Sedikit berbagi pengalaman setelah mempelajari teknik pembuatan video dengan teknik Time Lapse dari pengalaman beberapa minggu ini.

Mengingat ada beberapa pembaca yang mencari informasi teknik video Time Lapse.

Cerita pengalaman dibawah ini untuk berbagi dalam kemudahan membuat video Time Lapse.

Cara membuat video Time Lapse tidak terlalu sulit, bahkan sederhana. Karena software video time lapse sudah tersedia

Dibawah ini teknik, hardware dan software membuat video Time Lapse

Akhir Juni, dibuat artikel Panolapse untuk membuat video Time Lapse. Software ini dapat membuat urutan foto menjadi video / film. Sebelum mereview tentu perlu dibuat foto. Pengambilan  foto hanya membutuhkan waktu beberapa jam. Dan di render dengan software Panolapse lalu di edit untuk final video dengan Sony Vegas 10.

Fitur Panolapse memang bagus dan lengkap. Terakhir sudah di update ke versi 1.15. Membuat proses pembuatan video Time Lapse menjadi lebih mudah. Bila foto sudah siap dan selesai di edit, proses dengan software Panolapse. Output sudah berupa file MP4 atau MOV

Video pertama di upload ke Vimeo dan selesai di pagi hari.
Software Panolapse ini gratis bila dipakai sampai resolusi 720p. Kumpulan foto tinggal dimasukan ke software dan outputnya langsung jadi. Tutorial Panolapse untuk Timelapse bisa dilihat pada link dibawah ini.

+ Software Panolapse untuk video Time Lapse

Ada pengujian lain dengan setelah pembuatan video Time Lapse. Setelah melihat referensi lain, dan menemukan informasi bahwa Sony Vegas sudah mendukung OpenCL. Dan proses editing dipindah ke Vegas Pro 12 dengan OS Windows 7 64bit



Dengan proses editing video dengan Vegas 12 menjadi lebih cepat, karena software mengunakan kekuatan CPU dan GPU untuk memproses hasil video Time Lapse. File dari Panolapse di edit, di dubbing dengan musik dan selesai dalam hitungan menit dengan Sony Vegas Pro 12.

Proses yang komplek terlihat masih ditangani CPU, sedangkan sebagian proses rendering sederhana di proses bersama GPU dan CPU. OpenCL sangat berguna untuk mempercepat proses rendering video di Sony Vegas, baik untuk procesor Intel dan AMD dengan internal VGA. Sedangkan Nvidia bisa memanfaatkan CUDA.
+ Rendering video dengan OpenCL

Satu minggu kemudian, menemukan fitur menarik dari Vimeo. Layanan video ini berbeda dibanding Youtube. Vimeo lebih kecil bagi kalangan terbatas.

Ada satu satu fitur di Vimeo untuk mengupload update atau replace video lama dengan yang baru. Bila video sudah diupload dan ingin di update dengan video lain, bisa langsung di upload kembali ke Vimeo. Kelemahan dari Vimeo hanya menyediakan tayangan video HD saja, kecuali akun premium user akan mendapatkan Full HD.

Dibawah ini cara menu yang ada di Vimeo untuk replace atau mengupload kembali video baru ke tempat video lama yang sama.
+ Vimeo memiliki fitur berbeda dari Youtube

Sekitar 2 minggu lalu, ditemukan tip unik untuk mengimpor foto dari Sony Vegas 12 menjadi video. Foto dapat dimasukan langsung tanpa proses rendering dari software lain. Tidak perlu di edit menjadi video lagi. Foto asli menjadi langsung di insert sebagai video. Masalahnya ukuran file foto yang cukup besar, akan memperlambat proses editing.

Sebaiknya foto agak diperkecil agar tidak terlalu memberatkan harddisk, kecuali mengunakan storage SSD untuk mempertahankan kualitas foto.

Untuk tip impor urutan foto menjadi video langsung di Sony Vegas dibawah ini

+ Belajar Sony Vegas for Dummy Untuk Video Time Lapse

Karena jumlah foto untuk video Time Lapse memang jumlahnya banyak, bisa mencapai ratusan foto.

Untuk editing foto, mengunakan Lightroom. Setting di Lightroom dapat membuat setting Batch agar satu foto yang sudah di edit, setting foto tersebut dapat di copy ke semua foto lainnya.

Agar setting foto terlihat sama dan tidak perlu di edit, di crop satu persatu. Proses Copy Setting di Lightroom sangat mempercepat pengolahan file foto RAW menjadi JPG sekaligus.

+ Adobe-Lightroom-for-Dummy

Pertengahan September 2013, kembali dicoba untuk edit 1-Pass dan 2-Pass. Untuk memaksimalkan kualitas output video dari software Editing.



Bila menginginkan kualitas video sangat baik dengan hasil file lebih kecil bisa mengunakan 2-Pass. Khususnya untuk rendering video 720p atau 1080p

+ Video Encoding 1 pass atau 2 pass untuk kualitas dengan bit rate video

Apa yang di dapat dari pengalaman belajar membuat video Time Lapse. Menurut kami, gampang gampang susah.

Membuatnya gampang saja karena sudah di dukung oleh sofware dan hardware.

Dan berhubungan dengan banyak software, dari Adobe Lightroom, Panolapse, Editing Sony Vegas. Setidak kita bisa bisa belajar dari awal dan mengetahui teknik pengambilan gambar yang baik.

Tantangan lain, banyak kendala ketika mengambil foto dengan Time Lapse, umumnya membutuhkan waktu selama 10 sampai 15 menit untuk durasi 5 detik film.

Bisa lebih pendek dalam waktu beberapa menit. Tapi dapat mencapai 1 jam bila diperlukan untuk durasi dibuat lebih panjang sampai 10-15 detik.

Karena kita harus membuat 30 foto atau 25 foto untuk 1 detik video.

Kecuali anda tidak memerlukan detail seperti video time lapse malam hari. Durasi bisa diperlambat antara 15 frame perdetik. Jadi harus sabar dan menunggu waktu yang tepat, dan hasilnya akan memuaskan anda.

Halaman selanjutnya contoh hasil video dan manajemen file.