Teknologi codec video H.265 disebut HEVC siap gantikan format H.264


News | 24 July 2013

Format video akan bertambah dan lebih baik lagi. Satu format video High Efficiency Video codec (HEVC) atau disingkat dengan H.265 akan tampil tidak lama lagi. Format ini terbuka dan codec mengunakan x265 sudah tersedia. Dimana keunggulan H.265 ini.

Format H.264 sudah sukses digunakan pada camera, video recording sampai camera DSLR.  Masalah pada format H.264 tidak bisa menangani format dengan ukuran file lebih kecil . Format H.265 akan mendukung teknologi video masa depan, termasuk dukungan 10 bit dan frame kecepatan tinggi. Saat ini codec video seperti H.264 hanya terbatas di 8 bit dan output YUV. Dengan H.265 gambar akan lebih berwarna walau sudah mengunakan kompresi.

Untuk perbandingan ukuran file, format H.265 lebih efisien dibanding H.264. Ukuran file menjadi lebih kecil pada format video dengan kualitas yang sama di YUV.


Performa dan kualitas gambar. Untuk H.265 memang lebih banyak mengunakan proses encoding dan decoding dibanding H.264. Walau pengembang format ini berusaha menekan peran proses encoding. Nantinya akan di dukung dengan OpenCL agar lebih cepat. Untuk saat ini masih harus di proses melalui CPU dengan dukungan AVX2 pada procesor.

Singkat format H.265 untuk video adalah format baru yang lebih modern, serta hasil video encoding akan lebih baik dibanding H.264. Bila mengupload video di Youtube sebesar 100MB dengan format H.264, nantinya bisa diiperkecil ukuran file sampai 40% dengan H.265.
Walau format H.265 sudah tersedia. Untuk encoding masih harus menunggu tersedianyasoftware serta menunggu dukungan hardware yang dibuka untuk OpenCL. Karena dengan CPU masih membutuhkan proses encoding video lebih lama dan harus dibantu dengan GPU agar mempersingkat proses video. Masih perlu sedikit lagi bersabar menunggu format video yang satu ini.

Berita terkait
Format video saat ini masih mengunakan H.264 sebagai kompresi video paling efisien. Tahun 2018 tampil format codec video AV1. Format AV1 gratis, dan dapat digunakan siapa saja.

Bila anda sudah remaja di era sampai 90an. Mungkin anda pernah merekam file MP3 ke sebuah disc CD. MP3 sudah berusia 22 tahun. Tetapi kabar terbaru Institut Fraunhofer telah mengakhir beberapa lisensi hak paten dan secara resmi menghentikan izin MP3



Teknologi codec video H.265 belum resmi digunakan di perangkat camera. Tapi format H.265 HEVC dengan code x265 sudah dimanfaatkan untuk film ilegal. Dari Torrent sudah menyebarkan video dengan format baru, termasuk beberapa website.

Format video paling umum dipakai saat ini adalah H.264. Video camera sampai camera DSLR dan camera pocket, termasuk smartphone mengunakan format H.264. File lebih kecil dengan dukungan HD, Full HD sampai resolusi 4K. Yang baru H.265 lebih mengagumkan.




No popular articles found.