Pesawat terlambat bisa kacau di China


Stuff | 29 July 2013

Pesawat tertunda terbang bisa kacau di China. Bulan lalu dari 22 ribu penerbangan dari bandara Beijing Capital hanya 18% yang tepat waktu. Tidak satupun bandara di China mampu menjadwalkan 50% penerbangan pada waktu yang ditentukan. Gilanya penumpang disana bisa ngamuk tidak karuan.

Konyolnya lagi kalau penumpang mulai naik darah karena terlambat terbang dan mulai menyerang staf penerbangan. Yang lain malah bersorak dan bertepuk tangan. 18 Juli kemarin sekitar 30 penumpang menerobos ruang keamanan dan menyerbu landasan pacu di bandara Nanchang. Mereka marah karena tertunda 7 jam akibat cuaca buruk.

Minggu kemarin seorang penumpang di Shanghai mencoba merobek lencana petugas sebelum memukul karyawan.  2 staf terluka dan 3 penumpang ditangkap. Akhir Juni seorang guru kehilangan kendali karena pesawat yang akan membawanya dari Wenzhou ke Beijing dibatalkan Dia menampar dan menendang petugas Air China. Guru ini benar benar jengkel, tidak ada yang melayani, tidak ada segelas air atau kue katanya.

Mengapa banyak pesawat terlambat berangkat di China. Pertama aturan dari People Liberation Army atau pihak militer disana hanya mengijinkan beberapa rute tertentu, kedua masalah cuaca buruk membuat maskapai penerbangan harus menunda berangkat dibanding mengalihkan ke pesawat lain.

Keterlambatan keberangkatan juga dikeluhkan oleh perusahaan internasional. Menurut Marco Pearman sebuah konsultan menyebutkan sekitar 60% klien mereka mempertimbangkan operasi mereka dari Beijing. Karena masalah bandara yang tidak pernah beres. Penundaan jadwal penerbangan membuat sulit maskapai mereka melakukan usaha.

Bila berkunjung ke China dan mengunakan layanan pesawat domestik disana. Bersiap saja menghadapi hal seperti ini. Karena keterlambatan bisa terjadi di seluruh bandara di China. Apakah layanan bandara disana dan infrastruktur yang buruk. China memiliki bandara udara modern, bahkan salah satunya paling modern baru di bangun disana. Dan armada pesawat disana relatif baru dengan investasi sangat besar. Tetap saja penumpang lebih memilih mengamuk karena keterlambatan. Mengapa tidak diumumkan bila terjadi keterlambatan, wah itu sama saja pengumuman untuk perang dengan penumpang.

Berita terkait
Dunia penerbangan sekarang sudah sangat sibuk. Bila pilot atau pramugari meminta ponsel dimatikan total. Jet komersil capai kecepatan supersonik pada 19 Februari 2019, tiba 48 menit lebih cepat akibat dorongan angin. Ventilasi udara di pesawat dapat menghindari penyakit. Maskapai menempatkan camera keamanan untuk memonitor penumpang (Agustus 2019)

Barcode di tiket penerbangan, dapat di baca oleh peretas. Dengan teknik sangat mudah, tiket berisi barcode dapat diambil datanya. Untuk apa data tersebut dikumpulkan.



Bila suatu hari anda mendapatkan pesawat dari Air Koryo, jangan berharap makan enak dengan layanan mereka. Skytrax memberikan bintang 1 saja, karena buruknya layanan udara ini. Bukan saja buruk, tapi iklan yang diberikan jauh berbeda dari harapan penumpang.

Kapasitas overload, sudah mencapai 3x lipat dari rancangan awal bandara Soetta. Sejak 2012 sampai 2015, bandara Soekarno Hatta masuk daftar 20 bandara tersibuk. Bila tinggal disekitar bandara Sukarno Hatta, dipastikan setiap hari mendengar pesawat terbang melintas. Seperti apa kesibukan pesawat ketika berangkat di Soekarno Hatta.

Seorang dokter gigi memesan tiket untuk menghadiri konferensi di Portula. Dia memesan tiket ke Granada Spanyol sekaligus jalan jalan. Mengunakan pesawat British Airway, ternyata tiket yang dipesan malah ke Grenada di Karibia. Ada yang salah.

Kwong Wah Yit Poh memang jenius, dia makan di VIP lounge dari sebuah penerbangan selama hampir setahun gratis. mengunakan tiket First Class dari China Eastern Airlines. Dia makan di airport Xian di Shaanxi selama 300 hari. Padahal dia tidak pernah terbang dengan tiketnya.

Setiap bandara tidak memiliki bentuk yang sama. Masing masing memiliki keunikan tersendiri, yang ini lebih futuristik. Terminal 3 dari bandara internasional Shenzhen memang indah.



Jakarta ke Bandung bukan penerbangan paling singkat. Masih ada lagi jarak penerbangan paling pendek, ada di Skotlandia. Logan Air melayani penerbangan antara 2 pulai dari pulau Westray ke Papa Westray, tapi keduanya memiliki batas air laut.

Pesawat pengangkut barang UPS jatuh di bandara Birmingham. Pesawat dengan nomor N155UP jatuh di landasan pacu 18, dan awak pesawat mengalami cidera. Pesawat A300 dikirim ke UPS pada tahun 2004, dan baru berusia 9,8 tahun.

Cerita menarik minggu ini, Quantas dengan rute Chile ke Sydney bermasalah dengan WC. Dipesawat ada 10 WC untuk penumpang, tetapi hanya 7dari 10 WC yang bisa dipakai. Sialnya ada 26 penumpang menderita diare bersamaan.

Bicara airport, sekarang sudah 10 layanan gratis tersedia. Walau hanya di beberapa airport menyediakan bioskop, tempat tidur kecil sampai perpustakaan. Ketiga layanan tersebut paling diminati.

Kai Tak adalah airport tua peninggalan Inggris, memiliki landasan menjorok keluar di antara pulau Hongkong dan daratan. Bandara tersebut sudah tidak terpakai sejak pemindahan ke airport baru yang jauh lebih modern.

Di bandara Abu Dhabi atau ADAC ada tempat tidur. Bentuknya seperti kepompong yang bisa di tutup. Ada bagian penutup diatasnya bisa ditarik turun untuk tidur.

Seorang pria mengamuk di agen perusahaan penerbangan di China karena gagal terbang. Kabar dia adalah petinggi sebuah perusahaan pertambangan dan penasihat partai. Computer , keyboard dirusak dan mencoba menghancurkan jendela bandara. Mengapa dia mengamuk.




No popular articles found.