabadikan seperti garis lurus seperti gambar  kiri

Data dari NASA dengan lintasan ISS. Perhatikan jam munculnya ISS adalah malam hari dengan ditandai dari 6-8 PM  (malam) sampai 4-6 AM (pagi).Cahaya ISS terlihat karena pantulan dari panel surya dari posisi matahari terbit dan terbenam.

Cahaya ISS terlihat antra waktu sore hari (setelah pukul 6 sore), dan sebelum belum matahari terbit di pagi hari. Antara jam 4:00-5:30 AM. Waktu terbaik adalah jam 4 pagi , atau jam 7 malam Indonesia.

Posisi ISS digambarkan dalam tabel munculnya di setiap lokasi. Posisi terbaik pada angka 70-90 derajat atau berada diatas kepala kita. Di daerah yang jauh dari polusi udara, lintasan bisa terlihat lebih mudah walau mencapai sudut lebih rendah 30 derajat.

Bisa di lihat posisi di N2YO.com. Untuk belajar mengetahui garis lintang bisa dilihat via www.nasa.gov/centers/glenn/events/stsight.html

Bagaimana mengarahkan camera ke arah ISS. Bisa dilihat pada koordinat tabel tengah dengan tanda derajat dan 2 kanan (kemunculan dan menghilang) . Untuk memudahkan mencari posisi ISS bisa di tracking dari aplikasi Android

Dibawah ini aplikasi dari Android untuk menentukan keberadaan dan lintasan ISS. Bagi anda yang ingin mengabadikan cahaya ISS dapat mengarahkan camera dengan kedua aplikasi dibawah ini

  • ISS? melihat posisi ISS memperlihatkan jadwal posisi keberadaan ISS terakhir dan kapan akan terlihat dari posisi pemilik smartphone atau tablet. Bisa digunakan sebagai waktu munculnya ISS. Dan track atau perkiraan lintasan dapat ditentukan sebelum kedatangan ISS.
  • SatelliteAR, bila ISS sudah lebih dekat. Posisi ISS lebih mudah diketahui dengan aplikasi ini. Aplikasi Satellite AR baru aktif dalam beberapa menit sebelum penampakan ISS. Termasuk arah yang terlihat dari camera dan garis animasi lintasan ISS.
Yang perlu diketahui lagi adalah kapan cahaya tampak.
Mengunakan data dari N2YO.com akan digambarkan data seperti dibawah ini. Menunjukan angka magnitude -2.3 atau sangat terang (angka min artinya sangat terlihat dan dapat dilihat dengan mata). Misalnya tampak tertulis pada jam 17:48 - 17:58

Tapi jangan menunggu di arah munculnya ISS pada 17:48 ketika akan muncul. Baca pada bagian data kiri, bahwa magnitude baru mencapai 1.3 atau angka plus yang artinya belum terlihat. Tapi kita sudah harus siap terlebih dahulu dan menunggu datangnya sinar dari ISS.
Untuk mengabadikan dengan camera. Cegat pada lintasan ditengah sebagai titik terbaik, pada bagian ujung atau ketika tampak dan ketika menghilang biasanya lebih sulit terlihat.

Terakhir lihat elevation atau ketinggian. Ditunjukan dalam sudut derajat. Angka seperti dibawah menunjukan 69,69, yang artinya lintasan dengan cahaya paling terang ada di atas atau mendekati vertikal diatas posisi camera.



Demikian tip untuk mengabadikan lintasan cahaya dari ISS atau satelit Zarya.