7 Agustus 2013. Cahaya dari ISS tertangkap camera.


Cerita menarik tentang cahaya dan lintasan ISS memang bisa dilihat dengan mata telanjang. Sinar cahaya (atau pantulan dari panel surya) di stasiun tersebut terang seperti bintang atau lampu pesawat di malam hari. Perbedaan cahaya lampu di ISS terus menyala dan bergerak seperti cahaya pesawat terbang. Yang membedakan lampu pesawat biasanya berkedip. Tapi kita tidak sadar cahaya tersebut adalah cahaya dari ISS yang ada diruang angkasa, karena gerakan sinar ISS cenderung mirip lampu pesawat

Sedikit berbagi pengalaman dan cara mengabadikan lintasan ISS dengan camera Harus diperhitungkan kapan ISS lewat, jamnya, sudut, arah kedatangan dan persiapan sebelum ISS lewat dan bisa di abadikan dengan camera.

Walau cuaca sempat hujan di pagi hari, kelihatan jam 5 pagi masih ada celah awan cukup bersih. Start awal adalah memonitor lintasan ISS di smartphone dengan aplikasi Android ISS? , aplikasi ini memberikan data ISS akan melintas ke arah timur pada 7 Agustus 2013. Lalu camera sudah diarahkan ke timur.

Setidaknya kita sudah melihat seperti apa cahaya ISS ketika melintas. Tidak berbeda dengan cahaya bintang, hanya  yang ini lebih terang dan bergerak. Khususnya bila data yang diberikan www.n2yo.com/passes/?s=25544 bila disebutkan Excellent artinya cahaya ISS memang terang sekali di langit dan bisa dilihat dengan mata.

Dibawah ini foto lintasan ISS yang sempat diabadikan dari camera.

Foto lintasan ISS 7 Agustus 2013 di Google+

Koleksi Foto ISS dari FlickR

Bagaimana mengabadikan ISS diterangkan via UniverseToday

Bila tertarik melihat foto lain tentang bintang

Gunakan aplikasi Satellite AR dalam posisi standby untuk melihar pergerakan ISS secara realtime.
Contoh gambar dari Satellite AR, menunjukan kemana arah lintasan ISS di smartphone. Sehingga camera bisa diarahkan sesuai tampilan garis di smartphone Android. Tetapi cuaca mendung dan tertutup awan pada malam hari. Walau tertulis cahaya ISS bisa tampak, pastinya tidak akan terlihat.




Satu petunjuk misalnya tertulis sudut Max Height dari keberadaan anda 78 derajat. Artinya posisi ISS ada diatas kepala (dekat 90 derajat vertikal). Bila menunjukan 30 derajat berarti lintasan lebih rendah berada di sisi di samping atau lebih dekat ke garis horizon Bumi.

Perhatikan angka Magnitude (versi astronomi) dari data N2yo.com. Bila angka menunjukan minus artinya cahaya lebih terang, dan bisa dilihat dengan mata telanjang. Angka -1 keatas adalah cahaya yang dapat dilihat langsung dengan mata, walau terganggu oleh cahaya di tengah kota. Tapi bisa terlihat bila langit bersih. Angka 0 bisa dilihat dengan mata, tetapi cahaya di kota bisa menganggu. +1 bisa dilihat dengan mata biasa, hanya posisi langit harus gelap seperti keberadaan di pinggiran kota.