Tahapan membuat video Timelapse


Kategori : Software | Date : 26 July 2013
Hasil video dan jangan lupa dengan manajemen file

Dibawah ini tip yang kami dapatkan selama proses pembuatan pengambilan foto :

Tidak ada kendala untuk hardware dan software, bila semua foto sudah diambil maka proses editing akan lancar. Semuanya memudahkan, tapi kendala utama ada pada proses pengambilan gambar.

Semakin halus video memerlukan lebih banyak foto. Buat perencanaan sebelum mengambil foto, perhitungkan berapa lama potongan klip video yang akan dibuat nantinya.

Manajemen file dengan baik, jangan sampai file master anda hilang. Bila suatu hari ingin dirubah atau di edit kembali, semua arsip masih lengkap termasuk file asli seperti JPG dan RAW foto yang anda miliki.

Tantangan cuaca, bisa berubah, bahkan hujan. Jadi camera tidak bisa di tinggal bekerja sendirian dan setidaknya perlu di awasi.

Masalah angin, akan mengeser posisi camera dan penghalang matahari bila camera harus ditutup dengan pelindung karena terik matahari. Pastikan kedududkan camera sudah baik dan tidak mudah bergeser. Contoh pada gambar dibawah, ketika mengambil foto mendadak payung penahan turun dan tampak pada gambar camera.

Jadi persiapkan tripod bila diperlukan, dengan beban untuk penopang agar tidak tergeser. Khususnya untuk gambar dengan telezoom, akan terlihat bergoyang di video timelapse.



Bila mengunakan format RAW agar foto lebih mudah di edit. Hari pertama baru menghasilkan 2GB foto. Setelah beberapa kali menambah gambar, file foto mencapai 40GB foto format RAW. Bukan masalah di storage harddisk, tapi masalah manajemen file. Karena baru belajar, lupa mengatur nama folder yang kacau.

Disarankan selesai membuat foto, masukan kedalam masing masing sesi foto dengan urutan nama, folder yang jelas dan ditempatkan dalam satu drive harddisk. Atau membuat nama dan urutan waktu, bahkan target durasi dan dimasukan dalam satu folder untuk setiap bagian video.

Demikian pengalaman pertama membuat video Time Lapse. Bila satu fotographer profesional membuat video Time Lapse membutuhkan waktu sangat lama, tidak perlu heran prosesnya memang sangat lama. Karena momen terbaik belum tentu muncul setiap hari. Beberapa fotographer profesional bahkan harus mengumpulkan foto dalam hitungan hari sampai beberapa bulan. Hanya untuk mendapatkan gambar terbaik



Bila mengunakan camera DSLR, kerusakaan Shutter bisa terjadi bila terlalu banyak mengambil foto.



Foto pengujian lensa Tamron 70-300 mm dengan teknik video dan foto time lapse



Foto Blue Moon, ketika bayang bumi menghalangi cahaya Bulan.



Foto timelapse menjadi video dengan orion Nebula di atas Jakarta



Video dibawah ini dimulai tahun 2015, dan beberapa konstruksi Neo+ atau Kebayoran Icon di Jakarta Selatan.
Dengan pengambilan gambar terakhir bulan Maret 2019.




Foto galaksi di atas Jakarta






Software Lightroom adalah aplikasi untuk edit foto profesional. Tambahan fitur Brush dan Mask, Smart Collections, Auto Rename, Custom Preset import dan export. Tambahan seperti Dodging Burning, multimonitor. Update Dehaze, Profile, XMP, dan Tune Curve. Update Mei 2019 Texture Preset meningkatkan detil gambar tanpa merubah kualitas foto

Penguna smartphone dipastikan memanfaatkan aplikasi media sosial dan messenger. Tren kembali berubah di tahun 2018. Tidak semua aplikasi sama favorit di seluruh dunia. Masing masing penguna smartphone di setiap negara memiliki kebutuhan berbeda. Karena lebih banyak pilihan dari aplikasi, sebagai alat komunikasi, pesan makanan, diskon, foto, video dan lainnya.



Foto gedung di Jakarta tertutup kabut pada tanggal 9 Desember 2015. Bukan hanya di Dubai, membuat sebagian kota seperti hilang tersisa puncak gedung Ketika kota Jakarta berada di musim hujan dan tidak banyak kegiatan, beberapa gedung tinggi seperti tertutup awan pagi hari.

Smartphone dapat dimanfaatkan sebagai camera untuk Hyperlapse dan Timelapse. Ada 3 APK di Android, Framelapse, Hyper Timelapse, dan Lapse It. Sedikit berbeda dibanding aplikasi camera di Android

Bagaimana membuat Motorized Slider sendiri. Itu loh yang suka dibuat untuk foto dokumenter atau timelapse sehingga camera bergerak. Tidak perlu membeli peralatan mahal, bisa dibuat sendiri dengan plat metal dan lebih sederhana.

Dustin Farell seorang fotographer khusus untuk landscape. Pengalamannya sudah ok, masuk sebagai cameramen ESPN. Dia menceritakan bagaimana membuat video timelapse dari awal sampai selesai.

Lebrigand mengunakan camera Canon 500D DSLR dan sebuah teleskop astronomi.  Lebrigand membuat beberapa foto ketika pesawat sedang melintas di depan matahari atau bulan.  Lokasi pengambilan berada di pinggir kota paris.



Simon Christen membuat video timelapse dengan judul Adrift. Kabutnya itu loh, terlikhat seperti air. Sangat halus. Simon membuat video dibawah ini dalam kurun waktu 2 tahun, untuk mencari waktu dan pemandangan yang tepat.

Banyak yang belajar foto untuk timelapse hanya mengambil gambar di satu sesi saja. Bagaimana mengabadikan foto timelapse dengan perubahan dari siang sampai malam.

Mengambil kedatangan badai atau si supercell yang berputar.

New Zealand Landscapes Timelapse Vol 2 di Vimeo ini benar benar bening. Videonya bagus, gambarnya indah, berbeda dibanding video timelapse yang lainnya.

Seorang fotographer asal Singapura Justin Ng, mengabadikan pemandangan gunung Bromo dengan teknik Timelapse. Dia menghabiskan waktu 12 hari disana. Pemandangan gunung Bromo, Semeru yang dibuat tidak kalah menarik.



No popular articles found.